2 Cara atasi Error IDM Attempted to Downgrade Extensions di Google Chrome 100% berhasil! - ASHADIN

Friday, March 1, 2019

Fix IDM Attempted to Downgrade Extensions

2 Cara atasi Error IDM Attempted to Downgrade Extensions di Google Chrome 100% berhasil!

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

Seperti yang kita tahu IDM itu hadir dengan Intergrasi ke hampir semua aplikasi Browser Populer yang ada saat ini, tidak terkecuali di Google Chrome, dengan adanya integrasi Extensions ini anda bisa dengan mudah langsung melakukan download File ke IDM tanpa perlu mengcopy Link URL Download terlebih dahulu.

Selain itu fitur Integrasi Extensions IDM juga bisa di gunakan untuk mendownload Video secara langsung misalkan dari Youtube tanpa perlu ada perantara lain lagi, hanya saja kasus Error Extension IDM di Google Chrome ini sering sekali terjadi.

Hal yang sering terjadi adalah munculnya Crash atau Extensions IDM yang bisa hilang dengan sendirinya, atau tidak berfungsi selayaknya seperti tombol Button Download IDM yang hilang.

Maka dari itu cara untuk mengatasinya ialah hanya dengan meupgrade IDM ke versi baru yang tentu saja akan menghapus Extensions IDM lama di Google Chrome, untuk bisa mendapatkan Intergrasi IDM di Google Chrome anda di haruskan memasang ulang Extensions tersebut.

Namun, masalah baru muncul lagi yaitu munculnya pesan Error Attempted to Downgrade ketika sedang memasangkan Extensions IDM melalui halaman Extensions Chrome, tentu saja hal ini tidak akan bisa di atasi dengan cara biasa, melainkan harus menggunakan cara khusus.

Pada dasarnya saya disini punya 2 buah cara untuk mengatasi masalah Error Attempted to Downgrade pada Extensions IDM di Google Chrome, kedua cara ini sudah saya buktikan sendiri dan bisa berkerja dengan baik.

Percaya saja, jika anda mengikuti salah satu dari ke-2 buah cara di bawah ini, di pastikan anda tidak akan mendapati lagi Error Attempted to Downgrade dan pada akhirnya Extensions IDM di Google Chrome bisa untuk anda gunakan lagi, berikut adalah ke-2 cara yang saya maksud :


# CARA 1


1. Silahkan buka dulu Folder IDM dengan mengakses ke C: >> Program Files >> Internet Download Manager.
2. Selanjutnya cari file IDMGCExt.crx dan Copy file tersebut dan Rename Ektensi File tersebut menjadi .zip seperti ini :

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

Jika anda tidak tahu cara memunculkan Ekstensi file di Windows, silahkan ikuti cara ini Cara memunculkan Ektensi file (Extentsion) Windows dengan sangat mudah.
3. Selanjutnya Extract file IDMGCExt - Copy.zip tersebut, hingga muncul folder seperti ini :

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

4. Selanjutnya silahkan buka menu Extensions di Google Chrome.
5. Aktifkan Developer Mode.

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

6. Selanjutnya Pilih Load Unpacked.

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

7. Cari Folder IDMGCExt - Copy.

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

8. Jika muncul Error, silahkan bukan lagi Folder IDMGCExt - Copy dan Rename Folder "_metadata" menjadi "metadata".

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

9. Silahkan Load lagi Folder IDMGCExt - Copy tersebut, harusnya Extension IDM sudah bisa aktif sekarang.

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

10. Done!

Jika cara diatas tidak bisa berhasil, maka cara ke-2 ini sudah pasti bisa berhasil, saya jamin itu! tetapi cara ke-2 ini akan membuat Google Chrome anda ter-Reset, jadi semua History dan Bookmark akan hilang, kecuali anda sudah melakukan Sync sebelumnya ke akun Gmail yang anda miliki.


# CARA 2


1. Silahkan buka dulu fitur agar semua file dan folder Hidden bisa terlihat, caranya sudah saya tulis di artikel ini Cara memunculkan File tersembunyi di Windows semua versi.
2. Selanjutnya silahkan masuk ke C: >> Users >> (Nama User Windows) >> AppData >> Local >> Google >> Chrome >> User Data.
3. Lalu cari Folder bernama Default dan hapus Folder tersebut!

Cara atasi IDM Attempted to Downgrade Chrome

4. Cara ini akan mereset Google Chrome anda seperti baru saja di Reinstall.
5. Selanjutnya buka Google Chrome dan harusnya sudah muncul Permission Intergrasi IDM, anda hanya perlu menekan Accept Permissions saja setelahnya.
6. Jika tidak muncul, maka anda bisa Menambahkan Extension IDM dengan cara manual.
7. Done!

Dengan demikian ke-2 cara diatas sudah saya pastikan sendiri 100% Work, terkhusus cara ke-2 sudah saya pastikan pasti berhasil jika anda memiliki kasus serupa.

Tetapi saya ingatkan lagi, jika anda menggunakan cara yang ke-2 semua data anda, seperti data Login, Password, History, Bookmarks, Settings akan hilang semuanya.

Namun, jika anda sudah melakukan Sync sebelumnya ke Akun Gmail anda, maka tidak perlu khwatir Bookmarks dan Login Password tetap akan aman, jika belum melakukan Sync silahkan lakukan sekarang, itupun jika ada data yang penting di Google Chrome yang anda miliki, Good Luck! semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact