Sabtu, 04 Agustus 2018

Cara mengatasi CMOS Fail dengan sangat mudah

Cara mengatasi CMOS Fail dengan sangat mudah

Cara mengatasi CMOS Fail dengan sangat mudah

Secara umum kasus ini memang sangat jarang terjadi, karena kasus seperti ini hanya akan muncul dalam kasus tertentu saja, secara garis besar masalah ini erat kaitannya dengan Motherboard, karena inti permasalahannya terletak pada kemampuan baterai CMOS yang sedang mengalami error.

Beberapa masalah yang mungkin saja menimbulkan masalah seperti ini antara lain adalah sebagai berikut :

1. Baterai CMOS Motherboard habis.
2. Karena pemutusan daya listrik secara instan (mati lampu)
3. Anda barusan melepas baterai CMOS dari Motherboard

Maka dengan demikian, ketiga hal di atas bisa jadi menjadi penyebab utama munculnya kasus CMOS Fail tersebut, indikasi masalah CMOS Fail ini sangat mudah untuk kalian ketahui, karena semua kasus CMOS Fail pasti identik dengan masalah Error saat Booting dan pada bagian Log akan muncul tulisan CMOS Fail.

Cara mengatasi CMOS Fail dengan sangat mudah


Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? pada faktanya untuk bisa mengatasi masalah CMOS Fail itu sangat mudah sekali, saat ini ada 2 buah cara yang bisa anda lakukan yaitu adalah memperbaikinya dengan fitur CMOS Reset di Motherboard atau memperbaikinya dengan BIOS.

# Dengan metode CMOS Reset



Setiap Motherboard pasti akan memiliki fitur CMOS Reset tersebut mulai dari bentuk reset tradisional seperti menghubungkan 2 buah pin dengan jumper yang sudah di sediakan.

Atau dengan menekan tombol reset di Motherboard jika memang sudah di sediakan, hal ini umumnya akan di temui di jenis Motherboard zaman sekarang dengan harga yang bisa terbilang cukup mahal.


# Dengan cara bantuan BIOS

Cara kedua ini lebih saya rekomendasikan karena anda tidak perlu repot-repot untuk membuka cashing CPU komputer hanya untuk melakukan reset CMOS, untuk itu langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Silahkan masuk ke mode BIOS (biasanya menekan tombol DEL atau F2)
2. Jika sudah silahkan masuk menu Exit dan selanjutnya pilih menu Restore Default
3. Atau bisa juga anda langsung menekan tombol F3 atau F9 jika memang sudah di sediakan shortcut-nya.


4. Terakhir pilih menu Save Changes and Reset.
5. CMOS Fail sudah tidak akan muncul lagi.

Dengan demikian memang sangat mudah untuk bisa mengatasi masalah CMOS Fail tersebut, perlu anda ketahui masalah seperti ini memang kerap terjadi untuk model Motherboard dengan brand BIOSTAR, jika anda mengalami masalah ini jangan panik terlebih dahulu, karena anda tidak perlu memanggil teknisi untuk bisa memperbaiki masalah yang sepele tersebut.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact