Cara mengetahui Username atau Password Login yang lupa melalui Google Chrome - ASHADIN

Wednesday, January 23, 2019

Cara mengetahui Username atau Password Login yang lupa melalui Google Chrome

Cara mengetahui Username atau Password Login yang lupa melalui Google Chrome

Cara mengetahui Username atau Password Login yang lupa melalui Google Chrome

Sebagai makhluk yang sering pelupa, wajar rasanya jika kita kesal dengan diri kita sendiri yang tidak bisa mengingat banyak hal, dalam kasus ini adalah sebuah akun Login berupa Username dan Password yang mungkin saja sangat anda perlukan saat ini untuk bisa di akses.

Mungkin bisa itu akses ke sebuah situs, penyimpanan berbasis Cloud hingga Email, tetapi jika anda tahu caranya maka sebenarnya anda tidak perlu selalu mengingat dan mencatat Username dan Password Login yang telah anda buat, meski demikian mengingat dan mencatat akun Login itu memang selalu saya anjurkan, jika anda seorang tipe yang tidak suka mengingat maka cara yang akan saya bahas kali ini akan sangat berguna untuk anda.

Seperti judul yang sudah saya tulis diatas, benar saja cara satu ini bisa di gunakan untuk melihat Password dan Username yang telah anda buat sebelumnya, hanya saja ada beberapa kondisi yang harus di penuhi terlebih dahulu, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Harus menggunakan Google Chrome
2. Ketika anda sudah membuat akun, anda mengijinkan Google Chrome untuk menyimpan Username dan Password yang sudah anda buat.
3. Anda harus tahu Password Administrator di PC/ Laptop anda.

Ingat! ketika salah satu kondisi di atas tidak bisa anda penuhi atau tidak terpenuhi, maka sudah pasti cara ini tidak akan bisa berkerja, namun jika anda sudah yakin bahwa kondisi diatas sudah anda penuhi, maka anda bisa dengan mudah melihat Username dan Password dengan cara berikut :

1. Silahkan buka Google Chrome dan masuk ke menu Settings.


2. Disini saya menggunakan Google Chrome versi terbaru (2018), selanjutnya buka menu Password.


Jika anda menggunakan versi Google Chrome lawas, maka menu untuk melihat akun Login masih tetap saja bernama Password, hanya saja letaknya berbeda, di Google Chrome lawas, letaknya di bagian Advanced atau jika ingin mudah silahkan saja tekan pencarian lalu ketikan Password, atau langsung akses kesini chrome://settings/passwords.


3.Selanjutnya anda akan melihat list di website mana saja anda pernah Login dan menginjinkan Chrome untuk menyimpan data akun tersebut, silahkan cari akun Login di Website mana yang anda lupa, lalu tekan icon "Mata".


4. Setelahnya anda akan di minta untuk memasukan Password Administrator yang telah di buat di PC/Laptop yang anda miliki, jika ini adalah Laptop/PC baru dan belum pernah di Install ulang OS sama sekali atau anda menyerahkan Install ulangnya ke tempat service, maka harusnya Passwordnya adalah "Admin".
5. Disini anda sudah bisa melihat Password yang anda lupakan sebelumnya.
6. Done!

Memang sangat mudah jika anda tahu caranya, sebenarnya cara ini akan sangat hebat jika fitur Sync-nya anda aktifkan ke Gmail anda yang aktif, karena semua informasi login melalui Google Chrome yang telah anda buat di manapun seperti di Smartphone, PC, dll tetap akan tersimpan di direktori ini.

Sehingga percaya tidak percaya akun yang telah saya buat 4 tahun lalu masih bisa saya temukan di fitur Password tersebut.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact