Apa itu EDL di Android dan bagaimana cara masuk dan keluar dari Mode tersebut - ASHADIN

Wednesday, March 13, 2019

Maksud EDL Android dan Cara Keluar dari Mode EDL

Apa itu EDL di Android dan bagaimana cara masuk dan keluar dari Mode tersebut

Cara EDL di android

Jika umumnya yang anda tahu adalah Mode Fastboot, maka wajar saja jika anda tidak tahu bahwa ada Mode lain lagi yang lebih tinggi dari Fastboot tersebut dan itu adalah Mode EDL, tetapi perlu anda ketahui bahwa Mode EDL ini hanya tersedia untuk sebagian smartphone Android saja.

EDL atau Emergency Download adalah sebuah Mode yang memang hanya ada pada variant smartphone Android dengan mesin Qualcomm Snapdragon saja, untuk seperti smartphone lain dengan mesi MediaTek, Exynos dan lainnya, Mode EDL tersebut tidak tersedia.

Dari namanya sendiri sudah anda ketahui bahwa fungsi utama dari Mode EDL ini adalah untuk melakukan Flash, hanya saja dalam Priority yang tinggi, artinya anda selalu bisa melakukan Flash dalam kondisi apapun jika menggunakan Mode EDL tersebut.

Artinya jika umumnya anda baru bisa melakukan Flash dengan metode Fastboot apabila smartphone Android anda sudah Unlock Bootloader, maka berbeda dengan metode EDL ini, anda bisa melakukan Flashing meski smartphone Android anda masih dalam keadaan Bootloadernya terkunci atau kerap disebut Locked Bootloader.

Hal inilah yang menarik dari Mode EDL ini, anda tidak perlu melakukan Unlock Bootloader yang artinya garansi smartphone akan hangus, tetapi anda masih tetap dapat melakukan Flash atau Install ulang Firmware, seperti sambil menyelam minum air!

Hanya saja di beberapa vendor smartphone sebut saja Xiaomi salah satunya, Mode EDL ini sudah di kunci dari pabrikan smartphone tersebut.

Jadi, pengguna tidak bisa lagi mengakses Mode ini sekehendak hati, karena selain berbahaya jika di salah gunakan, faktanya Metode ini sebenarnya memang hanya di tujukan untuk kegiatan pengembangan dan Quality Control saja dan bukan untuk di gunakan secara umum.


CARA MASUK MODE EDL ANDROID


Sejauh ini untuk bisa masuk ke dalam Mode EDL sangatlah mudah, ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yaitu adalah sebagai berikut :


# Dari Command Fastboot


Untuk bisa masuk ke Mode EDL anda bisa langsung melakukan eksekusinya dengan menggunakan kemampuan dari Fastboot, karena Mode EDL ini adalah Mode terusan dari Fastboot, jadi wajar jika Command EDL disertakan dalam Mode Fastboot tersebut, caranya adalag sebagai berikut :

1. Silahkan masuk Mode Fastboot di smartphone Android anda.
2. Selanjutnya silahkan hubungkan smartphone Android anda ke PC dengan kabel USB.
3. Pastikan Driver Fastboot sudah ada di PC Desktop / Laptop yang anda miliki.
4. Lalu silahkan buka Command Prompt dan arahkan ke Folder Direktori Driver Fastboot, lalu masukan perintah ini :

fastboot devices

Jika List Attached device sudah terbaca, berarti smartphone Android anda sudah terbaca dengan baik di PC melalui Mode Fastboot tersebut, untuk masuk ke Mode EDL silahkan ketik perintah ini :

fastboot oem edl

Secara otomatis smartphone Android anda akan reboot dan berganti dari Mode Fastboot ke Mode EDL dengan indikasi layar smartphone Android hanya berwarna hitam saja dengan di barengi lampu LED merah, biasanya! bisa juga hanya memunculkan layar hitam saja.
5. Done!

Sebenarnya ada lagi cara yang lebih mudah dari cara diatas, anda tidak perlu menginpul Command apapun, karena sudah di buatkan Tool khusus untuk Reboot ke Mode EDL ini, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan masuk Mode Fastboot di smartphone Android anda.
2. Selanjutnya silahkan hubungkan smartphone Android anda ke PC dengan kabel USB.
3. Selanjutnya silahkan Download dan Extract file Fastboot EDL yang bisa anda dapatkan DISINI.
4. Untuk bisa masuk ke Mode EDL anda hanya perlu membuka file yang bertuliskan edl.cmd dengan Run As Administrator.

Cara EDL di android

5. Secara otomatis smartphone Android anda akan masuk ke Mode EDL dengan sendirinya.


# Tombol Mapping Khusus


Di beberapa smartphone Android juga di bekali dengan kemampuan Key Mapping khusus untuk masuk ke Mode yang sudah di sediakan seperti Mode Fastboot, hanya saja untuk Mode EDL sendiri sangat jarang sekali disediakan Shortcut-nya oleh vendor smartphone tersebut.

Alasannya sudah pasti, karena bukan untuk penggunaan secara umum, hanya saja di beberapa smartphone Android seperti Xiaomi, anda bisa masuk ke Mode EDL tersebut dengan cara yang khusus yaitu dengan menekan tombol Volume (-) dan (+) lalu Power berbarengan, maka secara otomatis ketika smartphone tersebut Booting, maka akan langsung ke Mode EDL.

Tetapi, cara ini hanya berlaku pada seri smartphone Xiaomi lawas, untuk smartphone brand lain, mungkin fitur Key khusus seperti ini di tiadakan dan hanya bisa masuk ke Mode EDL dengan menggunakan perintah Fastboot saja.

Untuk kombinasi Tombol agar masuk ke Mode EDL anda bisa mencoba menekan kombinasi Key Mapping berikut :

Volume (-) dan Power
Volume (+) dan Power
Volume (+)(-) dan Power
Volume (-), Power dan Home
Volume (+), Power dan Home
Volume (-)(+), Power dan Home
Power dan Home

Jika memang tidak ada satupun yang bisa, maka sudah pasti smartphone Android anda tidak di dukung dengan Shortcut khusus untuk masuk ke Mode EDL, satu-satunya cara yaitu dengan menggunakan metode Command Fastboot seperti yang sudah saya jelaskan diatas saja.


CARA KELUAR DARI MODE EDL ANDROID


Lalu bagaimana cara keluar dari Mode EDL tersebut? saya yakin anda pasti akan kebingungan jika di tempatkan pada kondisi ini.

Karena tidak ada navigasi yang bisa anda lakukan jika sudah masuk dan berada dalam Mode EDL tersebut, tulisan atau perintah apapun juga tidak ada, yang ada hanya layar berwarna hitam saja, seolah smartphone tersebut mati.

Tetapi, anda tidak mesti harus khwatir karena cara keluar dari Mode EDL di Android ini sangat-sangart mudah untuk anda lakukan, caranya adalah hanya dengan menekan Tombol Power selama kurang lebih 30 Detik, maka smartphone Android anda akan melakukan Force Shutdown secara otomatis.

Setelahnya smartphone Android anda akan masuk ke Mode Normal lagi, itupun jika smartphone Android anda tidak berada dalam masalah seperti Bootloop atau Brick sebelumnya.

Dengan demikian, harusnya anda sudah tahu betul apa itu Mode EDL, jenis smartphone Android apa saja yang bisa menggunakan Mode ini dan yang terpenting anda sudah tahu betul bagaimana cara masuk dan keluar dari Mode EDL tersebut.

Saya pikir pengetahuan dan ilmu semacam ini sangat perlu untuk anda ketahui dan pelajari, karena jika anda tahu bahwa ada solusi yang lebih hebat dari Fastboot, maka memperbaiki Smartphone Android yang sudah Deep Dead itu bukan menjadi perkara yang sulit lagi, apalagi jika kondisinya terhalang oleh statsu Bootloader yang masih terkunci.

Dengan melakukan EDL maka masalah anda akan selesai dengan sangat mudah dan cepat, hanya saja karena metode ini bersifat rentan dan prior, maka tentu saja pengerjaannya pun harus dengan hati-hati, karena jika tidak dan anda terkesan asal-asalan dalam melakukan metodenya secara tidak benar, maka sudah pasti smartphone Anda mungkin hanya akan menjadi pajangan saja lagi pada akhirnya, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact