√ Mengatasi Video Patah-patah (Lag) pada MX Player Android - ASHADIN

Tuesday, March 19, 2019

Video MX Player Android Lags

√ Mengatasi Video Patah-patah (Lag) pada MX Player Android

Mengatasi Video patah patah MX Player

Sebelumnya saya sudah membahas terkait beberapa Video Player yang bisa memunculkan Subtitles di smartphone Android dan salah satunya adalah MX Player.

Video Player satu ini memang sangat populer di gunakan banyak pengguna Android sekarang ini, jadi wajar saja jika jumlah unduhan aplikasi ini dari Google Play Store sangat banyak dan sekali lagi wajar, jika mengingat aplikasi ini mendapat penghargaan Editors Choice di Google Play Store.

Umumnya hampir semua jenis format Video bisa di jalankan dengan menggunakan aplikasi MX Player tersebut dan juga hampir semua smartphone Android sudah bisa menggunakan aplikasi ini, karena spesifikasi yang di butuhkan tidak lah tinggi.

Smartphone entry-level pun bisa memutar Video dengan aplikasi ini dengan lancar tentunya, asalkan memiliki RAM paling tidak 1GB, selanjutnya aplikasi ini bisa anda gunakan untuk menonton Video bersubtitles.

Selain itu fitur yang ada di dalam aplikasi ini pun juga sangat menarik, yaitu adanya control kontras, pengunci layar hingga mempercepat durasi Video, bisa anda lakukan dengan aplikasi satu ini.

Hanya saja ada beberapa keluhan yang di lontarkan pengguna, yaitu terjadinya patah-patah atau Lag saat menonton Video dan sering kali juga Audio tidak Sync dengan Video, lalu apa sebenarnya yang terjadi?

Sebenarnya ini hanya masalah Decoder saja, di aplikasi MX Player anda akan menemukan 3 Buah Decoder yaitu SW, HW dan HW+.

Jika anda mengerti terkait settingan ini, maka anda bisa mengatasi Lag pada Video yang anda putar, jangan khwatir saya juga sering mengalami masalah ini dan cara saya mengatasinya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan putar dulu Video yang patah-patah sebelumnya.
2. Lalu sorot pada bagian kanan atas, silahkan tekan tulisan yang bertulis "HW".
3. Selanjutnya ganti dari HW ke SW, seperti ini :

Mengatasi Video patah patah MX Player

4. Harusnya Video yang anda putar tidak akan Lag lagi.
5. Done!


Untuk anda ketahui berikut adalah penjelasan singkat dari SW dan HW Decoder tersebut :


SW : Akselerasi Decoder di lakukan oleh CPU (Processor)
HW : Akselerasi Decoder di lakukan oleh GPU (Video Card)

Inilah kenapa jika anda menggunakan smartphone Entry-level dan memutar Video dengan standard decoder HW, maka muncul Lag, itu karena GPU yang di gunakan Smartphone Android anda tidak mampun untuk menjalankan Video tersebut dengan baik, umumnya akan tambah Lag ketika anda memainkan Video dengan resolusi 1080p.

Untuk mengakalinya maka gunakan saja SW Decoder, karena saat ini Processor smartphone Entry-level sudah sangat baik dan cepat, sehingga memutar Video 720p dan 1080p dengan SW Decoder tidak akan menimbulkan Lag lagi, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact