Contoh Surat Izin Sakit tidak Masuk Kuliah Formal (Mahasiswa) - ASHADIN

Sunday, May 5, 2019

Surat Izin Sakit tidak Masuk Kuliah Formal

Contoh Surat Izin Sakit tidak Masuk Kuliah Formal (Mahasiswa)

Surat Izin Sakit tidak Masuk Kuliah Formal

Menjadi Mahasiswa memang sangat berbeda dengan ketika anda masih berstatus sebagai Pelajar (Siswa / Siswi), karena jika anda menjadi Mahasiswa maka anda harus mengikuti program perkuliahan dengan waktu yang tidak tentu.

Tidak seperti Jam Sekolah misalnya masuk dari Jam 07.30 dan pulan jam 15.00 setiap hari, menjadi Mahasiswa tidak seperti itu anda harus menyesuikan Jadwal Kuliah anda sendiri dengan jam perkuliahan yang sudah di tentukan.

Tentu saja keuntungannya adalah anda bisa lebih Flexible untuk menentukan waktu kuliah yang anda sukai, meski demikian ada beberapa Kampus yang sebenarnya masih menerapkan sistem seperti jam Sekolah.

Masalahnya adalah jika anda tidak bisa masuk Kuliah karena Sakit, maka anda harus membuat Surat Izin Sakit yang Formal dan lebih dari satu, kenapa?

Karena ketika anda menjadi Mahasiswa, maka anda akan selalu berganti Ruangan untuk menemui Jadwal dari Dosen Mata Kuliah Terkait, biasanya dalam satu hari itu ada 1 - 6 Mata Kuliah yang bisa anda ikuti.

Jika anda mengikuti 3 Mata Kuliah pada Hari anda tidak bisa berhadir, maka sudah jelas anda harus membuat 3 buah Surat Izin Sakit.

Selain itu anda pun harus di tuntut untuk menyertakan Surat Keterangan dari Dokter, karena saya kira saat ini jika tidak ada keterangan dari Dokter, maka Surat Izin Sakit anda tidak akan di terima oleh Dosen atau Fakultas tempat anda menempa ilmu.


# Contoh Surat Izin Sakit tidak Masuk Kuliah Formal


Jika memang anda sudah memiliki Surat Keterangan Sakit dari Dokter dan bertanda tangan asli, maka saat ini anda sudah bisa membut Surat Izin Sakit Formal untuk tidak masuk Kuliah, berikut adalah contohnya :

Surat Izin Sakit tidak Masuk Kuliah Formal

Download Format Surat : (PDF)


Berikut adalah detail dari Surat Izin Sakit Formal untuk Mahasiswa tersebut :



  • Sertakan Tanggal Surat.
  • Identitas Diri.
  • Mata Kuliah (Buat beberapa sesuaikan dengan jadwal kuliah anda pada hari itu).
  • Tanggan Izin Sakit.
  • Perihal Masalah (Sakit).
  • Lampiran Surat Keterangan Sakit dari Dokter bertanda-tangan.
  • Tanda Tangan anda sendiri.


Selain itu untuk jenis Surat ini, anda bisa menulis tangan atau di ketik, tetapi kalau saya sendiri lebih menyarankan anda untuk tulis tangan, karena biasanya Dosen lebih suka dengan hal seperti ini.

Tetapi, jika kebijakan kampus harus di ketik dan Print, maka anda harus mengikuti prosedur tersebut, jika ada kata-kata yang kurang pada contoh surat yang saya gambarkan diatas, maka silahkan anda sesuaikan sendiri.

Seperti yang saya sebutkan diatas, jika anda sebagai Mahasiswa, maka anda harus membuat segala sesuatu dengan profesional, karena disini anda bukan lagi Pelajar, maka dengan demikian segala urusannya harus di lakukan dengan cara yang Formal dan benar, termasuk jika anda ingin mendapatkan Izin tidak Masuk Perkuliahan karena sakit.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact