Cara mengaktifkan Vibrate / Getar di Gamepad USB untuk PC - ASHADIN

Wednesday, February 27, 2019

Cara Aktifkan Getar Gamepad / Stick / Joystick PC

Cara mengaktifkan Vibrate / Getar di Gamepad USB untuk PC

Cara agar getar aktif stick windows

Saya yakin semua Gamepad murah dalam artian bukan produk Branded seperti Razer, Logitech dan lainnya, pasti ketika di gunakan ke PC maka getar yang ada di Joystick tersebut tidak akan berfungsi, hal ini bukan berarti Gamepad anda jelek atau rusak.

Itu karena Driver Vibrate nya belum terpasang dan belum bisa terintegrasi ke Gamepad yang anda punya, faktanya tutorial yang saya bagikan di bawah ini akan bisa membuat Joystick anda aktif fitur getarnya, meski Joystcik yang anda beli dengan harga yang murah dan tidak jelas apa mereknya.

Faktanya, bermain game tanpa adanya sensasi getar di Gamepad memang serasa ada yang kurang, terlebih jika Stick anda ada fitur Getarnya kenapa tidak diaktifkan? saya pikir sangat di sayangkan, maka dari itu hanya dengan sedikit trik saja, maka fitur getar pada Stick yang anda gunakan pasti akan berfungsi layaknya Gamepad di sebuah Console.

Namun, ada beberapa kondisi yang harus anda pastikan dulu sebelumnya yaitu adalah sebagai berikut :


1. USB Gamepad masih bisa berfungsi dengan baik dan masih bisa terkoneksi ke PC dengan lancar.
2. Hardware getar pada Gamepad tersedia, umumnya semua Gamepad memiliki fitur ini.

Jika sudah anda pastikan kondisi diatas, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur getar tersebut dengan cara ini :

1. Silahkan download dulu Driver Vibrate Gamepad.
2. Install Driver tersebut, jika gagal dalam Instalasinya silahkan Disable Driver Signature Enforcement dulu baru Install Driver Gamepad.

Cara agar getar aktif stick windows

3. Jika sudah, silahkan masuk Control Panel dan masuk Ke Driver Gamepad.


4. Silahkan Klik 2 Kali pada SPEEDLINK STRIKE Gamepad.

Cara agar getar aktif stick windows

5. Untuk mengaktifkan Getar pada Gamepad, silahkan masuk ke Tab Effect Page.
6. Lalu silahkan atur kekuatan Getar atau Intensity Vibrate.

Cara agar getar aktif stick windows

7. Jika sudah selasai tekan Apply.
8. Ingat! Settingan Vibrate di dalam Game yang anda mainkan juga harus sudah aktif.
9. Done!

Dengan demikian, USB Gampad yang anda beli dengan harga yang murah sekarang sudah bisa di gunakan layaknya Joystick mahal.

Cara ini sukses saya lakukan pada Gamepad murah yang saya miliki dengan merek Nisuta, saya pikir semua jenis Gamepad murah bakal berhasil mengaktifkan fitur Getar dengan cara diatas.

Hanya saja ada beberapa kendala yang saya temui, yaitu Diver ini bisa menjadi biang kerok gagalnya sebuah game untuk terbuka, dalam satu game tertentu saya gagal untuk memainkannya, di karenakan Crash dengan Driver Gamepad tersebut.

Untuk bisa memainkan Game yang bermasalah dengan Driver Gamepad yang sudah anda install, maka sayangnya anda harus melakukan Uninstall terhadap Driver Gamepad tersebut dengan dampak fitur getar tidak akan berfungsi.

Tetapi, tenang saja hanya ada game tertentu saja yang Crash terhadap Driver satu ini, untuk kebanyakan Game lain, fitur Getar ini berkerja dengan sangat baik! selamat mencoba.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact