Cara Reset Google Chrome Windows tanpa perlu Uninstall - ASHADIN

Saturday, March 30, 2019

Reset Google Chrome

Cara Reset Google Chrome Windows tanpa perlu Uninstall

Cara reset Google Chrome tanpa Uninstall

Google Chrome memang menjadi asalah satu aplikasi Browser terbaik yang pernah ada untuk beberapa platform, seperti PC dan juga Mobile, setiap beberapa saat tertentu Google Chrome ini selalu Update dengan membawa pembaharuan yang tentu saja akan sangat bermanfaat untuk para penggunannya.

salah satunya adalah di bidang keamanan dan pengelolaan akun, bayangkan saja dengan satu buah Gmail saja, anda bisa melakukan Synchronize terhadap data browsing anda di Smartphone dan PC, hal ini sudah mencakup Bookmark dan beberapa settingan lainnya.

Hanya saja seperti kebanyakan aplikasi lainnya, Google Chrome ini juga memiliki batas performanya, ketika sudah sangat lama di gunakan dan sangat sering di gunakan, maka sudah pasti performa dari Google Chrome ini akan terganggu.

Apalagi jika anda sering gonta ganti Themes, lalu memasang banyak Plugins dan juga banyak menyimpan Bookmarks dan Histori pencarian yang bahkan sudah tak terhitung lagi jumlahnya.

Maka saya yakin 100% Google Chrome yang anda gunakan sekarang ini pasti akan menjadi lamban performanya, seperti ketika pertama kali di buka akan memakan loading yang lama, kesannya seakan aplikasi Google Chrome tersebut Hang atau Not Responding.

Jika aplikasi Google Chrome yang anda gunakan seperti ini, karena sudah di pakai dalam keadaan yang lama, maka anda tidak perlu khwatir, karena pasalnya hal ini bukan karena adanya kerusakan pada Software maupun Hardware.

Hal ini di karenakan memang Google Chrome tersebut sudah sangat menumpuk data yang tak karuan, dalam kasus ini kita sebut Cache dan Junk File, maka dari itu sangat perlu untuk di bersihkan, tujuannya adalah agar performa Google Chrome yang anda gunakan akan kembali prima lagi.

Sebenarnya ada cara termudah untuk melakukan Reset tersebut yaitu dengan melakukan Uninstall! maka semua masalah yang anda hadapi akan terselesaikan dengan sangat cepat.

Hanya saja cara ini akan memakan tenaga dan resource lebih, karena setelah anda melakukan Uninstall, maka anda perlu melakukan Reinstall lagi, di mana anda membutuhkan koneksi Internet untuk mendownload Google Chrome tersebut.

Maka dengan demikian, sebenarnya ada cara untuk melakukan Reset Chrome tanpa harus melakukan Uninstall, yaitu adalah dengan cara menghapus Direktori tempat penyimpanan Chrome, artinya semua file Bookmarks, Histori dan Extensions akan hilang.

Tetapi, aplikasi Google Chrome tetap bisa berfungsi dengan normal, cara ini lebih efektif berkali lipat jika di bandingkan dengan cara menghapus Cache dan Histori melalui fitur Chrome.


Bagaimana carannya? berikut adalah adalah langkah-langkahnya :


1. Silahkan buka dulu fitur agar semua file dan folder Hidden bisa terlihat, caranya sudah saya tulis di artikel ini Cara memunculkan File tersembunyi di Windows semua versi.
2. Selanjutnya silahkan masuk ke C: >> Users >> (Nama User Windows) >> AppData >> Local >> Google >> Chrome >> User Data.
3. Lalu cari Folder bernama Default dan hapus Folder tersebut.

Cara reset Google Chrome tanpa Uninstall

4. Cara ini akan mereset Google Chrome anda seperti baru saja di Reinstall.
5. Silahkan buka Chrome, maka harusnya akan tampil seperti baru lagi.

Cara reset Google Chrome tanpa Uninstall

6. Selanjutnya silahkan Reinstall semua Extensions yang anda butuhkan dan pakai sebelumnya.
7. Jika sudah terkait dengan akun Gmail anda sebelumnya dari fitur Sync, maka secara otomatis semua Bookmarks, Setting dan juga Extensions akan di kembalikan.
8. Done!

Cara ini selalu saya gunakan untuk melakukan Reset terhadap Google Chrome yang saya gunakan, karena cara ini selain bisa memperbaiki performa Chrome yang sudah semakin lamban, cara ini juga terbukti untuk mengatasi beragam masalah seperti Error di Extensions dan lainnya.

Saran saya adalah lakukan cara ini secara berkala, paling tidak setengah atau 1 tahun sekali, hal ini untuk menjaga agar performa Google Chrome tetap terjaga, selain itu jika tidak anda bersihkan seperti ini, biasanya Google Chrome akan semakin melamban jika sudah Update secara Otomatis.

Karena data yang lama masih tetap ada dan tidak hilang, jadi Junk File Direktori pada Google Chrome tersebut akan menjadi menumpuk, maka dari itu solusi paling terbaik adalah dengan melakukan Reset, kalau anda tidak mau Ribet, silahkan lakukan Uninstall dan lakukan Reinstall lagi setelahnya, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact