Jumat, 03 Agustus 2018

Cara memunculkan File tersembunyi di Windows semua versi

Cara memunculkan File tersembunyi di Windows semua versi

Cara memunculkan File tersembunyi di Windows semua versi

Sebenarnya menyembunyikan dan memunculkan sebuah file agar bisa di akses secara publik di Windows OS itu sangat gampang untuk di lakukan, tetapi itu hanya berlaku bagi yang sudah tahu saja, lalu kalau yang pemula atau bahkan baru bisa mengoperasikan Windows PC hal semacam ini pasti cukup sulit untuk di lakukan.

Memang ada berbagai macam alasan kenapa kita harus menyembunyikan file tersebut dari konsumsi publik, terlebih jika sifat PC/Laptop tersebut di gunakan banyak orang atau dalam artian bukan untuk di gunakan secara pribadi.

Maka dengan cara menyembunyikan data (Hidden File) sangat dianjurkan untuk di lakukan, di Windows sendiri secara default settingan untuk Hidden File ini di aktifkan, artinya semua file yang sudah di sembunyikan (Hidden) tidak akan bisa di akses lagi, jika tidak kalian munculkan.

Ada beberapa keuntungan jika anda menampilkan semua file tersembunyi di PC/Laptop pribadi maupun keluarga, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Untuk melihat apakah PC/Laptop di susupi Virus, mudah saja biasanya Virus yang menyerang PC/Laptop Windows itu pasti filenya otomatis tersembunyi dan akan mempunyai nama yang khas, yaitu nama acak yang sulit di mengerti.
2. Untuk memantau aktivitas anak, bukan bermaksud jelek, bisa jadi ada file "Terlarang" yang mungkin di sembunyikan anak anda agar tidak terpantau.
3. Agar file yang anda cari mudah di temukan, artinya jika file tersebut tersembunyi, maka ketika anda mencarinya dari kolom pencarian, maka file tersebut pasti tidak akan muncul, tetapi kalau sudah di buka kemampuan Hidden-nya maka semua file bisa di sorot untuk di munculkan di hasil pencarian.

Cara memunculkan File tersembunyi di Windows semua versi


Lalu bagaimana cara membuka atau memunculkan file tersembunyi di PC/Laptop Windows kalian, mudah saja anda hanya perlu mengikuti cara ini :

1. Silahkan masuk ke Control Panel.
2. Lalu masuk ke menu Appearence and Personalization.


3. Selanjutnya masuk lagi ke menu File Explorer Options.


4. Maka akan muncul sebuah jendela baru, pada tahap ini masuk ke Tab View.
5. Aktifkan "centang" pada opsi Show Hidden Files, Folder, And Drives.


6. Tekan Apply.
7. Harusnya semua file yang tersembunyi sudah muncul sekarang, indikasinya adalah file tersebut akan berwarna buram/transparan.


8. Done.

Perlu anda ketahui cara ini akan membuka semua file yang tersembunyi di PC/Laptop anda, bisa itu file System, file yang sengaja di Hidden sebelumnya, kecuali file yang telah di hapuas secara permanen, cara ini juga bersifat permanen dan akan aktif terus jika anda tidak melakukan disable file Hidden secara manual lagi, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact