Cara memunculkan Ektensi file (Extentsion) Windows dengan sangat mudah

Cara memunculkan Ektensi file (Extentsion) Windows dengan sangat mudah

Cara memunculkan Ektensi file (Extentsion) Windows dengan sangat mudah

Komputer dan Windows saat ini memang sudah menjadi hal yang tidak terlepas dari kegiatan sehari-hari terutama dalam hal pekerjaan, meski saat ini ada bermacam-macam jenis spesifikasi komputer (PC) tetapi OS yang memang sering di gunakan tidak lain dan tidak bukan adalah Windows.

Di Windows sendiri setiap file itu memiliki format yang berbeda-beda misalkan saja file dokumen itu format filenya biasanya dan kebanyakannya akan berbentuk .doc atau .docx, lalu untuk video sendiri ada bermacam jenisnya bisa itu .mp4.mkv. bahkan .mpeg

Nah semua nama yang telah di sebutkan di atas tersebut adalah nama Ekstensi (Extensions) dari sebuah file Windows, umumnya Ekstensi ini muncul setelah titik, tetapi fakta menariknya adalah bahwa secara default semua Ekstensi di Windows itu di Setting agar tersembunyi.


Tujuannya sangat mudah, agar para pengguna pemula bisa degan mudah mencari nama file yang mereka tuju tanpa harus di pusingkan dengan nama Ekstensi yang bermacam-macam. 

Mengaktifkan Ekstensi File ini juga ada untungnya seperti sebagai media untuk membedakan antar File, mengetahui jenis Ekstensi apa saja yang memang support dengan perangkat yang anda gunakan seperti pemutar video di smartphone dan lain sebagainya.

Cara memunculkan Ekstensi file (Extentsion) Windows dengan sangat mudah


Lalu pertanyaannya adalah bagaimana sih cara melihat Ekstensi dari sebuah file? sangat-sangat mudah sekali, berikut adalah caranya :

1. Silahkan masuk ke Control Panel.
2. Lalu masuk ke menu Appearence and Personalization.


3. Selanjutnya masuk lagi ke menu File Explorer Options.


4. Maka akan muncul sebuah jendela baru, pada tahap ini masuk ke Tab View.
5. Lihat pada bagian tengah, hilangkan "centang" pada opsi Hide Exstensions For Known File Types.


6. Tekan Apply.


7. Maka seharusnya Ekstensi file yang sebelumnya tidak ada menjadi ada sekarang.

Sangat mudah bukan mengaktifkan fitur Ekstension di PC Windows tersebut, tenang saja tutorial diatas bisa di aplikasikan di semua versi Windows yang ada saat ini, bahkan dari Windows XP hingga Windows 10 pun cara mengaktifkan Estensions tersebut sama saja, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Philiadi Agung Wicaksana
Pasha Dino

"Berkerja Saat Ingin"

Buka Komentar

No comments