Apa itu VGA Artifak / Artefak? dan cara mengatasinya - ASHADIN

Thursday, May 9, 2019

VGA Artefak

Apa itu VGA Artifak / Artefak? dan cara mengatasinya

VGA Artefak

Saya memang telah banyak berbicara terkait masalah yang ada pada VGA Card (Graphic Card) pada akhir-akhir ini, hal ini terjadi karena saya memang mengalami beberapa masalah dengan VGA Card saya dan saya juga mendapat pengetahuan baru terkait hal ini.

Maka tidak heran rasanya jika saya ingin berbagi dengan anda semua ini, semua yang saya tahu dan bagaimana cara troubleshoot-nya yang baik dan benar, menurut sudut pandang saya, semua artikel terkait VGA Card ini sudah saya kaji dan beberapa diantaranya sudah saya alami dan semoga jika anda terkena masalah, maka anda akan tertolong berkat tulisan yang sudah saya tulis pada Blog keren ini.

Jika sebelumnya kita telah berbicara terkait masalah VGA Card yang memunculkan masalah berupa No Display yang sudah saya kupas pada artikel ini Cara atasi VGA yang muncul No Display / Signal di Monitor.

Maka apada artikel kali ini, kita akan membahas terkait VGA Card dengan masalah yang lebih serius yaitu adalah Artifak / Artefak (Artifact), kalau saya sendiri lebih suka menyebutnya dengan Artifak, maka sebetulnya VGA Card yang Artifak dan Artefak itu sama saja masalahnya.


# VGA Artefak


Masalah ini memiliki ciri khas yang tidak bisa di pisahkan darinya, yaitu adalah masalah munculnya Error pada monitor yang terhubung dengan VGA Card tersebut, masalah ini tetap bisa membuat VGA Card anda hidup, hanya saja muncul beberapa gangguan di layar monitor yang anda miliki, seperti :

  • Garis melintang warna merah, kuning dan lainnya, bentuknya bisa Vertikal ataupun Horizontal.
  • Gambar Monitor seperti terlihat Abstrak tak karuan.
  • Layar Monitor terlihat seperti terkena penghapus, buram seperti terserempet.
  • Muncul kotak-kotak tak jelas.
  • Muncul seperti gambar arsiran yang memenuhi layar monitor, dan lain sebagainya.

Masalah ini bisa datang dari 2 hal yaitu kerusakan secara Software ataupun secara Hardware, tetapi kalau di lihat dari Fisik dan Fungsinya secara nyata, VGA Card ini terlihat seperti tidak rusak sama sekali, tetapi ketika sudah di hubungkan kemonitor baru akan kelihatan, mungkin seperti ini gambarannya :

VGA Artefak
VGA Artefak
VGA Artefak

Sebenarnya VGA yang kena Artifak ini bisa di perbaiki dan bisa juga tidak, saya juga tidak mengetahui betul apakah VGA Card yang kena Artifak ini murni muncul karena Chipset Processing GPU yang rusak atau karena Error saja, tetapi cara di bawah ini bisa anda upayakan untuk membuat VGA Card anda baik lagi.


1. Install Ulang Driver VGA


Hal ini yang harus pertama kali anda lakukan, adakalanya sebuah Driver itu mengalami Error berupa Corrupt jika sudah terlalu lama tidak anda perbaharui, dan bisa jadi VGA Card anda menjadi Artifak karena hal ini.

Selain itu jika anda baru saja menginstall Driver atau baru saja melakukan Update Driver VGA Card anda dan setelahnya muncul Artifak, maka sudah pasti masalah ini muncul akibat Software Driver yang anda gunakan, bisa jadi karena sebagai berikut :

  • Insatllan tidak selesai
  • Paket Installan Corrupt
  • Ada Bugs di dalam Driver yang anda Install

Jika memang demikian, maka akan sangat bijak jika anda mendownload ulang dan menginstall ulang Driver VGA Card tersebut, jika layar sudah tidak terlihat bagaimana caranya agar bisa melakukan Install Driver?

Mudah saja, pindahkan saja dulu kabel koneksi Monitor ke Motherboard, Download Driver yang di butuhkan, selanjutnya ketika anda ingin menginstall, asumsikan saja seperti Klik "Next to Install" pindah lagi Koneksi Monitor ke VGA Card anda, dan tunggu saja hingga selesai.

Harusnya jika masalah ini datang dari Driver VGA, maka ketika proses Installsasi telah berjalan, kasus VGA Card Artifak ini bisa terselesaikan dengan sendirinya.


2. Bersihkan Debu yang menempel


Pada metode ini anda harus membongkar VGA Card anda, tetapi tidak sampai menyeluruh saja, melainkan anda hanya perlu melepaskan Heat Sink yang terkoneksi dengan Chipset.

Silahkan bersihkan saja semua debu yang menempel dengan kuas atau kain halus hingga benar-benar bersih, karena debu ini bisa jadi masalah yang serius, meski terlihat sangat sepele untuk di tangani.


3. Ganti Thermal Paste (Pasta Processor)


Jika anda sudah menggunakan VGA Card selama lebih dari 3 Tahun dan sekarang muncul Artifak, bisa jadi karena Thermal Paste (Pasta) yang di cocolkan ke Chipste sudah tidak baik lagi atau mengeras, karena panas pada Chipset GPU tersebut.

Maka silahkan bersihkan yang lama, jika Thermal Paste sudah mengeras, silahkan di bersihkan dengan cara di "korek-korek" secara halus, tanpa membuat goresan pada Chipset VGA tersebut, jika sudah silahkan tempelkan Thermal Paste baru.

Caranya adalah olehkan secara merata, tidak usah terlalu tebal asalkan merata itu sudah cukup, karena jika terlalu terbal pun tidak akan baik hasilnya.


4. Cuci dengan detergen


Lah kok di cuci? ya memang begitu cara memperbaikinya, saya pun sampai sekarang tidak paham korelasinya itu ada di mana, tetapi ketika saya coba, memang benar-benar bisa berhasil!

Berikut adalah cara yang saya lakukan untuk membuat VGA Card saya hidup lagi dengan cara mencucinya, yang sudah saya tulis lengkap pada artikel ini : Ajaib! VGA Card Normal lagi setelah di cuci dengan Detergen.


5. Service VGA


Ini adalah cara yang paling baik dan paling minim resiko, tetapi anda harus keluar sedikit uang untuk bisa membuat VGA Card anda menjadi hidup dan normal lagi.

Ke-5 hal diatas adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah VGA Card yang muncul Artifak / Artefak tersebut, selanjutnya untyk bisa mengantisipasi masalah ini muncul lagi di masa depan, anda harus mengetahui juga Masalah apa saja yang bisa membuat VGA Card Rusak.

Jika anda sudah tahu penyebabnya kenapa, maka jangan sampai terulang lagi, tetapi ada satu hal yang pasti akan terjadi, jika VGA Card anda memang sudah berumur, sebut saja lebih dari 5 Tahun dan saat ini VGA Card anda muncul Artifak.

Maka hal ini wajar jika terjadi, karena VGA Card tersebut sudah mencapai batas usia layak pakainya dan tentu saja muncul penurunan Performa, tetapi saran saya tetap saja usahakan cara-cara diatas tersebut, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact