Cara atasi VGA yang muncul No Display / Signal di Monitor - ASHADIN

Wednesday, May 8, 2019

VGA No Display / Signal

Cara atasi VGA yang muncul No Display / Signal di Monitor

VGA No Display / Signal

Berbicara terkait VGA memang ada banyak sekali yang bisa kita bicarakan, selain dari manfaat kegunaannya, kita juga bisa berbicara terkait spesifikasi dan cara pengoptimalnnya, tetapi ada satu pembahasan lagi yang menarik, yaitu adalah membahas solusi dari masalah yang muncul di kaibatkan oleh VGA Card tersebut.

Pada artikel kali ini saya tidak akan bericara terkait VGA on Board seperti IntelHD, melainkan membahas terkait VGA Card External yang bisa anda pasang pada Motherboard tersebut, jika kita melihat dari banyaknya masalah yang muncul.

Maka kita bisa berkesimpulan bahwa VGA Card tersebut memang sangat rentan rusak, seperti yang sudah saya bahas pada artikel ini Hal yang membuat VGA (Graphic Card) Rusak.

Untuk masalah dari VGA tersebut ada banyak macamnya, bisa jadi mati total, kipas VGA tidak berputar, terjadi Artifak dan bahkan terjadi No Dsiplay, lalu yang akan kita bahas kali ini adalah masalah VGA Card yang No Display / Signal saja.

Seperti yang anda ketahui, VGA Card ini memang memiliki hubungan yang sangat dekat dan terkait satu sama lain dengan Monitor PC yang anda gunakan, untuk koneksinya sendiri mungkin bisa pakai kabel HDMI, Kabel DP bahkan kabel D-SUB.


# Mengatasi VGA No Display / Signal


Tetapi, jika anda mengalami masalah VGA No Display / Signal ini, penyebabnya bisa bermacam-macam, tetapi hanya satu hal yang pasti, yaitu adalah bukan Error dari Software Driver yang di gunakan, karena jika sudah muncul masalah seperti ini, berarti adalah masalah yang bisa anda lacak dari :


  • Kabel yang di gunakan
  • Hardware VGA Card itu sendir
  • Monitor yang anda gunakan


Maka untuk melacak masalah tersebut akan sangat mudah jika anda berfokus kepada 3 hal tersebut, maka solusi yang bisa anda terapkan bisa sebagai berikut :


1. Mengganti Kabel Koneksi


Setiap VGA Card itu di bekali dengan beragam kabel Koneksi ke Monitor, biasanya yang pasti ada itu adalah Kabel DP, DVI dan HDMI, maka untuk hal ini anda bisa mencoba ke semua kabel koneksi tersebut.

Dengan asumsi yang rusak itu adalah kabel atau Port-nya, karena biasanya masalah No Dipslay VGA Card ini bisa juga muncul akibat dari Kabel Konektor yang telah rusak, karena sering di colok dan di cabut, yang rusak bisa jadi kepala kabel dan bisa jadi Port-nya, maka akan sangat bijak jika anda menggunakan pilihan kabel yang tersedia dan mencoba semua Port yang telah disediakan di VGA tersebut.


2. Perbaiki VGA Card


Jika anda sudah mengupayakan menggonta-ganti kabel konektor, tetapi tidak berhasil, maka saya sarankan anda memperbaiki VGA Card anda, meski Kipas (Fan) VGA Card masih berputar itu tidak menjamin bahwa Chipset atau Sirkuit VGA Card anda masih sehat.

Maka alangkah lebih baiknya jika anda mengupayakan perbaikan tersebut, anda bisa membawanya ke tempat service atau anda bisa memperbaikinya secara mandiri, saya punya beberapa cara yang bisa anda terapkan dan beberapa dari cara ini sudah saya buktikan kebenarannya, berikut adalah cara-cara yang saya maksud 6 Cara perbaiki VGA Card.


3. Ganti Monitor


Ini adalah solusi terakhir yang bisa anda terapkan, jika anda sudah mengecek ternyata koneksi kabel baik-baik saja, dan VGA Card anda bisa berjalan Normal dengan Monitor lain, maka sudah jelas yang menjadi masalahnya adalah Monitor yang anda gunakan.

Memang jarang terjadi, tetapi jika Monitor anda sudah mulai menunjukan gejala seperti sering mati sendiri dan tiba-tiba koneksinya terputus dengan VGA Card, maka sudah bisa di bayangkan bahwa yang rusak itu Monitor yang sedang anda gunakan.

Untuk cara ini agar lebih pasti anda bisa mencoba melakukan Koneksi ke Motherboard dengan kabel HDMI atau DVI, jika masih saja terjadi No Display / Signal, maka kemungkinan besar yang rusak adalah Monitor PC anda, bisa itu Port-nya yang rusak atau memang perangkat keras dari Monitor tersebut yang sudah tutup usia.

Dengan demikian, ke-3 cara diatas adalah cara yang paling umum untuk mengatasi masalah VGA Card yang No Display / Signal tersebut, saya sarankan silahkan urutkan saja cara melacak masalahnya mulai dari Kebel Konektor >> VGA Card >> Monitor.

Sehingga nantinya akan muncul kesimpulan akhir, bahwa rusaknya itu terdapat dimana, kalau masalah yang biasa terjadi itu rusaknya adalah di VGA Card, maka selanjutnya silahkan saja perbaiki VGA Card anda, bisa dengan minta tolong ke jasa reparasi atau anda bisa mengupayakan untuk memperbaikinya sendiri, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact