6 Metode perbaiki VGA Card dengan cara tak lazim, tetapi berhasil! - ASHADIN

Wednesday, May 8, 2019

Cara Perbaiki VGA Card yang terbukti berhasil

6 Metode perbaiki VGA Card dengan cara tak lazim, tetapi berhasil!

Cara Perbaiki VGA Card yang terbukti berhasil

Umumnya jika sebuah perangkat elektronik rusak, mungkin solusi yang paling masuk akal adalah dengan membawanya ke tempat reparasi untuk di ganti part-part yang rusak atau di buang sekalian, karena memang sudah rusak.

Tetapi, ternyata ada beberapa cara jitu yang bisa membuat perangkat elektronik anda hidup dan berjalan dengan normal lagi, bukan di perbaiki secara biasa, melainkan dengan cara yang terhitung di luar nalar.

Dalam kasus ini saya hanya akan berbicara terkait cara memperbaiki VGA Card saja, sebenarnya juga bisa di terapkan untuk memperbaiki Motherboard, hanya saja saya kira 6 hal di bawah ini akan lebih powerful di aplikasikan pada perangkat VGA.


# 6 Cara Perbaiki VGA Card yang terbukti berhasil


Alasannya selain bobotnya kecil, VGA Card juga tidak menggunakan macam-macam part sirkuit se-complex yang ada di Motherboard, artinya persentase keberhasilan memperbaiki VGA Card dengan cara tak lazim di bawah ini tinggi, dan percaya atau tidak salah satu cara tak lazim ini sudah saya terapkan dan berhasil membuat VGA Card saya hidup dan normal lagi.

Berikut adalah 6 hal tak Lazim yang bisa anda lakukan, ingat! modalnya nekad saja, jika memang anda takut jangan pernah sekali-kali mencoba, karena jika tidak bisa berfungsi lagi, maka kerusakannya bisa tambah parah.


1. Jemur di bawah terik sinar Matahari


Hal ini mungkin masih terdengar wajar saja, tetapi yang membuatnya tak lazim adalah, di jemur dengan alas Seng! artinya panas yang di hasilkan akan benar-benar panas dan jika anda teledor, maka Sirkuit VGA Card anda akan meleleh.

Maka dengan demikian, jika anda menggunakan cara ini lakukan paling tidak 1-2 Jam saja, jangan sampai seharian penuh, karena ada beberapa komponen yang gampang meleleh pada struktur VGA Card tersebut, sebelum anda menjemur ini, sebisa mungkin silahkan bersihkan dulu kotoran yang menempel dengan kuas atau kain halus.

Kenapa di jemur bisa membuat VGA Card hidup lagi? alasannya adalah karena hawa panas dari matahari tersebut akan memancing Core VGA yang telah mati, mungkin seperti itu, selain itu jika VGA anda terkena air, maka cara ini adalah solusi yang paling jitu.


2. Pendam di tumpukan beras


Cara ini memang sudah biasa kita ketahui, tetapi tetap menjadi sesuatu yang tak lazim, yaitu anda harus memendam VGA Card anda di dalam tumpukan besar, selama 3 hari.

Biasanya cara ini di gunakan ketika VGA Card anda terkena air dan hebatnya cara ini berhasil, karena rembesan air dan uap akan terangkat di dalam tumpukan beras tersebut yang membuat VGA Card anda kering total.


2. Cuci dengan Detergen


Aneh bukan, masa alat elekronik di cuci! tetapi begitulah faktanya, cara ini berhasil saya lakukan dan membuat VGA Card saya hidup dan berjalan dengan normal lagi, bahkan saya bwa seharian main game sekelas Fornaite dan PUBG, VGA Card tidak menimbulkan masalah apapun.

Cara ini memang sudah teruji, karena mampu mengangat kotoran yang bisa membuat VGA Card anda korosi, terlebih lagi jika VGA Card pernah terkena air, berikut adalah bukti bahwa saya telah melakukan hal tak lazim ini : Ajaib! VGA Card Normal lagi setelah di cuci dengan Detergen.


4. Bakar dengan Kompor Gas


Tidak kebayang bukan? tetapi itulah kenyataannya, untuk cara kerjanya sama seperti ketika anda jemur di bawah terik matahari, tetapi dengan proses waktu yang lebih singkat, cukup 3-10 menit saja.

Anda pun juga tidak harus langsung bersinggungan dengan api dari kompor gas tersebut, melainkan berikan jarak kira-kira 5-10cm dari atas api kompor gas dan hati-hati terkena komponen vital, jika salah-salah maka VGA akan meleleh atau gosong.

Selain menggunakan kompor gas, anda juga bisa menggunakan korek api atau lilin, sesuaikan saja, dan arahkan titik panas api tersebut ke Core dari VGA tersebut, tujuannya untuk memancingnya hidup lagi.


5. Setrika


Ternyata, bukan hanya baju saja yang bisa anda setrika, VGA Card pun bisa anda setrika, tetapi jangan bayangkan anda menyetrika VGA Card seperti anda menyetrika baju.

Melainkan VGA Card di gulung pakai kain, atau kalau bisa handur, lalu setelahnya di setrika saja, tujuannya untuk mengantarkan panas ke VGA tersebut, sehingga komponen yang rusak akan terangsang, lakukan hal ini selama 10-15 Menit dengan level setrika sedang saja panasnya.


6. Masukan ke dalam Oven


Ini yang menurut saya paling gokil, tidak pernah terpikir tetapi ada yang melakukannya dan terbukti berhasil! saya kurang mengerti spesifikasi Oven yang di gunakan, apakah Oven Manual dengan kompor minyak atau Oven Listrik.

Untuk suhunya katanya pakai 100-120 derajat celcius dengan durasi memanggang hingga 1 Jam, ajaibnya setelah melakukan hal ini, VGA yang mati sebelumnya bisa hidup lagi.

Itulah ke-6 hal yang tak lazim yang bisa anda ikuti, semua cara ini saya ketahui dari Browsing hingga menonton Video dari Youtube, hanya saja saya hanya pernah melakukan cara 1,2 dan 3 saja.

Untuk 3 cara lainnya, tidak pernah saya coba, mungkin suatu saat akan saya coba jika memang kondisinya memungkinkan.

Bagi anda yang ingin mengikuti cara tak lazim diatas, maka saya sarankan gunakan cara ini sebagai opsi terakhir saja, kalau anda masih punya uang, maka lebih baik antar saja ke tempat reparasi, tetapi kalau anda sudah kepepet, pasrah dan nekad, lakukan seperti yang pernah saya lakukan, terkadang keajaiban itu muncul dari sesuatu yang tidak bisa di terima akal sehat, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact