Ajaib! VGA Card Normal lagi setelah di cuci dengan Detergen - ASHADIN

Tuesday, May 7, 2019

Perbaiki VGA Dengan di Cuci

Ajaib! VGA Card Normal lagi setelah di cuci dengan Detergen

Perbaiki VGA Dengan di Cuci

Anda merasa aneh dengan judul artikel ini? saya kira wajar jika itu terjadi, karena saya sendiri pun di buat percaya tidak percaya dengan hal ini, tetapi saya membuktikannya sendiri. Ya! VGA Card saya yang matot dari 2 tahun lalu kini hidup dan berjalan dengan normal lagi, itulah faktanya.

Saya memang merasa sangat senang, karena saya tidak perlu keluar modal lagi setelah musibah kebocoran Water Cooling yang saya alami beberapa waktu lalu yang merusak VGA andalan saya, kini rasa sakit hati saya mulai terobati dengan VGA Card lama saya yang sudah bisa berfungsi lagi dengan baik sekarang.

Sekali lagi anda tidak salah membaca judul artikel diatas, karena kenyataannya memang seperti itu, hal ini bermula lebih dari 1 Tahun lalu ketika saya pindahan Kost, karena saya telah lulus kuliah, tepatnya pada tanggal 26 Desember tahun 2017.

VGA Card saya ini berjenis Zotac 1060 3GB AMP! Edition yang baru saya gunakan waktu itu selama 6 Bulan saja, ketika saya beres-beres kamar Kost, saya melepaskan semua Komponen yang ada di dalam PC saya dan saya letakan semuanya di dalam kardus.

Alasannya karena jarak tempuh yang lumayan yaitu sekitar 1 Jam lebih untuk diantar ke rumah tempat tinggal saya dari Kota Banjarmasin, saya khwatir karena jika semua komponen masih terpasang, jika cuaca tiba-tiba hujan ketika di muat kedalam angkutan, PC saya bisa rusak.

Tetapi, hal sial tidak datang dari itu, cuaca memang mendung tetapi tidak hujan, lalu mengapa VGA Card saya tetap rusak? ya! karena terkena air galon saya yang tumpah-tumpah ketika di dalam angkutan, sialnya VGA Card saya letaknya paling atas dan paling terdampak terkena air galon tersebut.

Akhirnya setelah saya sampai di rumah, saya mencoba merakit PC saya yang telah saya bongkar sebelumnya, untuk VGA Cardnya sendiri sudah saya bersihkan dari air dengan mengelapnya, tetapi tidak saya bongkar.

Setelah saya hidupkan, VGA Card saya bisa hidup normal, tetapi cuma sebentar yaitu kurang lebih 3 Menitan saja kalau tidak salah, setelahnya VGA Card saya mati total dan tidak bisa di hidupkan lagi, sampai akhirnya saya membeli yang baru.

Sialnya, VGA Card saya yang baru rusak lagi dan ini memberikan luka mendalam untuk saya, gara-garanya air lagi! ampun dah, kenapa mesti air melulu!, anda bisa melihat artikel kegalauan saya disini Water Cooling CPU Bocor, Kerusakan Hardware hingga 13 Juta Rupiah!.


# Memperbaiki VGA Card dengan di Cuci


Setelah masa galau saya dan saya ingin memutuskan untuk membeli VGA baru dan komponen hardware yang rusak lainnya, saya kepikiran untuk memperbaiki VGA Card yang rusak tersebut, alangkah terkejutnya saya ketika saya menemukan sebuah cara di luar nalar, yaitu di cuci dengan air!

Padahal alat elektronik itu musuhnya air itulah yang saya tahu sebelumnya, lalu saya juga kepikiran untuk memperbaiki VGA Card lama saya yang rusak, saya nekad saja, karena saya pikir VGA Card saya sudah rusak dan kalaupun mau hidup berarti saya beruntung, kalau tidak ya tidak masalah, karena memang sudah rusak.

Lalu bagaimana saya melakukannya? berikut adalah rentetan kronologinya :


# Cuci dengan Detergen


Pada tutorial yang saya lihat, mereka menggunakan sabun colek, tetapi saya tidak punya sabun colek di rumah, alhasil Detergen bermerk Rinso yang saya gunakan, sebelumnya saya minta maaf karena tidak sempat melakukan dokumentasi terkait cara pencucian VGA ini dengan detergen, karena saya memang pasrah dan tidak memegang smartphone kala itu.


Langkah yang saya lakukan adalah sebagai berikut :


  • Menuangkan air kira-kira seperempat di dalam ember.
  • Saya habiskan 1 bungkun Rinso yang harga seribuan rupiah tersebut.
  • Saya aduk hingga berbusa.
  • Selanjutnya saya celupkan 2 buah VGA Card saya yang rusak.
  • Lalu saya sikat dengan sikat lantai, untuk prosesnya kira-kira memakan 15 menitan untuk 1 VGA.
  • Saya sikat semua komponen tanpa ada yang tertinggal, bedanya di tutorial, mereka menyikatnya dengan sikat gigi secara halus, kalau saya dengan sikat besar dan untuk kekuatannya sama seperti ketika saya menyikat sepatu saya yang kotor, kira-kira begitu.
  • Selanjutnya saya bilas dengan air ledeng yang mengalir deras, sampai kesat dan tidak terasa licin lagi.
  • Saya keringkan dengan Lap hingga hampir kering.


# Jemur dibawah terik Matahari


Selanjutnya saya jemur di bawah sinar matahari, kebetulan saat ini matahari bersemangat sekali menyinari bumi, panas poll bukan main.

Satu VGA saya gantung di tiang jemuran dan satu lainnya saya jemur di halaman depan rumah saya, kira-kira seperti ini penampakannya :

Perbaiki VGA Dengan di Cuci

Durasi untuk menjemur ini saya lakukan selama 2 jam lebih saja, karena kebetulan hari tiba-tiba menjadi mendung, takutnya kena hujan lagi.


# Keringkan dengan Silica Gel


Setelah saya jemur selama lebih dari 2 Jam, selanjutnya saya dinginkan sebentar di depan kipas angin, lalu saya letakan di dalam kardus sepatu, saya ingatkan lagi jika anda sudah menjemur di bawah terik matahari, bukan berarti VGA Card anda sudah kering 100%.

Karena biasanya masih ada embun akibat air yang menguap pada sela-sela sirkuit VGA tersebut, maka untuk mengatasi ini saya menggunakan Silica Gel untuk menangkap air embun tersebut agar tidak lembab.

Untuk Silica Gel sendiri saya tidak beli, saya cuma memanfaatkan dari Silica Gel yang ada di dalam kardus sepatu, kebetulan saya punya 6 Biji yang tidak saya buang.

Saya gunting wadah Silica Gel tersebut hingga berserakan di dalam Kotak Sepatu tersebut, setelahnya saya letakan VGA saya di dalamnya, seperti ini :


Perbaiki VGA Dengan di Cuci
Perbaiki VGA Dengan di Cuci

Untuk lamanya proses ini saya diamkan di dalam kotak sepatu selama 24 Jam, setelahnya saya rakit lagi VGA tersebut dan mencobanya! apa yang terjadi?


# VGA Card Hidup Lagi


Ya! VGA Card saya bisa hidup lagi! tetapi cuma 1 yaitu VGA Card lama yang terkena air galon, untuk yang baru tidak bisa hidup lagi, karena mungkin sudah rusak sejak awal Water Cooling saya bocor.

Silahkan lihat sendiri buktinya, pada gambar ini :

Perbaiki VGA Dengan di Cuci
Perbaiki VGA Dengan di Cuci

Sekarang di tanggal 7 Mei 2019, tepat 2 hari setelah VGA Card saya hidup lagi, sampai sekarang VGA Card ini tidak bermasalah lagi, lancar seperti baru! bahkan saya coba memainkan game Fortnite selama 7 Jam Non-stop dan VGA Card baik-baik saja, sekali lagi seperti baru!

Sayangnya VGA Card saya yang satunya tidak bisa hidup lagi, hanya kipasnya saya yang berputar, itupun cuma satu, satu lainnya mati, saya kira VGA Card saya yang ini mungkin telah Korsleting (Short) parah, karena berkali-kali saya hidupkan ketika terkena air yang bocor dari Water Cooling.

Jika ada kerusakan VGA anda bukan akibat Water Cooling atau terkena air, maka bisa jadi penyebabnya beberapa hal ini Hal yang membuat VGA (Graphic Card) Rusak.

Maka dari kejadian diatas, saya membutuhkan waktu 2 hari dari tahap pencucian hingga pengeringan, yang akhirnya VGA Card saya hidup lagi, sekali lagi tidak ada masalah apapun, seperti Artifak, mati hidup, No Display, Lags saat bermain game, semua itu tidak saya temui.

Sehingga kesimpulan yang saya tarik adalah, membasuh VGA Card dengan Detergen memang ampuh untuk membersihkan kotoran dan karatan akibat terkena air.

Selanjutnya VGA Card yang sudah rusak parah sejak awal tidak bisa di perbaiki dengan cara ini, terbukti dari 1 VGA Card saya yang baru saja rusak parah, tidak bisa di selamatkan lagi, meski sudah saya cuci dan saya keringkan dengan prosedur yang sama.

Anda berminat menggunakan cara ini? saya ingatkan sekali lagi, cara ini hanya bisa anda lakukan jika anda nekad dan menjadi pilihan terakhir saja, jika masih bisa di perbaiki dengan cara yang lain, maka silahkan lakukan dan jangan di cuci dulu.

Cara ini adalah cara ajaib dan aneh yang pernah saya temui, tetapi faktanya saya terkagum setelah mengikuti cara ini, saya kira cara ini juga bisa di gunakan untuk memperbaiki Motherboard yang rusak, nanti akan saya update lagi, jika saya telah mencuci Motherboard saya yang rusak, semoga tambah ilmu dan bermanfaat untuk anda.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact