Water Cooling CPU Bocor, Kerusakan Hardware hingga 13 Juta Rupiah! - ASHADIN

Monday, May 6, 2019

Water Cooling CPU Bocor

Water Cooling CPU Bocor, Kerusakan Hardware hingga 13 Juta Rupiah!

Water Cooling CPU Bocor

Pada artikel kali ini saya hanya akan bercerita terkait masalah besar yang sedang saya alami, tidak tanggung-tanggung masalah ini membuat kantong saya bolong begitu saja dengan sangat cepat, tidak ada angin tidak ada hujang, tiba-tiba terjadi begitu saja, tentu saja saat ini saya sangat galau dan sakit hati.

Jika anda mengalami hal demikian, saya kira anda juga akan sulit tidur di malam harinya, karena saya rugi kurang lebih 12 Juta Rupiah, hanya gara-gara sebuah Water Cooler Processor yang bocor!

Sebelumnya saya memang telah memuji sedikit terkait perbandingan antara HSF (Heat Sink Fan) dan Water Cooler yang sudah saya bahas pada artikel ini : Heat Sink Fan (HSF) atau Water Cooler yang mana yang lebih bagus?

Tetapi, sekarang jika saya boleh jujur, saya kapok menggunakan Water Cooling tersebut, karena kejadian yang tidak mengenakan yang saya alami beberapa waktu lalu, jika anda memang ingin membeli sebuah Water Cooling, maka saya sarankan pertimbangkan lagi.

Karena jika airnya bocor (Leak) maka sudah pasti hardware CPU anda akan rusak, sama seperti yang saya alami kali ini, perlu anda ingat selalu bahwa musuh utama alat elektronik itu adalah air, Teknologi Water Cooling itu menggunakan air, jika bocor apa yang terjadi? pasti anda akan pusing 7 keliling.

Saya akan memulai bahasan saya ini dengan jenis Water Cooling yang saya gunakan, disini saya menggunakan produk Water Cooling dengan Merk LEPA dari Enermax dengan seri Lepa Exllusion 240.

Awalnya saya puas dengan Water Cooling ini, selain bisa mendinginkan Processor saya secara signifikan, Water Cooling ini juga berbentuk keren dengan fitur Refile atau bisa di isi ulang airnya, saya menggunakan Water Cooling LEPA ini selama lebih dari 2 Tahun, hingga terjadi kebocoran pada tanggal 2 Mei 2019.

Setelah saya selidik, memang saya tidak menemukan masalah seperti yang saya alami dengan produk Water Cooling LEPA ini, tetapi saya menemukan fakta, bahwa ada beberapa kejadian yang saya lihat dari Youtube, Water Cooling yang bocor ini memiliki Design yang sama persis dengan yang saya gunakan dan ada juga yang mirip.

Maka disini saya berasumsi, bahwa bisa jadi masalah yang saya alami sekarang memang merupakan cacat dari produk dengan tipe dan bentuk Water Cooling yang saya sama seperti yang saya gunakan, mski demikian dari ribuan produk mungkin hanya ada 1-2 saja yang mengalami masalah seperti yang saya alami.


Untuk kebocorannya sendiri anda bisa melihat sendiri kondisinya, seperti ini :


Water Cooling CPU Bocor
Water Cooling CPU Bocor
Water Cooling CPU Bocor

Air merembes dari tempat kuncian isi ulang refile yang saya kira mungkin ada terjadi keretakan akibat suhu yang panas, karena setelah saya bongkar secara menyeluruh, saya tidak menemukan hal aneh pada bagian Water Block dan Tubing-nya.

Sehingga asumsi saya bahwa air keluar merembes dari tempat isi ulang yang memang telah disediakan, padahal sudah saya kunci dengan sangat kuat, untuk retakannya sendiri saya tidak melihat, mungkin hanya retakan kecil saja, tetapi cukup untuk membuat air keluar secara konstan.

Awalnya saya tidak tahu, bahwa ada rembesan air yang keluar, setelah pertanda pertama muncul yaitu adalah sebagai berikut :


  • OS Windows Hang.
  • Monitor tidak terhubung (No Signal)
  • CPU tidaj bisa di matikan dan tidak bisa di reset.
  • Mato Total.


Setelah saya membukan Case PC saya, betapa terkejutnya saya, melihat cairan merah (saya menggunakan air radiator custom warna merah) keluar membanjiri bagian bawah komponen PC saya.

Sialnya saya tidak mengetahui hal ini secara cepat, karena bagian samping Case PC saya itu berwarna gelap transparan, ketika saya buka baru saya mengetahuinya, awalnya saya kira gara-gara RAM yang kotor sehingga PC sering Error dan terkesan tidak mau hidup.

Setelah saya bersihkan RAM, saya hidupkan lagi PC saya, disinilah letak kesalahan saya, karena saya tidak menyadari bahwa Water Cooler sudah bocor, CPU bisa hidup, tetapi Monitor tidak bisa konek (No Signal), setelah beberapa menit tiba-tiba PC saya mati total dan tidak bisa di hidupkan lagi.


# Water Cooling CPU Bocor


Setelah saya amati, ternyata ada air yang menetes dan ketika saya angkat CPU saya, apa yang terjadi? bagain bawah CPU PC saya banjir! saya kira kejadian ini sudang berlangsung beberapa jam atau hari, tetapi saya tidak menyadarinya! hebat sekali saya ya!

Setelah saya lepas Water Cooling yang terpasang dan melacak hardware apa saja yang kena, maka disinilah saya mendapatkan serangan galau tingkat atas! karena komponen yang terdampak ini adalah :


  • VGA (Graphic Card)
  • Motherboard
  • Power Supply


Beruntungnya, poisis PC saya itu keatas bukan rebahan, maka yang terdampak hanya bagian tengah ke bawah saja, untuk Hardisk dan SSD saya aman saja, karena letaknya yang agak kedepan dan bersebelahan dari PSU.

Water Cooling CPU Bocor

Jadi, air yang keluar dari Water Cooling itu, jatuh secara vertikale mengenai, hardware Motherboard >> VGA >> PSU.

Untuk Processor beruntungnya aman, karena Water Cooling yang bocor itu terletak pada bagian bawah, jika pada bagian atas, maka sudah pasti Processor saya juga kena imbasnya, untuk komponen seperti RAM tidak masalah, karena memang letaknya jauh dari terdampak bencana.


Lalu berapa kerugian yang saya alami? silahkan anda hitung sendiri :


1. VGA Zotac GTX 1070 : Rp.7.800.000
2. Motherboard Asus ROG Strix B250F : Rp.2.800.000
3. PSU Corsair CX550M 550watt Semi Modular 80+ Bronze : Rp.1.200.000
4. Water Cooling Enermax Lepa Exllusion 240 : Rp.1.700.000

Jadi, jika di total kurang lebih Rp.13.000.000,00 saya mengalami kerugian dari kebocoran Water Cooling ini! angka tersebut memang bukan angka yang kecil buat saya, maka dari itu saya galau bukan main ketika sudah tahu kejadiannya seperti ini.

Semua Hardware diatas, saya beli di awal tahun 2017 lalu ketika saya merakit semua komponen tersebut sekaligus, dan sialnya rusaknya juga sekaligus!

Maka ini adalah pelajaran dan pertimbangan untuk anda, jika memang ingin membeli sebuah Water Cooling usahakan yang agak mahalan dan bermerk, kalau bisa jadi yang punya sistem Refil seperti yang saya miliki, karena bisa jadi senjata makan tuan.

Lalu apa yang saya gunakan untuk berkerja sekarang? ya! saya mulai merakit PC dengan komponen baru lagi, tetapi sayangnya ada beberapa jenis Part yang sulit untuk di dapatkan sekarang, seperto Mobo seri B250,. karena memang sudah ketinggalan zaman.

Jika saya mengganti ke Mobo dengan seri baru, maka saya juga harus mengganti Processor dan hal ini akan mubazir untuk saya, karena Processor yang saya gunakan baik-baik saja sekarang.

Maka kesimpulannya adalah disini saya sudah kapok pakai Water Cooling, meski bisa memberikan tampilan yang keren dan tidak berisik, jika mengingat betapa menakutkannya jika bocor, maka sya lebih memilih HSF, biar berisik asal tidak cepat menguras dompet.

Artikel ini bisa menjadi pembelajaran untuk anda, jika memang ada terjadi kebocoran, maka jangan pernah di hidupkan karena bisa terjadi korsletinga (Short) dan hal inilah yang membuat PC saya mato total dan rugi besar, semoga masalah ini tidak menimpa anda dan semoga menjadi pelajaran yang berharga untuk saya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact