Heat Sink Fan (HSF) atau Water Cooler yang mana yang lebih bagus? - ASHADIN

Thursday, December 13, 2018

Heat Sink Fan (HSF) atau Water Cooler yang mana yang lebih bagus?

Heat Sink Fan (HSF) atau Water Cooler yang mana yang lebih bagus?

Heat Sink Fan (HSF) atau Water Cooler yang mana yang lebih bagus?

Jika anda ingin merakit sebuah PC baru, maka ada pertimbangan besar yang anda buat setelah anda menentukan ingin menggunakan komponen spesifikasi apa dan ini sangat penting bentuknya, karena akan menjadi penjaga performa utama dari Processor yang anda gunakan.

Yaitu adalah apakah anda ingin menggunakan HSF atau Water Cooler, pertanyaan semacam ini sangat banyak muncul sekarang ini, karena benar saja kedua hal ini memang memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai sebuah pendingin Processor, tetapi akan berbeda jika di lihat dari bentuk, cara perawatan, resiko dan efek sampingnya.

Sehingga dengan hal tersebut banyak orang yang galau setelahnya, harus menggunakan yang mana, maka dari itu saya membuat artikel ini, yang harapannya adalah agar anda terbantu dalam mengambil keputusan akhirnya nanti.

Mari kita mengenal apa itu HSF (Heat Sink Fan) dan Water Cooler terlebih dahulu.


# Heat Sink Fan



Pendingin berjenis ini memang sudah di percaya ampuh sejak bertahun-tahun lamanya, itu sebelum datangnya metode pendingin baru yaitu Water Cooler.

Seperti namanya pendingan Processor ini menggunakan angin sebagai media pendinginnya, selanjutnya akan di salurkan ke Block tembaga atau aluminium, sehingga Processor bisa menjadi lebih dingin suhunya, ketika di gunakan dalam perkerjaan yang berat dalam artian suhunya akan terjaga untuk menghindari Overheating yang akan berdampak buruk.

Faktanya biasanya jika anda membeli sebuah Processor baru mungkin itu dari Intel atau AMD biasanya anda akan mendapatkan HSF pabrikan yang sudah cukup bisa di andalkan, namun kebanyakan orang lebih memilih menggantinya dengan ke yang Custom.

Selain karena bentuk HSF bawaan yang tidak keren, tentu saja pendingin Custom dari pihak ke-3 akan lebih Powerful karena Block Tembaga atau Aluminiumnya akan lebih besar, juga di dukung kipas (Fan) yang besar dan berkecepatan lebih tinggi dari bawaan pabrikan.\

Sehingga pendinginan suhu pada Processor akan lebih baik dari sebelumnya, untuk harganya sendiri anda bisa membeli HSF Custom tersebut mulai dari harga 300 ribuan hingga 2 Juta Rupiah untuk yang paling bagus dan tentu saja barang Branded yang sudah terjamin kualitasnya.


Hanya saja ada beberapa kekurangan dari penggunaan HSF tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :


1. Suaranya begitu bising, mau yang mahal maupun yang murah pasti mengeluarkan suara yang cukup mengganggu.
2. Dalam CPU rentan berbedu, kalau di biarkan saja, maka debu akan mengendap dan mungkin kinerja HSF akan menurun, karena kipas akan menjadi melamban karena debu yang sudah menumpuk.
3. Dalaman CPU terlihat sesak dan penuh, karena kebanyakan orang sekarang ini lebih memilih CPU yang elegant dan enak di pandang mata.

Lalu apakah HSF itu tidak bagus? saya tidak mengatakan demikian, karena faktanya penggunaan HSF juga ada dampak positifnya dari pada penggunaan Water Cooler, maka untuk itu harus anda ketahui dulu Water Cooler itu apa dan apa saja kelebihan dan kekurangannya.


# Water Cooler



Jika HSF menggunakan angin sebagai media pendinginnya, maka Water Cooler seperti namanya, menggunakan air sebagai media utama untuk mendinginkan Processor tersebut.

Ya, saya tahu jika terjadi kebocoran terhadap Water Cooler ini seluruh komponen dalam CPU bisa rusak semua, karena musuh alami alat elektronik memanglah air dan akan terus seperti itu hingga kiamat kebo!

Tetapi anda tidak perlu takut, karena Water Cooler di zaman sekarang ini sudah sangat aman, karena di jual dengan Quality Control yang sudah terjamin keamanannya, lalu haruskah anda menggunakan Water Cooler dari pada HSF?

Itu terserah anda, karena harga Water Cooler yang paling murah itu berkisar di 600 ribuan dan yang mahal bisa sampai 10 Juta rupiah, jika anda ada budget besar, saya sarankan menggunakan Water Cooler saja, alasannya adalah sebagai berikut :

1. Bentuknya yang sudah sangat keren.
2. Dalaman CPU terlihat lebih profesional.
3. Tidak menjadi mesin penghasil debu seperti HSF.
4. Pendinginan lebih efektif dari HSF, bahkan dalam persentase yang besar!
5. Tidak menimbulkan bising sama sekali.

Tetapi, jika ada kelebihan tentu saja ada kekurangannya, anda bisa menebak sendiri apa kurangnya dari jenis metode pendingin satu ini, tidak lain dan tidak bukan adalah KOROSI!

Karena di dinginkan memalui media air dan di hantarkan ke Block besi, maka sudah pasti suatu saat Block besi tersebut akan Korosi dan membuat Block besi tersebut berkarat dan kropos, jika sudah seperti maka pendinginan ke Processor tidak akan efektif lagi, biasanya korosi akan terjadi jika anda tidak mengganti air pada Water Cooler tersebut dalam lama pemakaian lebih dari 2 Tahun.

Maka dari itu sebisa mungkin belilah Water Cooler yang memiliki fitur isi ulang atau refil, karena jika anda ingin Water Cooler anda awet silahkan ganti air di dalamnya paling tidak 1 tahun sekali.


Selain itu ada beberapa kekurangan lain, yaitu adalah sebagai berikut :


1. Memakan konsumsi listrik yang lebih besar dari HSF.
2. Jika tubbing (Pompa) rusak maka Processor tidak akan bisa di dinginkan lagi.
3. Anda harus merawatnya dengan benar dan berkala, seperti membersihkan kotoran di Water Block secara berkala, hingga mengganti air di dalamnya secara berkala juga.
4. Harganya bisa jadi sangat memberatkan jika anda ingin yang branded, keren dan tahan lama.

Menurut saya pribadi untuk harganya sendiri standard-nya adalah yang paling baik berada di kisaran 1 hingga 3 Juta, maka anda sudah bisa mendapatkan Water Cooler yang profesional.

Agar pendinginannya maksimal, usahakan yang memiliki minimal 2 buah Fan, 3 Lebih bagus tetapi tentu saja akan lebih mahal.

Sudah hampir 3 Tahun saya menggunakan Water Cooler tersebut, hingga sekarang masih berfungsi dengan baik, karena saya rawat dengan maksimal.

Jadi kalau anda sendiri bagaimana? memilih HSF atau Water Cooler, kedua pilihan ini harus anda putuskan sendiri, jika ingin yang baik dan berkualitas tentu saja harga akan bicara, jadi yang paling baik untuk anda kalau menurut saya adalah sesuaikan dengan kebutuhan, lihat fungsinya untuk apa, dan tentu saja sesuaikan dengan kantong anda, agar anda tidak merasa terbebani dan menyesal.

Dengan demikian, sudah cukup lengkap rasanya saya menjabarkan kedua buah perangkat penting tersebut, selanjutnya silahkan anda putuskan sendiri, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact