Cara mengatasi Extensions IDM Error CRX_HEADER_INVALID di Google Chrome - ASHADIN

Monday, July 29, 2019

Fix IDM Error CRX_HEADER_INVALID

Cara mengatasi Extensions IDM Error CRX_HEADER_INVALID di Google Chrome

Cara atasi IDM Error CRX_HEADER_INVALID Chrome

IDM atau Internet Download Manager, memang menjadi sebuah Tool wajib untuk sebagian orang, karena selain bisa meningkatkan kecepatan Download hingga berkali lipat, IDM juga sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi Browser Populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan lainnya.

Dengan adanya Integrasi ini, maka anda tidak akan kesulitan lagi untuk mendownload sebuah File dengan IDM, karena semua aktifitas Download yang terjadi akan langsung di pindahkan secara otomatis ke Accelerator Download IDM dengan syarat Ektensi File tersebut sudah di dukung oleh IDM.

Untuk pembahasan kita kali ini, secara khusus kita akan membahas terkait IDM dan Google Chrome saja, karena dari banyaknya pembahasan terkait masalah Error, memang IDM di Chorme lah yang paling bermasalah.

Beberapa masalah yang kerap terjadi adalah adanya masalah Error antara Integrasi Extensions IDM dengan Google Chrome itu sendiri, dimana pada artikel sebelumnya sudah saya bahas terkait Cara untuk mengatasi Error IDM Attempted to Downgrade Extensions di Google Chrome.

Serupa tapi tak sama, disini kita akan membahas masalah lain yang hampir mirip dengan masalah Error Attempted to Downgrade, yaitu adalah Error IDM CRX_HEADER_INVALID.

Kesamaan antara 2 masalah ini adalah terletak pada Extensions IDM yang tidak bisa di Integrasikan ke Google Chrome, hanya saja penyebab dari masalah ini bisa berbeda.


Untuk masalah CRX_HEADER_INVALID ada beberapa penyebabnya yaitu adalah sebagai berikut :


1. File Extensions IDM (.crx) Corrupt.
2. Anda menggunakan IDM versi lama yang bisa jadi sudah tidak di dukung oleh Chrome.
3. Google Chrome bermasalah.

Ke-3 hal diatas adalah masalah paling utama dalam menyumbangkan Error CRX_HEADER_INVALID tersebut.

Tetapi, tenang saja masalah seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk anda atasi secara Individual dan tidak perlu keahlian khusus untuk bisa memperbaikinya, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukabn untuk mengatasi masalah Error CRX_HEADER_INVALID tersebut :


1. Gunakan IDM versi terbaru


Kenapa harus? karena pada IDM terbaru file Extensions dari IDM tersebut di perbaharui agar bisa sejalan dengan Google Chrome.

Anda tahu sendiri bahwa Google Chrome itu selalu melakukan update secara berkala, maka dari itu suatu saat di perlukan penyesuaian terhadap Extensions yang akan di gunakan, apalagi secara umum Extensions IDM tersebut tidak di dukung secara resmi oleh Google Chrome.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi IDM versi terbaru adalah hal yang wajb untuk anda lakukan, seperti yang terbaru kali ini, di dalam IDM versi terbaru anda akan menemukan 2 buah File Extensions IDM untuk Chrome.

Cara atasi IDM Error CRX_HEADER_INVALID Chrome

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengatasi masalah yang sedang kita bicarakan sekarang ini.


2. Reset Google Chrome


Adakalanya yang bermasalah itu bukan datang dari aplikasi IDM-nya malinkan dari Google Chromenya itu sendiri.

Alasannya cukup sederhana, karena Google Chrome sudah Error dengan banyaknya Junk File yang tidak di bersihkan yang tentu saja hal ini akan berdampak negatif ke hal lain, salah satunya adalah berdampak pada IDM Extensions yang tidak bisa di pasang.

Maka dengan demikian melakukan Reset Chrome itu wajib di lakukan jika anda mengalami masalah seperti ini, anda bisa melakukan Reset dengan cara melakukan Uninstall dan setelahnya Reinstall lagi.

Tetapi, sebenarnya ada cara yang lebih sederhana, yaitu sudah saya tulis pada artikel ini untuk  melakukan Reset Google Chrome tanpa perlu melakukan Uninstall.


Maka dengan demikian untuk mengatasi masalah Error CRX_HEADER_INVALID adalah sebagai berikut :


1. Gunakan IDM versi terbaru.
2. Lakukan Reset pada Google Chrome.
3. Centang Developers Mode pada halaman Extensions Google Chrome.

Cara atasi IDM Error CRX_HEADER_INVALID Chrome

4. Install Extensions IDM ke Chrome dengan cara yang manual, jika anda bingung maka gambarannya akan seperti di artikel ini Cara memunculkan Direct Button IDM di Google Chrome.
5. Done!

Dengan demikian, harusnya masalah Error CRX_HEADER_INVALID sudah bisa teratasi dengan sangat mudah, karena mau bagaimanapun masalah Error CRX_HEADER_INVALID memang cukup mirip dengan Error Attempted to Downgrade.

Hanya saja untuk penyebabnya bisa jadi berbeda, maka dari itu silahkan di cek dulu, kalau Extensions IDM-nya yang Corrupt, maka anda harus mendownload ulang aplikasi IDM tersebut dan menginstall ulang IDM ke PC Windows yang anda gunakan.

Jika File Extensions tersebut aman-aman saja, maka silahkan ikuti cara diatas, saya jamin 100% pasti akan berhasil, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact