Cara Block situs dengan Extension di Google Chrome - ASHADIN

Tuesday, January 22, 2019

Cara Block Situs dengan Extensions

Cara Block situs dengan Extension di Google Chrome

Cara Block situs dengan Extension di Google Chrome

Jika sebekumnya sudah saya bahas terkait cara melakukan Block situs melalui Hosts yang mungkin akan sedikit ribet cara kerjanya bagi sebagian orang, maka cara yang satu ini lebih sederhana yang anda lakukan hanya dengan membuka sebuah aplikasi Google Chrome dan menginstall Extension yang di butuhkan yang kali ini akan menggunakan Extension Block Site.

Seperti judulnya cara ini hanya bisa di terapkan di aplikasi Browser Google Chrome saja, cara kerjanya kurang lebih sama saja dengan cara Block melalui Hosts yaitu Situs yang sudah di Listing atau di Black List tidak akan bisa di akses lagi.

Perbedaannya hanya terdapat pada seberapa besar fungsinya saja, jika cara Block menggunakan Hosts bisa berkerja di semua aplikasi Browser, maka cara ini seperti yang sudah saya sebutkan di atas hanya bisa berkerja di Google Chrome saja, karena ini memang bagian dari fitur tambahan Google Chrome yang berupa Extension.

Jika memang anda tertarik dengan cara ini dan anda tidak ingin ribet dengan cara yang menggunakan Hosts, maka berikut adalah cara kerjanya :

1. Silahkan akses dulu ke chrome.google.com/webstore/category/extensions.
2. Selanjutnya silahkan masukan kata kunci pencarian "Block Site"
3. Silahkan pilih dan pasang Extension paling atas dengan nama Block Site - Website Blocker for Chrome™.
4. Jika sudah saatnya melakukan Black List situs tujuan, silahkan buka dulu extension Block Site yang telah terinstall, lalu tekan icon "Roda Gigi".


5. Selanjutnya pada bagian kotak List, silahkan isi dengan nama tujuan situs yang ingin anda Block dan tambahkan.


6. Anda juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah yaitu dengan cara membuka situs tujuan, selanjutnya, buka Extension tersebut dan tekan Button Block This Site, seperti ini :


7. Jika sudah, silahkan coba lagi buka alamat situs tujuan yang sudah anda Block, saya jamin tidak akan bisa di buka dan akan muncul gambar seperti ini :


8. Done!

Catatan : Tidak ada batasan jumlah Black List situs yang bisa anda masukan, anda bisa memblock banyak alamat situs sebanyak yang anda inginkan.

Meski terkesan mudah dan simple untuk di lakukan, sebenarnya cara ini sangat mudah untuk di matikan karena jika pengguna PC atau Laptop tersebut paham dengan Google Chrome terlebih dengan fitur Extensionnya, ia hanya perlu menonaktifkan Extension ini dan situs yang sudah anda Block bisa mereka buka sesuka hatinya.

Namun, ternyata cara ini juga sedikit lebih hebat dari cara Block menggunakan Hosts yang sudah caya tulis disini Cara Block alamat Website permanent dengan Host di semua versi Windows yaitu adalah sebagai berikut :

1. Bisa di terapkan untuk memblock semua jenis alamat URL, mau itu Domain master, Sub domain hingga yang bertipe Folder semuanya bisa di Block.
2. Cara pengaplikasiannya mudah.
3. Hebatnya lagi ada fitur Import dan Export terhadap List Situs yang telah anda buat untuk di Black List.

Dengan demikian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa melakukan Block Sites tersebut, anda hanya tinggal memilih cara mana yang paling pas dan tepat menurut anda, jika anda memang tidak ingin pusing settings sana sini, maka cara yang saya tuliskan ini sangat tepat untuk bisa anda gunakan, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact