Cara Block alamat Website permanent dengan Host di semua versi Windows - ASHADIN

Tuesday, January 22, 2019

Cara Block alamat Website permanent dengan Host di semua versi Windows

Cara Block alamat Website permanent dengan Host di semua versi Windows

Cara Block alamat Website permanent dengan Host di semua versi Windows

Internet di zaman sekarang memang sudah menjadi kebutuhan umum bagi semua kalangan, semua konten berupa informasi dan hiburan ada di fasilitas ini dan mengaksesnya pun bisa dengan mudah, bermodalkan hanya dengan smartphone dan kouta internet siapa saja sudah bisa untuk menjelajahi dunia maya tersebut.

Sehingga disini perlu perhatian khusus teruntuk kepada orang tua, para pendidik hingga orang yang berkepentingan khusus untuk bisa menjaga atau melakukan kontrol terhadap konten yang seharusnya bukan untuk mereka konsumsi.

Maka dengan demikian ada sebuah cara jitu untuk bisa memblokade akses ke situs tujuan agar tidak bisa di buka dengan mudah, cara ini memang juga bisa di terapkan di smartphone, namun pada tutorial kali ini saya hanya akan mengajarkan pada penggunaan di PC/Laptop dengan OS Windows semua versi saja.

Gambaran umum dari teknik satu ini adalah sifatnya permanent dalam artian meski pengguna menggunakan VPN atau trik semacamnya situs yang mereka tuju tetap saja tidak bisa di buka, karena perintah intinya langsung tertanam di OS Windows tersebut.

Untuk beberapa alat tempurnya saya sarankan menggunakan aplikasi semacam Notepad++ agar mudah dalam pengerjaannya, berikut adalah cara kerjanya :

1. Silahkan cari file Hosts di C://>>Windows>>System32>>Drivers>>Etc.
2. Silahkan buka file Hosts tersebut dengan Notepad++.
3. Jika ingin memblock akses ke situs bersangkutan silahkan masukan nama domain dari situs tersebut, sebagai contoh : ashadin.com
4. Lalu masukan juga angka ini 127.0.0.1 sehingga terlihat seperti ini :


5. Simpan dan silahkan coba akses ke situs bersangkutan, pasti tidak akan bisa di buka lagi.
6. Done!

Catatan : Tidak ada batasan jumlah dalam melakukan Blocked Situs Domain tersebut, anda bisa memasukan sebanyak apapun, hanya saja ingat angka IP untuk memblock situs tersebut harus 127.0.0.1 selanjutnya di ikuti nama domain atau situs yang ingin anda Block.

Teknik semacam ini memang terlihat sangat powerful namun ada kekukarangnnya, yaitu adalah sebagai berikut :


1. Hanya mampu memblock ke tingat domain utama (master) dan sub domain saja seperti Google.com dan Analytics.Google.com tetapi tidak bisa memblock ke tingkat Folder, misalkan Google.com/ads.
2. Terkadang anda harus melakukan Restart Windows terlebih dahulu agar fitur ini bisa berkerja.
3. Jika pengguna tahu lokasi file Hosts tersebut, maka akan sangat mudah untuk di buka akses yang telah anda Block sebelumnya.

Namun, di balik kekurangan tersebut cara ini sangat efektif untuk bisa anda gunakan dalam :


1. Komputer keluarga, untuk mengontrol aktifitas anak dalam menggunakan PC/Laptop di rumah.
2. Komputer kantor agar tidak melakukan hal yang macam-macam.
3. Komputer sekolah agar para siswa atau siswi tidak mengakses selain apa yang ingin di ajarkan.
4. Untuk diri anda sendiri, agar bisa keluar dari zona vokep, zudi, lambe-lambe dan lain sebagainya yang tidak sehat untuk jiwa, rohani, burung dan dompet anda.

Dengan demikian, jika anda bisa menerapkan cara diatas mungkin anda bisa sedikit mengontrol setiap kegiatan yang terjadi di PC anda pribadi maupun PC untuk kepentingan publik, percaya saja cara ini sangat efektif untuk di lakukan, meski pengguna menggunakan VPN dan lain sebagainya cara ini masih tetap bisa berfungsi, tetapi nampaknya cara ini tidak berkerja dengan metode Proxy Masking Sites.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact