Cara menghapus Update Windows tanpa perlu Install Ulang - ASHADIN

Thursday, June 13, 2019

Hapus Windows Update

Cara menghapus Update Windows tanpa perlu Install Ulang

Hapus Windows Update

Memang tidak bisa di pungkiri saat ini, bahwa penggunaan OS pada perangkat Komputer yang paling terkenal memang hanya OS Windows, memang ada beberapa yang lain seperi MacOS dan Linux, tetapi saya kira saat ini orang-orang lebih menyukai OS Windows, karena memang sudah terbiasa dan bisa di bilang tidak perlu biaya yang mahal untuk bisa mendapatkan OS Windows tersebut.

Hanya saja memang OS Windows ini kerap menimbulkan masalah, jika kita lihat performanya mungkin tidak sebaik Linux dan MacOS, karena benar saja OS Windows ini memang sangat banyak masalahnya dari waktu ke waktu.

Dan masalah ini akan kian membanyak seiring lamanya waktu anda menggunakan OS Windows tersebut, tanpa pernah anda Install Ulang sebelumnya, untuk beberapa masalah tersebut adalah seperti :


  • Melambatnya Performa
  • Banyak Terjadi Crash mungkin karena Registry Error, Cache dan lainnya
  • Booting kian melamban
  • Sering terjadi Blue Screen
  • Terkena Virus


Itu hanya masalah besarnya dan masih ada banyak lagi masalah kecil yang juga ada, seperti salah satunya adalah masalah yang di akibatkan oleh Windows Update tersebut, tujuannya memang sangat baik dan mulia, yaitu untuk meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan OS Windows tersebut.

Seperti perbaikan Bugs, penambahan beberapa fitur baru, hingga peningkatan performa, sayangnya tidak semua orang suka dengan Update Windows tersebut, beberapa di antaranya malah beranggapan, setelah melakukan Update, maka Performa Windows kian menurun, Bugs bertambah dan bahkan kurang nyaman di pakai.

Untuk masalah ini mungkin penyebab utamanya memang datang dari Hardware PC / Laptop yang anda gunakan, jika kelas menengah keatas, mungkin anda tidak akan menemukan masalah berarti, tetapi jika kelas Entry-level dan sudah edisi lama, maka bisa jadi Update Windows ini bisa menyebabkan masalah, karena Spesifikasi dari PC / Laptop anda yang sudah ketinggalan zaman.


Hapus Windows Update


Untuk menyiasati hal ini sebenarnya cukup mudah, anda tidak harus melakukan Install ulang untuk bisa menghapus Update Windows tersebut, sejauh ini saya sering menggunakan 3 buah cara di bawah ini :


# Hapus Update Windows dari Control Panel


Cara ini sangat sering saya lakukan, jika saya merasa kurang nyaman dengan Update Windows yang baru saja saya dapatkan, caranya sangat mudah sekali yaitu adalah sebagai berikut :

1. Silahkan buka Control Panel >> Programs >> Program and Features.

Hapus Windows Update

2. Jika sudah silahkan cari list yang bertuliskan Update For Windows ....

Hapus Windows Update

3. Lalu Klik Kanan dan pilih Uninstall.

Hapus Windows Update

4. Tunggu hingga proses selesai dan lakukan Reboot / Restart.
5. Done!

Jika anda tidak menemukan List Update Windows pada Control Panel, maka anda bisa mencoba cara selanjutnya dan cara ini saya jamin sangat efektif, meski membutuhkan waktu yang lebih lama.


# Lakukan Restore Point


Cara ini akan sangat efektif jika anda lakukan, karena semua yang terjadi (Khusus di Drive C:) akan di kembalikan semua ke titik System Restore yang telah di buat, misalkan ke waktu seminggu yang lalu atau sebulan yang lalu.

Maka dengan demikian asumsinya, Update Windows akan hilang, karena anda akan mengembalikan OS Windows yang anda gunakan tepat ke beberapa saat yang lalu, hanya saja hal ini baru bisa anda lakukan, jika OS Windows anda memang telah membuat titik System Restore secara otomatis atau anda telah membuatnya secara manual, berikut adalah caranya :

1. Silahkan ketik System Restore pada Cortana atau Start Menu.

Hapus Windows Update

2. Jika sudah terbuka silahkan tekan opsi System Restore....

Hapus Windows Update

3. Selanjutnya akan muncul beberapa List pada tanggal tertentu, dimana OS Windows anda membuat titik Restore secara otomatis.

Hapus Windows Update

4. Pilih titik Restore ke tanggal sebelum anda melakukan Update Windows.
5. Selanjutnya tekan Next dan tunggu hingga prosesnya selesai.
6. Untuk lama waktu Restorenya mungkin bisa memakan waktu 30 Menit hingga 1 Jam lebih, tergantung kecepatan Processor dan HDD yang anda gunakan.
7. Done.

Jika saat ini anda tidak bisa menemukan titik Restore Point tersebut, maka bisa jadi fitur Auto Create Restore Point di OS Windows yang anda gunakan saat ini tidak berfungsi, maka anda hanya bisa menghapus Update Windows tersebut hanya dengan cara terakhir ini saja lagi.


# Lakukan Reset OS


Disini anda tidak akan melakukan Install Ulang, karena anda hanya perlu melakukan Reset dari Tool Windows yang sudah di sediakan, hasil akhirnya saya kira akan mirip seperti hasil ketika anda melakukan Install Ulang OS, hanya saja dengan waktu yang relatif lebih lama, mungkin bisa memakan waktu 2 Jam lebih dalam prosesnya, tergantung dari banyaknya data yang ada di HDD yang anda miliki.

Selain itu anda juga bisa lebih flexible untuk melakukan Reset, seperti melakukan Reset pada Drive C: saja atau seluruh Drive Partitions yang ada di HDD anda, untuk cara lebih lengkapnya sudah saya tulis pada artikel ini Cara Reset atau Format bersih Windows tanpa melakukan Install Ulang OS.

Dengan demikian, ke-3 cara diatas adalah cara yang sering saya lakukan jika saya memang merasa tidak cocok dengan Update Windows yang baru saja saya terima, jika memang anda sama sekali tidak suka dengan Windows Update tersebut, anda bisa melakukan disable pada fitur ini dengan cara ini Cara mudah mematikan Windows Update.

Mudah bukan caranya? ya! dengan melakukan ke-3 cara diatas, maka anda akan lebih menghemat waktu dan tenaga, karena jika anda melakukan Install Ulang, maka anda memerlukan banyak hal setelahnya, seperti menginstall Driver, memasang banyak aplikasi dan melakukan penyesuaian ulang lagi.

Maka cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut, memang hanya bisa di lakukan dengan ke-3 cara diatas saja, tetapi saya ingatkan sekali lagi, cara diatas bukan cara mutlak, masih ada beberapa cara lain di luar sana, tetapi kalau saya pribadi menyukai ke-3 cara diatas dan sudah sering saya lakukan juga sebelumnya dengan hasil yang memuaskan tanpa masalah.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact