Cara Reset atau Format bersih Windows tanpa melakukan Install Ulang OS - ASHADIN

Saturday, November 17, 2018

Cara Reset atau Format bersih Windows tanpa melakukan Install Ulang OS

Cara Reset atau Format bersih Windows tanpa melakukan Install Ulang OS

Cara Reset atau Format bersih Windows tanpa melakukan Install Ulang OS

Windows PC anda terserang Virus, agak berat, lelet, sering Error-error, maka 100% saya yakin bahwa ada akan di rekomendasikan melakukan Install ulang OS, sebenarnya cara ini tidak salah dan faktanya dengan melakukan Install ulang maka semua hal di atas sudah pasti akan hilang dan Windows OS akan kembali Fresh seperti sedia kala lagi.

Tetapi, permasalahannya adalah bagaimana jika anda tidak punya File OS tersebut untuk bisa melakukan Install ulang? jadi pada dasarnya saat ini anda tidak bisa melakukan Install ulang untuk mengatasi masalah yang terjadi tersebut, karena alat atau OS yang di perlukan tidak ada.

Uniknya di Windows 10 ada sebuah fitur yang mirip cara kerjanya seperti melakukan Install ulang, saya tidak tahu fitur ini ada atau tidak di versi Windows yang dulu, tetapi di Windows 10 fitur ini ada dan baru saja saya gunakan.

Beberapa saat yang lalu saya tidak sengaja mendownload sebuah aplikasi yang ternyata aplikasi tersebut fake dan parahnya lagi aplikasi tersebut membawa sebuah virus yang sangat menganggu, bayangkan saya CPU dan RAM selalu di Load ke angkat hampir 100% yang mengakibatkan performa dari PC saya menjadi sangat lemot.

Terlebih lagi virus ini membuat PC saya mendownload secara otomatis aplikasi atau software yang tidak saya inginkan, tentu saja hal ini membuat saya kesal, terlebih lagi ketika saya ingin melakukan Install ulang, saya tidak punya file Installan tersebut di Flash Disk yang ada hanya berupa DVD Instalan.

Sayangnya, saat ini PC saya tidak memiliki sebuah perangkat yang bernama DVD ROM, karena model baru PC Gaming saat ini memang tidak lagi menyertakan Slot untuk peletakan DVD ROM tersebut, disinilah saya mulai panik, karena saya tidak bisa kerja dan bermain game jika masalah ini tidak terselesaikan.

Cara Reset atau Format bersih Windows tanpa melakukan Install Ulang OS


Setelah cukup lama mencari caranya, saya menemukan sesuatu yang unik, yaitu adalah bagaimana jika Windows OS yang di Reset? setelag terpikir cara ini langsung saya lakukan, hasilnya sesuai ekspektasi saya, Virus hilang, Performa kembali ke sedia kala dan Windows OS menjadi polosan lagi atau seperti baru lagi.

Caranya adalah sebagai berikut :


1. Silahkan Ketikan Reset This PC di kotak pencarian Cortana.
2. Selanjutnya anda akan di bawa ke jendela baru di menu Recovery.
3. Pada Opsi Reset This PC silahkan tekan "Get Started".


4. Lalu anda akan di bawa ke-2 buah pilihan, jika anda ingin melakukan Reset secara Lokal misalkan di C:/ saja dimana di situ adalah letakan Installan Windows anda berada, maka pilih Keep My Files, jika anda ingin yang Clean seperti yang saya lakukan maka silahkan pilih Remove Everythings.


5. Jika sudah silahkan pilih salah satu dan tunggu hingga prosesnya selesai.
6. Done!

Dengan ini anda sudah bisa melakukan Reset dengan cita rasa Install ulang tanpa perlu adanya File OS untuk Install ulang tersebut, hanya saja ada kekurangan dari cara ini dan itu adalah :

1. Prosesnya memakan 5 kali lebih lamban dari proses Install ulang, artinya jika anda melakukan Install ulang yang hanya membutuhkan waktu 30 Menit, maka cara di atas bisa memakan waktu 3-4 jam.
2. Akan tambah lama proses Resetnya jika File yang ada di Drive banyak jumlahnya.
3. Tidak Clean 100% artinya masih meninggalkan beberapa settingan seperti installan softwara VGA dan lainnya, tetapi kalau Virus saya jamin 100% musnah.

Maka kesimpulannya adalah lakukan cara di atas kalau anda memang tidak memiliki file Install OS seperti Flash Disk atau DVD, karena seperti yang sudah saya sebutkan di atas prosesnya akan berjalan dengan sangat lamban.

3-4 Jam itu hanya akan membuat Windows OS anda ter-reset saja, belum lagi untuk menginstall Driver dan macam-macam aplikasi lain, sehingga dari Proses ini saya kurang lebih membutuhkan waktu kira-kira 5-6 Jam, agar PC saya dapat di gunakan secara Normal lagi.

Namun, kalau memang sudah kepepet maka solusi di atas sangat saya rekomendasikan untuk anda lakukan.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact