Dampak Positif dan Negatif Cloudflare untuk Blogger - ASHADIN

Sunday, April 14, 2019

Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare Blogger

Dampak Positif dan Negatif Cloudflare untuk Blogger

Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare Blogger

Sebelumnya saya sudah berbicara banyak terkait penggunaan Cloudflare di Platform Blogger, yang pada faktanya bisa di manfaatkan untuk bisa melakukan Optimasi situs agar memiliki Loding yang lebih cepat dan keamanan yang lebih tinggi.

Tetapi, sama seperti kebanyakan hal lainnya, Cloudflare yang di pasangkan di Blogger juga memiliki Pro dan Kontra, maka dengan demikian disini saya akan membahas hal tersebut secara lugas, menurut dari pandangan pribadi saya.

Perlu anda ingat! dalam pembahasan kali ini saya hanya akan berbicara terkait penggunaan Cloudflare untuk Blogger saja dan tidak bericara terkiat Cloudflare untuk Wordpress dan lainnya, karena memang akan bisa berbeda hasilnya.

Seperti yang anda tahu jika menggunakan Blogger, maka anda hanya akan bisa sedikit melakukan Optimasi, kebanyakannya hanya bisa di lakukan di Template saja, tetapi di tingkat server tidak bisa.

Karena anda mutlak tidak bisa menyentuh zona ini, karena memang tidak di berikan akses, sebagai gantinya anda akan di berikan kestabilan dan kecepatan server yang memadai, sehingga sampai sekarang Blogger itu hampir tidak pernah Down dan melambat Response Time Servernya, karena memang di kelola dengan baik oleh Google.

Beruntungnya anda masih bisa melakukan konfigurasi yang sedikit mirip dengan konfigurasi server jika menggunakan Cloudflare, tetapi seperti yang saya bilang sebelumnya Cloudflare untuk Blogger juga menuai Pro dan Kontra atau bisa mempunyai Dampak Positif dan Negatif.

Untuk yang pertama kita akan membahas dampak Positifnya dulu :


# Keuntungan Cloudflare untuk Blogger


1. Gratis


Tidak ada kata yang lebih menyenangkan selain Gratis! semua orang suka dengan namanya Gratisan, dan disini posisi Cloudflare, anda bisa memasangkannya di Blogger secara gratis dengan fitur yang saya kira sudah sangat lebih dari cukup, installasi mudah dan cepat dan anda akan langsung mendapatkan Efek Sampingnya dalam beberapa menit kemudian setelah melakukan Installasi Cloudflare tersebut.


2. Optimasi Mumpuni


Dalam hal ini saya hanya bisa menyebutnya dengan Extra Konfigurasi yang tidak bisa di temukan di settingan Blogger, karena jika anda menggunakan Cloudflare, maka anda bisa melakukan Konfigurasi terkait SSL (HTTPS), Cache, Optimasi Loading, Security dan banyak hal lagi.

Sifatnya memang tidak sebesar jika anda memiliki server sendiri, seperti ketika memiliki cPanel dan lainnya, tetap saja ada beberapa fitur yang bahkan tidak pernah bisa anda temukan di Blogger dan faktanya fitur ini sangat berguna dan bermanfaat jika di Implementasikan.


3. Tidak membuat Visitor turun


Banyak dari calon pengguna Cloudflare yang ragu untuk menggunakan Cloudflare tersebut di Blogger, alasannya adalah karena takut jika menggunakan Cloudflare maka visitor akan turun dalam sekejap.

Disini saya ingin meluruskan saja, posisi saya saat ini menggunakan Cloudflare di Blog yang anda baca ini dan ketika pemasangan tidak ada Visit yang turun sedikit pun, malahan saya mendapatkan keuntungan lain, yaitu kecepatan Loading Situs yang meningkat tajam.

Selain itu Cloudflare ini hanya berupa DNS perantara yang dalam pengaplikasiannya adalah menggunakan Custom Nameserver yang harus anda ganti di DNS Pointing di Domain situs anda, faktanya mengganti Nameserver tersebut tidak akan mempengaruhi posisi SERP, maka sehingga tidak ada korelasi yang di temukan antara Cloudflare yang akan membuat visitor Blog anda turun seketika, ketika anda telah memasang Cloudflare tersebut, jadi jangan takut saya jamin kok.


4. DNS Tercepat


Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Cloudflare ini hanya berupa perantara DNS saja, dan faktanya DNS Cloudflare adalah yang tercepat di dunia!

Jadi, anda akan menikmati layanan DNS tercepat di dunia dari Cloudflare secara gratis! kalau saya sendiri kenapa tidak! karena saya melihat tidak ada kerugian dalam kasus ini.

Jika ada keuntungan pastinya ada kerugian, berikut adalah kerugian yang bisa di temukan jika anda menggunakan Cloudflare.

Untuk lebih Lengkapnya anda bisa membaca artikel ini Blogger dengan CDN Cloudflare? kenapa tidak!


# Kerugian Cloudflare untuk Blogger


1. IP Address


Inilah yang pertama, jika anda menggunakan Cloudflare sebagai perantara, maka IP Address pengunjung akan ikut berubah, hal ini bisa anda lihat dari Statistik Blogger, jika biasanya Visitor Harian anda banyak Indonesia, maka jika sudah menggunakan Cloudflare, maka Visitor Harian yang pada nyatanya dari Indonesia akan berubah menjadi Singapore.

Tentu saja hal ini hanya berlaku di statistik Blogger saja, untuk Google Analytics sama sekali tidak ada perubahan, untungnya dengan ini adalah jika anda menggunakan Adsense, maka sedikit banyaknya Iklan Singapore yang ber-CPC besar juga ikut masuk, tentu saja pendapatan Adsense anda akan bertambah sedikit dengan hal ini.

Tetapi kebanyakannya hasil Klik yang terjadi di "Decline" sehingga nilai Kliknya bisa jadi 0 Rupiah atau kurang dari 100 Rupiah, itu karena Iklan yang muncul tidak sesuai dengan Geopositions dari pengunjung yang mengklik Iklan dan hal ini cukup sering terjadi, penyebabnya yaitu karena IP Address dari Cloudflare tersebut.


2. Situs Bisa Down


Inilah dampak yang paling besar, karena mekanisme Cloudflare di Blogger adalah seperti ini :

Visitor >> Cloudflare >> Situs

Dan inilah Situs anda jika tidak menggunakan Cloudflare :

Visitor >> Situs

Nah, seperti yang saya sebutkan diatas, jika Cloudflare mengalami Down, otomatis situs anda juga akan ikut kena batunya, karena Cloudflare bertindak sebagai perantara Visitor dan Blog yang bersangkutan.

Sejauh ini di temukan beberapa kali kejadian dimana Cloudflare mengalami gangguan. Namun, hanya berlangsung "Beberapa Detik" saja.

Bedanya dengan anda yang tidak menggunakan Cloudflare, situs yang di Host di Blogger itu pastinya akan tersu Standby dan On Forever, karena sampai saat ini saya tidak pernah melihat sebuah situs yang di Host di Blogger mengalami gangguan hingga tidak bisa di buka.


3. Beberapa Komponen Situs Gagal Loading


Ini adalah efek samping dari penggunaan fitur Rocket Loader yang ada di Cloudflare, fitur ini merupakan Script JS yang akan di Implementasikan ke Blog anda secara otomatis.

Keuntungannya kecepatan Blog anda jelas akan naik drastis. Namun, kekurangannya adalah karena saking cepatnya, beberapa Komponen Blog seperti Komen FB dan Navigasi Next dan Previous di Blog ini "Terkadang" tidak muncul.


4. Menurunkan CTR Adsense pada Iklan Above The Fold (Atas) Mobile


Menurut saya ini masalah yang relatif. Tetapi harus saya sampaikan juga, dengan kalian menggunakan Cloudflare dan melakukan Optimasi seperti Minify CSS, HTML dan JS, lalu menggunakan Rocket Loader juga.

Maka sudah pasti kecepatan Loading Blog anda akan kenceng sekali, metode yang di gunakan seperti ini :

Visitor >> Main Content >> Secondary Content (Ads, Widget, apapun yang berhubungan dengan komponen External)

Sehingga jika anda meletakan Iklan di bagian atas (Above The Fold) yang di Loading paling pertama, maka bisa jadi iklan tersebut tidak di Klik, alasannya adalah Blog akan lebih dulu memuat Konten Blog anda secara menyeluruh, baru akan meload konten External.

Jadi, kesimpulannya adalah CTR iklan Above The Fold Adsense anda akan lebih sedikit di Klik, dengan asumsi Visitor sudah melakukan Scroll ke bawah, sebelum Iklan Adsense tersebut berhasil di Load.

Kalau di saya sendiri? ya, benar mengalami penurunan CTR. Namun, tidak sampai 0.5%, memang kecil, tetapi lumayan terasa.

Untuk iklan yang paling banyak di Klik setelah menggunakan layanan Cloudflare ini adalah malahan Iklan yang berada di akhir paragraf 1 dan Iklan di akhir paragraf.

Dengan demikian, itulah 4 Kekurangan dan 4 Kelebihan dari Cloudflare untuk Blogger itu sendiri, jika anda menggunakan Platform lain seperti Wordpress atau Drupal yang mengharuskan memiliki Hosting sendiri, maka sudah jelas keuntungannya akan lebih banyak.

Meski demikian kekurangannya pun juga kurang lebih sama saja, seperti yang saya jelaskan di atas, kalau saya sendiri, lebih melihat ke posisi keuntungan dari Cloudflare itu sendiri, buktinya sekarang saya sudah merasa lebih percaya diri dengan Blog Ashadin ini.

Karena saya merasa Blog saya ini sudah mampu bersaing, karena saya sudah menggunakan Template terbaik dan juga optimasi sitsu terbaik yang saya lakukan di Cloudflare, jika anda penasaran, lebih baik di coba saja dulu.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact