Blogger dengan CDN Cloudflare? kenapa tidak! - ASHADIN

Saturday, April 13, 2019

Cloudflare Blogger

Blogger dengan CDN Cloudflare? kenapa tidak!

Blogger Cloudflare

Belakangan ini saya baru saja mencoba layanan gratis Cloudflare ke Blog Ashadin ini dan ternyata saya puas menggunakannya, sebelumnya saya memang tidak pernah menggunakan Cloudflare ke Platform Blogger.

Tetapi, saya memang selalu menggunakan Cloudflare untuk situs Wordpress yang saya bangun, tujuannya sama seperti Admin Wordpress lainnya, yaitu untuk meningkatkan Security dan menurunkan konsumsi Bandwith.

Hanya saja saya mendapat fakta lain, ternyata Cloudflare ini bisa juga di buat untuk mempercepat kecepatan Blog berbasis Platform Blogger! dan ini sudah saya buktikan sendiri dan mungkin anda yang mengunjungi Blog saya ini juga merasakannya, perpindahan transisi dari satu halaman ke halaman lain di Load dengan begitu cepat dan bahkan berkali lebih cepat dari sebelum saya menggunakan layanan Cloudflare tersebut.

Perlu di garis bawahi, bahwa Cloudflare untuk Blogger memang tidak begitu banyak membantu, karena Blogger sendiri memiliki Host dan Server yang sudah di tangani oleh Google, jadi anda tidak akan bisa melakukan Optimasi apapun terhadap Srver tersebut.

Tetapi, anda masih bisa menggunakan fitur yang di sediakan Cloudflare seperti Optimasi Template, Cache dan Script untuk mempercepat Load Blog.

Satu hal yang paling saya sukai dari Cloudflare adalah karena jika anda menggunakan Blogger Custom Domain yang sudah SSL (HTTPS) yang anda aktifkan melalui Dashboard Blogger, maka setelah anda menggunakan Cloudflare, maka otomatis anda akan lamgsung berpindah menggunakan SSL Cloudflare.

Dari kacamata saya sendiri, SSL dari Cloudflare lebih baik dari punya Blogger, karena anda mendapat beberapa tambahan Settingan Extra yang tidak bisa di temukan di Blogger.

Saya tidak akan berbicara terkait cara pemasangan Cloudflare di Blog yang berbasis Blogger, karena cara pasangnya sama saja seperti situs kebanyakan, yang perlu anda lakukan adalah hanya membuat akun, lalu mendaftarkan Blog anda, dan ikuti Instruksi yang ada di Cloudflare tersebut.

Lalu, apa saja keuntungan yang paling saya rasakan ketika menggunakan layanan Gratis Cloudflare untuk Blog ini ?


1. Analytics


Ya! ini yang saya sukai pertama, sebelumnya saya hanya mengandalkan Google Analytics untuk melihat statistik perkembangan Blog ini.

Ketika saya sudah menggunakan Cloudflare, maka saya bisa mengetahui lebih banyak terkait performa dari Blog ini, dan informasi statistik yang paling saya sukai adalah terdapat pada Security untuk melihat siapa saja yang mengakses Blog ini dengan spesifikasi Browser atau jaringan yang di larang oleh Cloudflare yang di anggap berbahaya :

Blogger Cloudflare

Lalu saya juga bisa melihat berapa banyak Page Blog saya di Cache, disini dapat kita simpulkan berapa banyak Returning Visitor yang kembali mengunjungi Blog anda, ketika Cache Expires belum hilang, settingan yang saya lakukan untuk Cache Expires pada Blog ini adalah 1 Hari.

Blogger Cloudflare

Terakhir, dengan Cloudflare saya juga bisa melihat kunjungan Unique Visitor yang saya kira tidak kalah hebat dari Google Analytics, namun di kemas dengan tampilan yang lebih simpel.

Blogger Cloudflare

Untuk statistik lainnya, juga di sediakan fitur Bandwith, Request, DNS Queries dan lainnya.


2. SSL


Ini yang sudah saya sebutkan sebelumnya, jika anda menggunakan Cloudflare untuk Blogger, maka anda akan langsung menggunakan SSL dari Cloudflare, seperti ini contohnya :

Blogger Cloudflare

Dan ini ketika anda belum menggunakan Cloudflare :

Blogger Cloudflare

Kenapa saya bilang SSL Cloudflare lebih hebat dari SSL Blogger? itu karena di Cloudflare anda bisa mendapatkan Settingan Extra! ini dia sebagian dari fitur yang di tawarkan.

Blogger Cloudflare

Dengan kesimpulan itu maka harusnya SSL di Cloudflare akan lebih ter-optimasi dari pada SSL yang ada di Blogger.


3. Auto Minify


Inilah salah satu fitur yang sangat hebat dan bisa membuat Blog anda ngacir jika menggunakan Cloudflare, saya juga kurang paham cara kerjanya, tetapi disini Cloudflare akan mencoba melakukan Optimasi CSS, HTML dan JS dengan system yang mereka punya.

Blogger Cloudflare

Hasil akhirnya Load Time Blog anda akan menjadi lebih pendek, artinya Blog anda akan menjadi lebih cepat Loadingnya, dengan adanya fitur ini maka saya kira anda akan mendapatkan banyak dampak Positif dari pada Negatifnya.


4. Rocket Loader


Kalau di lihat, fitur Rocker Loader ini kurang lebih sama saja seperti Script Lazy Load, hanya saja ini di kembangkan oleh Cloudflare, cara kerjanya adalah Script ini akan melakukan Load yang di prioritaskan kepada Template utama atau konten utama Blog.

Blogger Cloudflare

Setelah konten utama selesai Load, maka selanjutnya konten yang lain seperti Iklan, Widget dan Navigasi lain di Load, hal ini tentu saja akan sangat di sukai pengunjung Blog, karena konten yang mereka inginkan di Load lebih awal dan munculnya lebih cepat.

Dibandingkan jika tidak menggunakan fitur ini, maka harusnya suatu Blog itu akan selesai Loading jika semua Komponen Blog sudah di Load dan tentu saja akan memakan waktu yang lebih banyak.

Jadi, dengan adanya fitur ini, optimasi kecepatan di Blog bisa anda lakukan dengan sangat mudah, hanya dengan sekali Klik, maka Blog anda akan ngacir!.


5. Gratis!


Ya! ini yang membuat saya lebih senang, karena ke-4 layanan diatas bisa anda nikmati secara Gratis dan setau saya tidak ada layanan Gratis seperti ini yang di sediakan oleh pihak lain, tentu saja anda masih bisa menikmati layanan berbayar di Cloudflare dengan fitur yang lebih Advance, hanya saja jika anda menggunakan Blogger, maka saya kira layanan Gratis sudah lebih dari cukup.

Blogger Cloudflare


Saya kira ke-4 hal diatas merupakan hal yang paling saya sukai ketika menggunakan Cloudflare tersebut, memang tidak sehebat penggunaan terhadap platform seperti Wordpress, tetapi nyatanya Cloudflare ini tetap akan sangat membantu untuk para user platform Blogger.

Perlu saya tekankan, disini yang saya jelaskan adalah penggunaan Cloudflare untuk Blogger Custom Domain, untuk yang menggunakan Blogspot, saya kira cara diatas tidak bisa di aplikasikan.

Untuk saya pribadi, saya sangan menyukai Cloudflare ini, meski sampai sekarang belum terlihat keuntungan lain, seperti peningkatan visitor secara signifikan, tetap saja saya menyukainya, paling tidak Cloudflare ini bisa lebih mempercepat Loading Blog saya dan tidak membuat Blog saya turun visitnya ketika sudah menggunakan Cloudflare tersebut, itu sudah lebih dari cukup untuk saya, lalu anda?

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact