Berapa sih rata-rata harga klik CPC / BPK Adsense Indonesia sekarang? - ASHADIN

Wednesday, April 17, 2019

CPC / BPK Adsense Indonesia Tahun 2019

Berapa sih rata-rata harga klik CPC / BPK Adsense Indonesia sekarang?

CPC / BPK Adsense Indonesia Tahun 2019

Hal ini memang bukan menjadi rahasia lagi, bahwa harga Klik Iklan Adsense dan jaringan Iklan lain untuk kawasan Asia memang rendah dan parahnya lagi Indonesia masuk ke jajaran peringkat terbawah dengan nilai Klik yang begitu kecil.

Seperti yang anda ketahui harga Klik Iklan kita di Indonesia kalah dari Malaysia apalagi Singapore, maka dengan demikian solusi untuk mengatasi hal ini adalah anda harus banyak mendapatkan Visitor atau sekalian menjalankan Blog berbahasa inggris dengan target negara dengan nilai CPC / BPK yang besar seperti Inggris dan lainnya.

Beruntungnya, jika anda membuat sebuah Blog berbahasa Indonesia, maka anda tidak akan kesulitan untuk mencari Visitor, karena kebanyakan Blog Indonesia yang di jalankan dengan "Benar" maka pasti akan mendatangkan Visitor dan lambat laun akan semakin banyak Visitornya.

Yang menjadi permasalahan adalah harga Klik Iklan Adsense yang seperti anda ketahui sudah kecil dan sekarang malah di perkecil lagi.

Untuk alasan ini dan kenapa bisa terjadi sudah saya kupas secara detail dan jelas pada artikel ini CPC / BPK Adsense di Tahun 2019 sangat kecil? ini penyebabnya!.


Lalu sebenarnya berapa sih harga rata-rata CPC / BPK Adsense di Indonesia ?


Maka jawabannya adalah relatif! kita tidak bisa tahu angka pastinya, karena setiap topik Blog akan menghasilkan nilai CPC / BPK yang berbeda, tetapi disini kita bisa hitung rata-ratanya.

Data ini saya dapat melalui statistik perhitungan rata-rata akun Adsense saya dalam beberapa Blog, ada yang bersifat Micro Niche dan General Niche, hasilnya? kurang lebih sama saja.

Maka dengan demikian, jika sebelumnya anda berpikir bahwa menjalankan sebuah Blog dengan fokus ke satu pembahasan saja, seperti Teknologi, maka CPC akan cenderung besar dari pada Blog yang membahas banyak hal seperti Blog Ashadin ini.

Jika memang demikian, saya pastikan anda salah besar, karena dari data yang saya himpun, hasilnya tidak seperti itu dan kalau saya boleh jujur, nilai Klik CPC / BPK-nya sama saja! inilah faktanya.


Lalu, berapa kira-kira Nilai CPC / BPK Adsense Indonesia sekarang ?


CPC / BPK Adsense Indonesia Tahun 2019

Maka jawabannya adalah sebagai berikut :

$0.02 - $0.04 untuk akun dengan jenis mata uang USD

Rp.100 - Rp.500 untuk akun jenis mata uang IDR

Kecil bukan? ya! memang inilah fakta yang tidak bisa anda hindari, saya kira rata-rata CPC / BPK Adsense yang saya sebutkan diatas akan banyak di setujui oleh Webmaster lain, karena memang segitu nilainya.

Apakah turun nilai CPC / BPK-nya dari tahun lalu? kalau untuk saya pribadi maka jawabannya adalah Iya! saya mengalami penurunan nilai CPC / BPK sebanyak 40%-60%, artinya pendapatan saya bulan ini lebih kecil dari bulan di tahun sebelumnya.

Inilah yang menjadi problematika para Publisher Indonesia sekarang ini, hal ini tidak di rasakan oleh kita saja. Namun, seluruh Publisher di Indonesia!.

Kalau rata-rata CPC / BPK Blog Bule sekarang berapa Nilainya? dalam kasus saya yang memiliki satu buah Blog berbahasa Inggris dengan Visitor belum sampai 1000 dan kebanyakan Visitor datang dari United States dan India, maka rata-rata CPC/ BPK yang saya dapatkan adalah sebagai berikut :

$0.18 - $0.35 dengan jenis akun Adsense USD

Apakah mengecil? iya sudah pasti, karena biasanya harga CPC / BPK yang datang dari Negara Premium seperti United States itu bisa mencapai $4 sekali klik, saya kira masalah ini adalah sebagian dampak dari peraturan EU yang baru saja di terapkan oleh Google Adsense.

Sekali lagi, ini adalah nilai Statistik yang di hitung secara rata-rata saja, pada kenyataannya Nilai Klik CPC / BPK Indonesia ada yang bisa mencapai $0.20. Namun, akan sangat jarang terjadi, kebanyakannya adalah pada angka $0.01 dan $0.02.

Jika anda seorang Blogger baru dan baru menggunakan Adsense, maka anda tidak harus heran dan panik dan beranggapan ada yang aneh dengan akun Adsense anda, karena faktanya memang demikian.

Sekarang ini nilai CPC / BPK antara Blog Gado-Gado dan Blog dengan pembahasan satu Topik tidak ada bedanya, buktinya di Blog Ashadin yang membahas apapun yang ingin saya bahas dan dengan salah satu Blog saya yang membahas masalah Teknologi Smartphone Android saja, maka Nilai Klik-nya tidak jauh berbeda.

Untuk jenis Iklannya sendiri pun juga cenderung berbeda saat ini, jika dulu pada sebuah Blog Teknologi, maka Iklan yang muncul hanya akan berbau Teknologi saja, maka sekarang tidak lagi, Iklan Kesehatan, Keuangan, Pakaian dan lainnya juga ikut muncul.

Hanya saja dalam Porsi yang lebih sedikit dari pada Iklan berjenis Teknologi, dengan demikian saya mendapatkan kesimpulan sebagai berikut :


# Kesimpulan Kasus


  • Iklan Adsense akan menyesuaikan ke Konten bukan ke Tema Utama Blog, jika tema Blog anda kesehatan, tetapi dalam satu artikel anda membahas terkait masalah Investasi uang, maka dalam Artikel terkait Investasi uang tersebut iklan Adsense yang muncul kebanyakan tentang keuangan, maka dengan demikian disini peran Blog Gado-Gado lebih besar untuk mendatangkan keuntungan.
  • Ikan Adsense kebanyakannya "Tidak Relevan", seperti yang saya jelaskan diatas, Artikel Teknologi tetapi Iklan yang muncul masalah lain, seperti Kesehatan dan lainnya.
  • Penentuan Harga CPC / BPK iklan Adsense masih menggunakan Sistem Relevansi Iklan, dimana jika Iklan yang terklik adalah Iklan Teknologi yang muncul di dalam Artikel yang membahas Teknologi, maka Nilainya akan cenderung besar, namun jika Iklan yang di Klik tidak Relevan maka bisa jadi tidak ada harganya.
  • Terjadi Penurunan Kapasitas Inventory Iklan yang itu-itu saja.
  • Pemain besar atau perusahaan besar sudah jarang terlihat.

Maka dengan ke-5 kesimpulan diatas anda sudah bisa tahu, berapa harga rata-rata Iklan Adsense sekarang dan kenapa Harga Iklan Adsense di Indonesia semakin kecil dan semakin kecil setiap harinya.

Selain itu ada beberapa Faktor juga yang mempengaruhi yang sudah saya jelaskan sedikit dalam artikel ini Faktor kenapa Biaya Per Klik (BPK) Adsense bisa menjadi rendah atau kecil.

Dengan demikian jangan pernah bermimpi untuk mendapatkan pendapatan besar dari Adsense berbasis Blog jika anda belum bisa mendatangkan banyak Visitor, karena Harga Iklan di Indonesia makin kecil, maka tidak ada cara lain lagi, selain mendatangkan banyak iklan dengan memproduksi banyak konten setiap harinya.

Jika Visitor anda sudah banyak dan jumlah Klik anda sehari sudah mencapai Ribuan, maka CPC kecil harusnya tidak menjadi masalah, maka target utama yang harus anda penuhi adalah perbanyak Visitor dengan Asumsi akan terjadi banyak Klik, maka disini baru anda bisa menikmati hasil dari pendapatan Adsense anda, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact