Inilah perubahan di Blog (SEO) yang akan terjadi selama Bulan Puasa / Ramadhan Tahun 2019 - ASHADIN

Wednesday, April 17, 2019

Dampak Negatif dan Positif Bulan Ramadhan untuk SEO Blog

Inilah perubahan di Blog (SEO) yang akan terjadi selama Bulan Puasa / Ramadhan Tahun 2019

Dampak Negatif dan Positif Bulan Ramadhan untuk SEO Blog

Setiap umat muslim pasti selalu akan menjumpai Bulan nan suci di setiap tahunnya dan anda sebagai umat muslim, termasuk saya sendiri wajib untuk menunaikan ibadah Puasa tersebut, karena di dalam bualn itu ada banyak sekali pahala kebaikan yang di limpahkan.

Maka, jangan heran di bulan puasa tahun ini akan ada banyak perubahan dalam diri masing-masing orang, karena di bulan ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk mendisiplinkan diri dan melakukan intropeksi diri sebaik mungkin.

Setiap orang pasti akan berubah lambat laun, dan harus berubah sebenarnya, karena usia kita yang terbatas, momentum seperti ini memang harus kita lewati dan anda bisa, termasuk saya bisa memulainya pada Bulan Ramadhan tahun ini.

Bagi seorang Blogger, moment bulan Ramadhan ini tidak bisa di lewatkan begitu saja, karena ada 1 Bulan penuh yang bisa anda manfaatkan untuk bisa melakukan Optimasi konten Blog, jadi Moment Ramadhan memang sangat-sangat mempengaruhi sepak terjang Blog anda kedepannya.

Dalam Bulan Puasa sendiri, ada beberapa perubahan yang terjadi di dunia Blogging, sifatnya bisa berdampak Positif bagi anda yang bisa mengikuti Momentumnya, dan anda bisa juga mendapat Dampak Negatif, karena strategi yang anda lancarkan tanpa manuver dan terkesan itu-itu saja atau dalam kata lain Monoton.

Beberapa perubahan di dalam Bulan Ramadhan ini akan berdampak ke-3 hal utama ini, yaitu adalah sebagai berikut :


1. Tingkah Laku Visitor


Jika sebelumnya anda bisa mendatangkan banyak Visitor di jam-jam tertentu seperti siang hari dan malam hari menuju tengah malam, maka di Bulan Ramadhan ini akan ada perubahan dan ini pasti akan terjadi, kerna di Tahun sebelum-sebelumnya saya amati memang terjadi demikian.

Di Bulan Puasa maka Jam kunjungan Visitor akan berubah, seperti sebagai berikut :


  • Jam kunjungan paling banyak terjadi adalah saat siang menuju sore hari, lalu berlanjut pada malam hari menuju tengah malam dan sehabis makan sahur.
  • Jam kunjungan paling sedikit adalah saat pagi hari kira-kira jam 6 hingga sampai jam 9 pagi, lalu di saat jam berbuka puasa dan saat menunaikan ibadah sholat tarawih.
  • Trafik akan berubah dan cenderung turun saat mendekati lebaran dan akan berangsur membaik saat setelah lebaran.

Jika anda mendapatkan dampak negatif, maka jangan heran anda akan mengalami sedikit penurunan Visitor, karena tingkah laku Visitor yang memang sedikit berubah pada saat Bulan Ramadhan berlangsung dan akan menjadi lebih sedikit lagi saat mendekati lebaran, saat lebaran dan beberapa hari sesuah lebaran.

Jika anda mengalami hal serupa yaitu terkena Dampak Negatif, maka anda tidak harus panik, karena itu memang wajar terjadi, jika memang anda tidak ingin terkena Dampak Negatif karena Bulan Ramadhan, maka anda harus memperbaiki Konten anda dan sesuaikan dengan Trend bertema Islami dan tentu saja bertopik terkait Ramadhan.


2. Harga Iklan (CPC/BPK)


Dalam kasus ini saya menggunakan Adsense, jika sama seperti Bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, maka anda akan mendapatkan sedikit tambahan pendapatan dari Iklan di Bulan yang Suci tersebut.

Selain itu anda juga bisa mendatangkan sedikit lebih banyak jumlah Klik (CTR) dari pada Bulan yang lain, karena seperti yang saya sebutkan diatas, pada waktu sahur hingga menjelang sholat subuh, traffic Blog anda akan meningkat dan disini akan terjadi potensi kenaikan Klik yang lumayan.

Selain itu harga unit iklan juga akan meningkat, karena moment Bulan Ramadhan ini juga akan di manfaatkan oleh banyak Advertiser dengan kesimpulan, semakin banyak Inventory Iklan maka akan semakin tinggi tingkat Persaingan Bid Iklan, jadi Iklan dengan Mutu dan Harga yang tinggi-tinggi saja yang muncul.


3. Konten Artikel


Dalam Bulan Ramadhan biasanya akan terjadi sedikit penurunan terkait pencarian terhadap beberapa topik tertentu, karena biasanya beberapa orang lebih memprioritaskan untuk mencari artikel yang bersifaf tentang Bulan Ramadhan.

Tidak melulu soal amalan Ramadhan dan sebagainya, tetapi jika kita lihat dari tingkah laku Masyarakat, mereka akan lebih banyak mencari terkait Jadwal Sholat, Waktu Buka dan Waktu Imsak di Bulan Ramadhan.

Selanjutnya, bagi mereka yang sudak berbelanja dan suka Traveling, mereka juga akan banyak mencari Informasi terkait Diskon perjalanan dan pembelian yang di gelar di Bulan Ramadhan tersebut.

Satu hal lagi yang saya amati adalah topik di luar pembahasan Ramadhan yang paling kuat dari yang lainnya adalah Topik bertemakan tentang Tutorial dan kalau dari analisis saya, kebanyakan terkait Tutorial Gadget dan Smartphone.

Jika anda ingin melakukan Optimasi Konten dan cara mengatasi Momentum sekali setahun ini guna untuk mendapatkan Dampak Positif dari Bulan Ramadhan, maka anda bisa membaca Tips yang sudah saya buat pada artikel ini Persiapan yang harus di lakukan untuk memperbanyak Visitor di bulan Puasa Tahun 2019.

Dengan demikian ke-3 hal diatas adalah hal yang akan terjadi di Bulan Ramadhan dan ini selalu terjadi, maka dari itu jika anda adalah seorang Blogger baru dan masih minim pengalaman, maka artikel ini bisa menjadi referensi dan rujukan anda untuk menggambarkan situasi dunia Blogging pada Bulan Ramadhan.

Anda tidak mesti mengikuti Trend, tetapi jika memang anda ingin mendapatkan Extra Visitor dan Extra pendapatan, maka mau tidak mau anda harus mengikuti dan mengatasi perubahan yang akan terjadi di Bulan Ramadhan Tahun ini.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact