√ 4 Cara mempercepat Index artikel Blog di zaman sekarang - ASHADIN

Saturday, March 16, 2019

Percepat Index Artikel Blog di Google

√ 4 Cara mempercepat Index artikel Blog di zaman sekarang

Percepat Index Artikel Blog di Google Search

Semua Blogger pasti ingin artikel yang telah mereka buat di Index cepat oleh Search Engine seperti Google, memang bukan tanpa alasan, karena jika artikel tersebut cepat ter-Index maka akan besar juga kemungkinan artikel anda mendapat banyak pengunjung.

Apalagi jika artikel yang anda buat merupakan sebuah artikel Viral ataupun Trending, pasti saja hal paling utama yang di butuhkan adalah cepatnya Index yang di lakukan oleh pihak Search Engine.

Karena jika sudah di Index di Search Engine, maka anda akan mendapatkan benefit lebih yaitu kunjungan bertype Organic yang tentu saja akan berkali lipat lebih baik dari pada kunjungan bertype Direct seperti Social Media.

Secara umum kita tidak akan pernah tahu kapan pastinya artikel kita akan di Index oleh mesin pencari, dalam kasus ini kita hanya akan membahas Search Engine Goolge saja.

Umumnya sebuah artikel itu akan di Index bisa kurang dari 1 Jam hingga 1-2 hari, begitu harusnya normalnya, jika Blog anda populer harusnya dalam hitungan Jam pasti artikel anda sudah di Index oleh mesin pencari.

Tetapi, jika Blog anda baru dan visitornya masih sedikit, maka bisa jadi proses Index-nya membutuhkan sekitar 2-3 hari masa kerja, karena memang robot Google jarang mengunjungi Blog yang anda miliki.

Tetapi, disini saya mempunyai beberapa cara yang pasti akan mempercepat proses Index di Blog yang anda miliki, tenang saja cara ini sudah saya lakukan sejak lama dan selalu saya terapkan ketika saya membangun sebuah Website baru.


Berikut adalah cara yang saya lakukan :




1. Setting Crawl Rate.


Fitur ini ada di Google Webmaster Tool yang lama dan nampaknya masih belum ada di versi Google Webmaster Tool baru, fitur ini sangat menarik bagi saya, karena kita bisa mengubah settingan Robot Google yang akan bertamu ke Blog yang anda miliki.

Tetapi perhatikan pula, jika anda menggunakan Hosting yang memang Entry-level jangan di settings maksimal, karena bisa jadi akan melambankan proses Loading Blog.

Namun, jika anda menggunakan Hosting dari Blogger, saya kira tidak ada masalah menggunakan Settingan maksimal, karena Hosting gratis dari Blogger itu memang benar-benar kencang dan tahan banting.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat tutorialnya pada artikel ini Cara Setting Crawl Rate di Google Webmaster Tool.


2. Lakukan Fetch As Google atau URL Inspections


Ini adalah cara instan jika anda ingin artikel anda langsung di Index di halaman pencarian Google, cara ini memang sangat bisa di andalkan dalam beberapa kondisi, misalkan anda sedang mengerjakan proyek Guest Blog atau semacamnya.

Maka, fitur ini akan sangat berguna untuk anda, karena artikel yang anda buat bisa di Index dalam hitungan detik.

Hanya saja jangan lakukan setiap hari dengan periode yang tergolong sering, karena bisa jadi Blog anda di Cap SPAM, karena kalau saya lihat tipe Index seperti ini tidak natural.

Untuk bisa melakukan cara ini anda bisa menggunakan fitur Fetch As Google di Webmaster Tool lama dan URL Inspections di versi Google Webmaster Tool baru.


3. Share ke Social Media


Salah satu langkah agar Blog anda cepat di Index adalah dengan melakukan Share ke Social Media, maksud saya disini bukan hanya sekedar Share saja, tetapi pastikan URL yang anda share itu ada Engagement-nya.

Jika URL yang anda share di Social Media banyak di kunjungi, maka dalam waktu dekat percaya saja maka artikel yang telah anda buat akan muncul di halaman Google Search.

Saya selalu melakukan hal ini, ketika saya tengah membangun sebuah Website baru, karena dari Social Media, maka anda akan mendapatkan posisi yang bagus di perankingan Google Search.

Asalkan Visitor dari Social Media tersebut tertarget, selanjutnya ada interaksi yang terjadi di dalam artikel yang telah di buat dan tentu saja anda tidak melakukan Share ke Social Media dengan teknik SPAM, karena cara ini pasti ujung-ujungnya buntung.


4. Rajin Update Artikel


Hal ini memang sudah pasti di ketahui banyak Blogger pemula maupun yang sudah ahli, dengan anda melakukan Update Artikel rutin setiap hari, misalnya 2-5 Artikel setiap hari, maka bukan hanya visitor anda akan meningkat.

Melainkan Robot Google juga akan sering mengunjungi Blog yang anda kelola, alasannya cukup sederhana, semakin sering anda melakukan Update Artikel maka akan semakin sering juga Robot Google mengunjungi Blog anda, maka sebagai hasil akhirnya proses Index akan menjadi lebih cepat.

Maka dengan demikian, melakukan Update Artikel secara rutin itu pasti selalu berdampak Positif, coba anda bandingkan saja Blog yang jarang Update Artikel dan yang sering Update Artikel, sudah pasti yang Update Artikel rutin akan menang, karena akan terus berkembang.


5. Bangun Backlink ke situs yang memiliki banyak visitor


Ini juga merupakan salah satu faktor yang bisa membuat konten Blog anda cepat dalam proses Index-nya, mudahnya begini, jika anda menanamkan Backlink pada Blog besar dengan jumlah visitor yang banyak, maka secara langsung Blog anda juga akan terkena dampak positifnya.

Alasannya adalah karena Robot Google itu akan menjalar kesemua Link yang bisa di tuju, dalam kasus ini Backlink harus bersifat Dofollow.

Hanya saja untuk membangun Backlink seperti itu tidak mudah, ada kalanya anda harus keluar uang ratusan ribu hanya untuk menanamkan Backlink saja.

Jika anda ingin gratis, seperti yang selalu saya lakukan, ngeBlog cuma modal dengkul, maka anda harus membuat artikel yang benar-benar unik dan hebat, karena jika artikel tersebut memang Informatif.

Maka, sudah pasti Blog anda akan di referensikan di beberapa Blog dan anda tidak perlu keluar uang sama sekali dalam kasus ini, hanya saja tantangannya adalah membuat sebuah Konten yang berkualitas itu sulit dan tidak mudah.

Nah, ke-5 hal diatas selalu saya lakukan ketika membangun sebuah Blog dan hingga sekarang pun masih tetap saya lakukan, meski tidak sesering ketika baru membangun sebuah Blog.

Sehingga jika anda para Blogger pemula, maka bisa saja mengikuti apa yang sudah saya sebutkan diatas, karena cara yang saya sampaikan diatas, selalu berbuah manis untuk saya pribadi, tetapi semua itu tidak akan bisa berhasil jika anda tidak bisa konsisten.

Karena menjadi seorang Blogger sukses itu selalu membutuhkan proses yang tidak singkat, maka di rentang waktu proses tersebut, perbanyak pelajari Ilmu dalam dunia Blogging, seperti yang saya dijelaskan diatas, itu adalah salah satu ilmu yang sangat bermanfaat dan tidak ada ruginya untuk di lakukan.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact