URL Inspection pengganti Fetch As Google di Webmaster Tool versi baru agar cepat Index Artikel - ASHADIN

Saturday, March 9, 2019

Cara Menggunakan URL Inspection Webmaster Tool

URL Inspection pengganti Fetch As Google di Webmaster Tool versi baru agar cepat Index Artikel

Cara cepat Index artikel dengan URL Inspection

Sejak pertengahan tahun 2017 lalu, Google memang sudah mengumumkan bahwa mereka akan segera melakukan Migrasi dari Tool Webmaster mereka yang lama, ke tampilan dan fitur Google Webmaster baru yang sudah bisa kita nikmati sekarang ini.

Namun demikian, nampaknya pada versi Webmaster Tool baru dari Google ini masih belum memiliki fitur yang lengkap, seperti Webmaster Tool Google yang lama, hanya saja untuk fitur penting seperti Report, Index, Coverage dan Link semuanya sudah bisa anda nikmati Live Reportnya melalui antar muka Google Webmaster Tool terbaru sekarang ini.

Jika di Webmaster Tool lama anda akan menemukan sebuah fitur menarik yaitu Fecth As Google yang mempunyai fungsi untuk membaca dan merender Structure Template Blog anda beserta kontennya, maka pada versi Google Webmaster Tool terbaru, fitur Fecth As Google di tiadakan.

Meski demikian, hanya nama dari fitur tersebut saja yang di tiadakan atau lebih tepatnya di ganti dengan URL Inspection.

Secara teori fitur URL Inspection sama seperti fitur Fetch As Google di versi Google Webmaster Tool yang lama, pada fitur URL Inspection ini anda juga bisa melakukan Index secara Direct, yaitu dengan menyutuh Google untuk meng-Index artikel yang sudah anda Publish sekarang juga.

Maka dengan demikian harusnya tidak ada perbedaan dari fitur Fetch As Google lama dan di perbaharui pada fitur URL Inspection tersebut, bedanya pada fitur URL Inspection baru ini anda bisa mendapati informasi, terkait jenis Crawler mana yang di gunakan Google.

Apakah menggunakan Googlebot Desktop atau Googlebot Smartphone (Mobile First Indexing), secara umum informasi yang di berikan oleh fitur URL Inspection ini lebih lengkap dan anda juga bisa mengetahui apakah Page Artikel Anda Mobile Friendly atau tidak, tetapi dengan syarat Artikel anda harus sudah ter-Index sebelumnya di Google Search.


Lalu bagaimana cara melakukan Direct Index pada Google Webmaster Tool terbaru? berikut adalah cara yang bisa anda lakukan :


1. Silahkan buka Google Webmaster Tool versi terbaru dan pilih Property Web anda.
2. Jika sudah siapkan Link URL Artikel secara penuh.
3. Lalu pilih Menu URL Inspection.

Cara cepat Index artikel dengan URL Inspection

4. Silahkan Paste saja Link URL Blog anda pada kotak yang sudah di sediakan dan tekan Enter.

Cara cepat Index artikel dengan URL Inspection

5. Maka akan muncul Informasi seperti ini :

Cara cepat Index artikel dengan URL Inspection

6. Pada informasi tersebut sudah secara jelas di tuliskan bahwa Artikel anda belum di Index atau belum Live di Google Search, selain itu jika pada bagian Fetch bertuliskan Successful artinya Page Artikel anda bisa di baca Robot Google dengan baik dan jika pada bagian Index Allowed : Yes, maka tinggal menunggu waktu saja lagi Artikel anda Live di halaman Google Pencarian.
7. Jika anda tidak sabar agar artikel anda bisa dengan cepat ter-Index, maka langsung saja gunakan fitur Direct Indexing dengan menekan opsi Request Indexing.

Cara cepat Index artikel dengan URL Inspection

8. Tunggu beberapa saat, prosesnya bisa memakan waktu sampai 1 hingga 2 Menit.

Cara cepat Index artikel dengan URL Inspection

9. Jika sudah selesai, maka akan muncul Notifikasi seperti ini.

Cara cepat Index artikel dengan URL Inspection

10. Tunggu saja harusnya kurang dari 1 jam artikel anda sudah bisa Live di Google Search, seperti ini contohnya.

Cara cepat Index artikel dengan URL Inspection

11. Done!

Cara ini akan sangat berguna bagi anda yang ingin segera mendapati artikel anda Ter-Index di halaman Google Search, umumnya teknik ini banyak di gunakan oleh para pemain Guest Blog agar artikel yang sudah mereka Publish di bayarkan oleh pihak kontraktor, saya pun sering menggunakan cara ini agar uang hasil kerja sama cepat cair.

Selain itu ada manfaat besar di balik fitur ini yaitu, semakin cepat artikel anda di Index dan masuk di halaman Google Search maka akan semakin besar pula kemungkinan anda mendapatkan tambahan Visitor harian.

Karena hal pertama jika anda ingin mendapatkan banyak kunjungan dari Organic Search, maka salah satu syarat paling utamanya adalah artikel anda harus sudah Indexed dengan baik di Search Engine.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact