Sabtu, 07 Juli 2018

Manfaat mengganti Crawl Rate di Google Webmaster Tool

Manfaat mengganti Crawl Rate di Google Webmaster Tool

Manfaat mengganti Crawl Rate di Google Webmaster Tool

Pasti masih sedikit di antara kalian semua yang tahu akan adanya fitur ini di dashboard Google Webmaster Tool, memang pada kenyataannya fitur ini seakan tersembunyi, tetapi masih tetap bisa kalian akses dengan mudah di pengaturan halaman dashboard Webmaster tersebut.

Secara garis besar fitur ini akan menjadi sangat penting untuk kalian setting secara mandiri, jika blog kalian sedang mengalami perubahan besar dan kalian ingin cepat untuk mendapat report dari hasil Google Bot terhadap performa Blog yang kalian jalankan.

Manfaat mengganti Crawl Rate di Google Webmaster Tool


Jika kalian berniat untuk menggunakan Custom Crawl Rate tersebut, anda bisa akses menu tersebut di dengan menekan tombol "Roda Gigi" selanjutnya memilih opsi Site Settings, pada halaman tersebut anda akan melihat adanya pengaturan Crawl Rate yang tersetting secara default.


Pada tahap ini anda sudah bisa melakukan Custom Crawl Rate, jika anda memilih angka yang paling besar dengan menggeserkan slider ke sebelah kanan, maka secara pasti Google Bot akan sering berkunjung ke Blog kalian, tetapi ada aturan khusus yang harus anda ikuti jika ingin menggunakan Custom Crawl Rate tersebut :

1. Jangan pernah melakukan Setting ke tingkat paling rendah, karena hal ini akan berdampak sangat buruk untuk Blog anda di mata Google Search.
2. Jangan Setting ke tingkatan paling tinggi jika tidak ingin Blog anda menjadi lamban, hal ini hanya berlaku bagi yang menggunakan Self Hosting, kalau Blogger yang sudah di Hosting langsung dari Google, maka tidak masalah menyetting ketingkat yang paling tinggi.

Rekomendasi dari saya sebaiknya gunakan settingan di angka 1 saja, karena dengan ini hampir setiap detik Google Bot akan mengunjungi Blog yang kalian miliki, jika lebih dari angka 1, kemungkinan Blog kalian akan lamban ketika di kunjungi visitor.


Ada beberapa kondisi yang sebenarnya wajib untuk menggunakan Custom Crawl Rate tersebut dan itu adalah saat :

1. Kalian beralih menggunakan Custom Domian dari Sub Domain Blogger.
2. Kalian berpindah Hosting atau mengganti banyak Permalink URL.
3. Kalian mengganti Themes Blog kalian.
4. Kalian baru saja melakukan Redirect dari Domain lama ke Domain baru.

Keuntungan apa yang di dapat dari Custom Crawl Rate tersebut? tentu seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, yaitu adalah Google Bot akan sering mengunjungi Blog anda dan secara cepat anda akan melihat report terkait URL mana yang broken, not found atau bahkan Blocked.

Dari sisi SEO bagaimana? tidak ada pengaruhnya sama sekali, menaikan Crawl Rate setinggi-tingginya tidak akan membuat Blog kalian naik Ranking, maka dari itu Tool ini hanya di gunakan dalam kondisi tertentu saja, selanjutnya Crawl Rate ini juga berbatas waktu dalam beberapa bulan, jika waktunya sudah habis maka settingan akan kembali ke deffault.

Untuk bisa melihat Performa dari Google Bot tersebut, anda bisa melihatnya pada menu Crawl>>Crawl Stat, harusnya disini anda sudah bisa melihat bahwa saat ini Google Bot sudah sangat sering mengunjungi Blog kalian.


Terakhir, jika memang di temukan Error Segera di perbaiki dan faktanya Tool ini memang sangat membantu dari segi waktu untuk mengetahui hal error apa saja yang terjadi saat kalian melakukan peralihan dari kondisi tertentu.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact