logo

Sabtu, 07 Juli 2018

Keuntungan menggunakan fitur Fetch as Google untuk mempercepat Index dan Crawl Blog

Keuntungan menggunakan fitur Fetch as Google untuk mempercepat Index dan Crawl Blog

Keuntungan menggunakan fitur Fetch as Google untuk mempercepat Index dan Crawl Blog

Bagi semua Blogger hal besar yang di inginkan selain mendapatkan popularitas dan penghasilan yang besar adalah kemungkinan Index artikel yang cepat muncul di Google Search, dengan cepatnya artikel ter-index maka besar kemungkinan konten yang anda buat akan langsung bisa di cari oleh orang yang memerlukan.

Lalu, pertanyaannya apakah ada fitur seperti itu saat ini? jawabannya sudah pasti ada! dan itu kepunyaan Google secara langsung, umumnya fitur ini bisa anda akses di Google Webmaster Tool dengan masuk ke menu Crawl>>Fetch as Google.

Keuntungan menggunakan fitur Fetch as Google untuk mempercepat Index dan Crawl Blog


Pada halaman ini silahkan anda copy URL yang ingin kalian Index atau untuk di Index ulang dengan cara mengambil bagian ekor Permalinknya saja seperti ini :


Selanjutnya Copykan URL tersebut ke Form yang sudah di sedikan seperti ini :


Pada tahap ini anda akan melihat 2 buah opsi apakah itu hanya akan melakukan Fetch (melihat) struktur HTML dan CSS saja atau Fetch and Render (Melihat sekaligus di gambarkan), untuk opsi ini silahkan anda sesuaikan sendiri karena hasilnya akan sama saja.

Jika kalian sudah memutuskan menggunakan opsi mana yang ingin kalian gunakan, maka harusnya list URL yang telah anda Fetch akan muncul, langkah selanjutnya adalah menekan opsi "Request Indexing".

Maka akan muncul tampilan seperti ini :


Lakukan Verifikasi Human, selanjutnya sesuaikan pilih opsi mana yang akan anda gunakan, apakah anda hanya ingin memberikan perintah Crawl hanya di satu URL tersebut atau memberikan perintah untuk melakukan Crawl beserta link yang juga ikut terkait.


Jika sudah, maka harusnya anda sudah bisa melihat bahwa artikel yang telah kalian buat muncul di hasil pencarian Google.


Beberapa hal yang mesti kalian ketahui terkait fitur ini adalah sebagai beriku :

1. Opsi Crawl only this URL bisa di lakukan berkali-kali dalam sehari
2. Opsi Crawl this URL and its direct links hanya bisa di lakukan 3 kali dalam sehari
3. Jangan sering melakukan Fetch as Google, karena mungkin blog kalian akan di anggap SPAM.

Selain untuk mempercepat Index, teknik Fetch as Google ini juga bisa anda gunakan untuk memberitahu Googel bahwa kalian tengah melakukan update atau perbaikan di Template yang sedang kalian gunakan, dengan demikian Google Bot akan melakukan Crawl ulang untuk mempelajari struktur baru Template yang sedang kalian gunakan saat ini.

Dengan demikian ada banyak manfaat besar yang bisa anda dapat dari fitur sederhana tersebut, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menjadi bijaksana atas kuasa terhadap fitur tersebut, jangan lakukan secara berlebihan yang konon katanya akan sangat berbahaya yang berimbas ke pada kasus deindex karena di anggap SPAM.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact