Panduan penggunaan aplikasi SP Flash Tool untuk melakukan Flash device MediaTek yang baik dan benar! - ASHADIN

Monday, February 18, 2019

Cara pakai SP Flash Tool

Panduan penggunaan aplikasi SP Flash Tool untuk melakukan Flash device MediaTek yang baik dan benar!

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

Anda punya sebuah device bermesin MediaTek bisa itu smartphone atau smartwatch dan anda menemukan device anda bermasalah seperti Bootloop, Brick, Freeze atau sering mengalami Error, maka solusinya anda harus melakukan Flash atau install ulang sekarang juga!

Tenang saja melakukan Flash pada device MediaTek itu gampang saja karena sudah ada Tool khususnya yang di sebut dengan SP Flash Tool, percaya atau tidak aplikasi ini di pastikan mampu melakukan Flashing untuk semua device MediaTek dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Firmware yang ingin di Flash harus tersedia berserta file Scatternya.
2. VCOM Driver MediaTek sudah terinstall di PC yang anda miliki, download DISINI jika belum punya.
3. Kabel USB.
4. Disable Driver Signature Enforcement bisa Permanent atau Temporary (Sementara).
5. Tentu saja device dengan mesin MediaTek itu sendiri.

Ke-5 hal diatas harus anda penuhi terlebih dahulu jika salah satunya tidak anda penuhi, saya yakin 100% anda tidak akan bisa mengikuti tutorial yang akan saya tulis di bawah ini, karena ke-5 hal diatas wajib hukumnya untuk anda penuhi.

Perlu anda ketahui dengan melakukan Flash via SP Flash Tool tersebut semua data anda di Internal Storage akan hilang semua ketika anda memilih Format All, maka dari itu ada 3 buah pilihan yang bisa anda lakukan pada aplikasi SP Flash Tool tersebut yaitu adalah sebagai berikut :

1. Format All + Download (Menghapus dan memperbaharui Firmware)
2. Firmware Upgrade (Tidak akan menghapus data Internal Storgae)
3. Download Only (Akan menghapus data di Internal Storage)

Jika anda sudah paham dan memutuskan ingin menggunakan pilihan yang mana, maka kita akan masuk ke tahap Tutorial cara menggunakan aplikasi SP Flash Tool tersebut untuk melakukan Flashing.

Perlu saya ingatkan, jika masih memungkinkan lakukan Backup semua data di Internal Storage yang anda miliki, namun jika tidak memungkinkan maka anda harus merelakan semua data tersebut, karena jika device anda Bootloop atau Brick maka pilihan Firmware Upgrade tidak bisa anda gunakan, satu-satunya cara adalah dengan memilih opsi Format All + Download.

Baiklah, perhatikan dengan seksama cara melakukan Flashing tersebut, disini saya menganggap anda sudah punya Firmware yang ingin anda Flash dan anda sudah memenuhi ke-5 syarat yang sudah saya sebutkan diatas.

1. Silahkan download dulu aplikasi SP Flash Toolnya DISINI.
2. Jika sudah Extract dan buka aplikasi SP Flash Tool dengan Run As Administrator.

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

3. Selanjutnya silahkan cari Download Agent-nya, biasanya sudah di sertakan dalam folder extratc aplikasi SP Flash Tool tersebut, pilih file yang bernama MTK_AllInOne_DA.bin.

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

4. Selanjutnya yang mesti anda lakukan adalah mengisi kotak File Scatter Loading yang bisa anda temukan di dalam file Firmware yang telah anda donwload dan Extract, seperti ini :

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

5. Tunggi hingga proses Loading Firmware selesai.

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

6. Jika firmware tidak bermasalah dalam artian Corrupt maka harusnya akan muncul seperi ini :

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

7. Langkah selanjutnya adalah memilih tipe Flashing yang anda butuhkan, seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika anda ingin hasil yang bersih dan baik saya sarankan gunakan opsi Format All + Download.

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

8. Tahap selanjutnya adalah dengan menekan button Download, tepat seperti ini :

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

9. Jika sudah silahkan matikan device MediaTek yang anda miliki dan hubungkan ke PC dengan kabel USB, jika sudah terhubung harusnya tahap Flashing sudah bisa berjalan dengan indikasi bar loading akan bergerak pada bagian bawah.

Catatan : Untuk beberapa tipe smartphone MediaTek mengharuskan anda untuk masuk ke Mode Fastboot atau Download dulu baru bisa terbaca pada aplikasi SP Flash Tool, selanjutnya agar bisa terbaca beberapa smartphone MediaTek juga membutuhkan special key, seperti menahan Tombol volume (-) sambil mengkoneksikan smartphone ke PC dengan kabel USB.

Ada juga special key lain, seperti menahan Volume (-) dan Power berbarengan atau bisa juga menahan tombol Volume (+) dan (-) berbarengan dan ada juga yang tidak membutuhkan special key sama sekali, untuk lebih jelasnya silahkan cari di forum terkait yang khusus membahas tipe dari smartphone yang anda gunakan, atau anda bisa mencoba semua cara yang sudah saya sebutkan diatas.

Jika masih saja tidak bisa terkoneksi berarti anda tidak melakukan Disable Driver Signature Enforcement dan VCOM Driver belum terinstall dengan baik di PC Desktop yang anda miliki, rentetan yang benar adalah anda mesti melakukan Disable Driver Signature Enforcement dulu baru menginstall VCOM Driver.

10. Tunggu hingga proses Flashing selesai, pada kondisi ini koneksi dari PC ke Smartphone anda tidak boleh terputus, jika terputus ada kemungkinan device anda tidak akan bisa lagi di Flash karena eMMC-nya rusak dan tentu saja device anda tidak akan bisa hidup normal lagi, jadi saran saya hati-hati pas sudah di kondisi ini.
11. Jika Proses Flashing telah selesai maka akan muncul indikasi Icon Centang besar!

Cara Flash MediaTek dengan SP Flash Tool

12. Silahkan lepas koneksi kabel USB dari PC dan hidupkan device anda secara manual.
13. Done!

Bagaimana? mudah bukan cara kerjanya, sebenarnya siapa saja bisa melakukan Flashing tersebut asal bahan yang di perlukan siap, masalahnya adalah biasanya device MediaTek ini terkendala pada ketersediaan Firmware yang di butuhkan.

Jika tidak tersedia dari Vendor maka sudah pasti anda tidak akan bisa melakukan Flashing karena satu dari yang terpenting adalah Firmware harus tersedia.

Semoga panduan yang sudah saya tulis panjang lebar diatas bisa anda pahami, jika anda yang membingungkan silahkan tanyakan saja, dan terakhir cara diatas bisa anda lakukan ke "SEMUA" device MediaTek tanpa terkecuali asal syarat dan ketentuan yang berlaku sudah anda penuhi.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact