Muncul No Bootable Device di Windows? begini cara mengatasinya - ASHADIN

Saturday, February 16, 2019

Cara Atasi No Bootable Device

Muncul No Bootable Device di Windows? begini cara mengatasinya

Cara atasi No Bootable Device Windows

Beberapa waktu lalu saya di terpa masalah pada Laptop yang saya gunakan dan masalah ini tergolong baru saja saya alami sekali ini, kronologinya adalah ketika Windows sudah melakukan Update dan ketika saya melakukan Booting maka muncul pesan "No Bootable Device".

Pada halaman error ini saya tidak menemukan satu buah pun menu navigasi dan tentu saja membuat saya kebingungan untuk cara mengatasinya, untung saja menu BIOS masih bisa di akses.

Setelah mencari tahu ternyata untuk bisa mengatasi masalah ini sangat gampang sekali dan penyebab terjadinya masalah ini adalah karena saya menggunakan Boot Type Legacy dan bukan UEFI!

Untuk anda ketahui sendiri, Windows yang saya gunakan adalah seri Variant Windows Original dalam paketan pembelian Laptop yang saya beli beberapa waktu silam, sehingga semua settingan yang ada dalam Laptop saya adalah settingan pabrikan semua.

Awalnya lancar-lancar saja, namun setelah melakukan Update Windows maka masalah ini muncul, kemungkinan paling besar adalah karena saya menggunakan Boot Type Legacy, maka dari itu untuk bisa mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah Tipe Boot menjadi UEFI pada menu BIOS dan ini mudah untuk anda lakukan yang bisa anda cari di menu Boot Options.


Selanjutnya agar masalah ini tidak muncul lagi di masa depan, maka anda harus melakukan hal ini  pada PC Windows yang anda miliki :


1. Lakukan Install ulang Windows secara menyeluruh, artinya lakukan Format semua Drive, terkhusus Drive C.
2. Selanjutnya buat Windows Bootable untuk melakukan Install ulang dan buat Boot Option menjadi UEFI, disini saya menggunakan RUFUS sebagai Tool untuk membuat Windows Bootable ke Flash Disk.
3. Jika anda menggunakan Windows 10 saya ingatkan lagi gunkan partisi GPT, jangan MBR karena mungkin saja tidak akan terbaca saat anda ingin melakukan Install Ulang Windows.

Namun, ada konsekuensi yang harus anda hadapi dari hal ini, yaitu adalah hilangnya semua data anda pada Disk Drive, karena anda harus melakukan Format semua data dulu pada Disk Drive.

Sebenarnya anda bisa memformat pada bagian Drive C saja, namun menurut para ahli lebih baik di Format semuanya, agar tidak memunculkan masalah serupa lagi di masa depan.

Dengan melakukan ini saat ini PC Windows saya sudah bisa kembali hidup seperti sediakala, jadi jika anda menemui masalah seperti ini anda tidak harus bingun di buatnya, karena solusi paling mudahnya adalah dengan melakukan Flash Ulang.

Untuk menekan resiko munculnya masalah ini di masa depan, sebaiknya anda melakukan disable pada Windows Update, karena kebanyakan kasus PC Windows menjadi Error kebanyakan gara-gara fitur satu ini.

Namun, semua itu terserah anda saja mau tetap menghidupkan fitur Windows Update atau tidak, tapi satu hal yang pasti jika muncul masalah No Bootable Device, maka solusinya adalah seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact