Bootloop setelah pasang TWRP? begini solusinya - ASHADIN

Saturday, February 16, 2019

Bootloop setelah pasang TWRP? begini solusinya

Bootloop setelah pasang TWRP? begini solusinya

Bootloop setelah pasang TWRP

Satu diantara jenis Custom Recovery yang paling terkenal dan paling luas support serta penggunannya adalah tidak lain dan tidak bukan TWRP, di setiap smartphone Android yang mempunyai sebuah Forum dan di sertai dengan beberapa developers pihak ke-3 pasti paling tidak TWRP ini ada hadir dan di buatkan untuk device tersebut.

Secara umum fungsi dari TWRP tersebut sama saja seperti Recovery Android lainnya, hanya saja yang menari dari TWRP adalah di dukungnya fungsi Touch Screen hingga anda bisa dengan mudah mengganti Themes pada TWRP tersebut.

Selain itu navigasi di dalam TWRP pun cukup mudah dan jelas, sehingga newbie sekali pun tidak akan kesulitan untuk bisa melakukan Navigasi di dalam Mode Recovery TWRP tersebut.

Hanya saja ada satu masalah umum yang sering terjadi setelah memasang TWRP tersebut, yaitu terjadinya Bootloop.

Umumnya masalah ini terjadi pada Android dengan minimal versi Android Marshmallow, untuk kenapa hal ini terjadi saya juga kurang begitu mengerti, hal yang saya pahami adalah adanya crash yang terjadi, sehingga device gagal Booting.

Sebenarnya mengatasi Bootloop yang terjadi setelah pemasangan TWRP ini sangat mudah untuk anda lakukan, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Download file No-verity-opt-encrypt-6.0
2. Letakan di Internal Storage di smartphone Android anda
3. Flash dengan menggunakan TWRP
4. Bootloop tidak akan muncul lagi setelahnya!

Sangat mudah bukan? sebagai catatan khusus jika anda menemukan Bootloop meski sudah mencoba cara diatas, saya sarankan Flash saja lagi sekali File No Verity tersebut dan lihat hasilnya, harusnya tidak akan Bootloop lagi.

Selanjutnya Booting pertama setelah anda melakukan Flashing file No Verity ini akan cukup lama, bisa jadi memakan waktu hingga 15 menit lebih lamanya, jadi bersabarlah dan tunggu saja device Android anda agar bisa Booting dengan sempurna.

Namun, jika masih tetap saja Bootloop setelah anda pasang berulang kali file No Verity tersebut, maka satu kemungkinan yang pasti adalah TWRP tersebut tidak cocok untuk versi Android yang anda gunakan sekarang.

Umumnya pembuatan TWRP ini sepaket dengan kernel, jadi jika source kernelnya menggunakan basis Android 8.0 Oreo dan anda memasang TWRP ini pada Android 9.0 Pie maka sudah pasti akan terjadi Bootloop, karena dari Kernel sendiri sudah tidak compatible.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact