Friday, February 5, 2021

Cara atasi Komputer / Laptop yang tidak bisa mati total setelah Shut Down

Cara atasi masalah PC dan Laptop yang tidak bisa Shut Down dengan sempurna

Komputer atau Laptop memang menjadi sebuah alat yang paling diandalkan oleh banyak orang modern dalam membantu menyelesaikan beragam hal dengan beragam kepentingan didalamnya.

Jika, kita berbicara terkait fakta, maka benar saja Komputer / Laptop tersebut memang menjadi sebuah Perangkat yang hampir wajib ada untuk digunakan oleh banyak kalangan, seperti kalangan pekerja, pelajar hingga pembisnis.

Komputer / Laptop tersebut memang secara khusus didesain agar bisa digunakan untuk kepentingan apapun, itulah hal yang mendasari kenapa kebanyakan orang modern yang ada saat ini, memang tidak bisa terlepas lagi dengan Perangkat Komputer / Laptop tersebut.

Selain handal digunakan untuk membantu mempercepat selesainya pekerjaan, nyatanya Komputer / Laptop tersebut juga memang bisa menjadi sebuah alat atau media hiburan yang sangat mengasikan.

Benar saja, pada Perangkat Komputer / laptop tersebut, tentu anda bisa menikmati beragam hiburan menari, seperti menonton film, browsing, hingga bermain games dalam waktu yang bersamaan, terlenbih semua hal tersebut bisa anda lakukan dengan biaya yang murah atau bahkan bisa jadi tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Namun, betapapun hebatnya fungsi dari Perangkat Komputer / Laptop tersebut, nyatanya seiring berjalannya waktu atau penggunaannya yang tidak tepat, maka lambat laun Perangkat Komputer / Laptop tersebut bisa jadi tidak mengasikan lagi ketika digunakan, kenapa?

Karena sudah jelas, ketika sebuah Perangkat Komputer / Laptop tersebut bermasalah, maka tentu akan menimbulkan efek yang tidak mengenakan, pada beberapa kasus sebuah Perangkat Komputer / laptop yang bermasalah itu nyatanya tidak nyaman sekali digunakan untuk berkerja, apalagi digunakan untuk bermain games misalnya, karena adanya degradasi performa yang signifikan.

Masalahnya pun ada beragam, karena Perangkat Komputer / Laptop tersebut merupakan sebuah Perangkat Elektronik yang complex dan rumit, maka bisa jadi satu kerusakan kecil pada sektor tertentu akan memiliki imbas yang besar pada penggunaannya.

Lebih lanjut lagi, permasalahan yang ada Perangkat Komputer / Laptop tersebut memang tidak serta merta selalu terjadi pada tingkat Hardware saja, melainkan sering kali juga bisa terjadi masalah-masalah pada tingkat Software, misalnya pada OS yang error contohnya.

Sebenarnya, jika kita mengukur tingkat timbulnya permasalahan tersebut, tentu masalah yang muncul akibat Software memang lebih sering terjadi, dari pada permasalahan yang datang dari Hardware.

Kenapa sih, permasalahan pada sektor Software tersebut sering terjadi?


OS Windows Komputer / Laptop sangat rentan bermasalah


Jika, kita berbicara terkait permasalahan Software terlebih kepada bagian OS atau Sistem Operasi yang sangat bermasalah, maka jawabannya sudah pasti OS Windows.

Saya pribadi memang tidak menganggap OS Windows sebagai sebuah OS yang memiliki banyak kekurangan, tetapi karena OS Windows itu memang merajai pasar pada sektor Perangkat Komputer dan Laptop.

Maka, sudah akan ditemui banyak permasalahan pada OS Windows tersebut, rumusnya mudah saja, semakin banyak pengguna dan semakin banyak digunakan pada tipe Hardware yang beraneka ragam, tentu report permasalahan juga akan semakin banyak dan bervariasi.

Itulah kenapa, pihak pengembang dari OS Windows yaitu Microsoft itu selalu saja memberikan Update perbaikan Bugs yang bisa terjadi beberapa dalam kurun waktu satu bulan.

Lalu, kenapa sih OS Windows itu bisa memiliki banyak masalah yang beraneka ragam?

Jawabannya, seperti yang sudah saya sampaikan diatas, namun kalau untuk hal yang lebih teknisnya, maka jawabannya ada pada penggunannya sendiri, maksudnya?

Tidak bisa kita pungkiri, permasalahan yang beraneka ragam tersebut, memang tidak sepenuhnya salah dari OS Windows itu sendiri, tetapi kebanyakan memang diakibatkan oleh penggunannya sendiri.

Contoh misalnya, permasalahan tersebut bisa datang dari beberapa kesalahan penggunannya sendiri, seperti :

  1. OS Windows yang sudah terlalu berat dan terlalu lama dipakai.
  2. OS Windows yang tidak di Install ulang.
  3. OS Windows yang tidak di Update ke versi Patch terbaru.
  4. OS Windows yang terserang Virus.
  5. OS Windows yang digunakan secara tidak benar, artinya batas penggunaan wajar lebih dari pada porsi yang digunakan.

Beberapa permasalahan diatas, memang hanya sebagian kecil saja dari beragam permasalahan yang muncul akibat dari penggunannya sendiri.

Nah, pada pembahasan kali ini, saya akan berfokus kepada salah satu permasalahan yang sering dialami oleh banyak pengguna dari Perangkat Komputer / Laptop berbasis OS Windows tersebut.

Lalu, permasalahan apa?

Yaitu adalah permasalahan PC / Laptop yang tidak bisa mati total, meski sudah dilakukan Shut Down.

Pernah mengalami atau sedang mengalami? maka berikut adalah deteailnya.


Kenapa PC / Laptop tidak bisa mati walau sudah Shut Down?


Jika kalian, bertanya kenapa? maka jawabannya sudah pasti karena OS Windows yang memang sedang mengalami masalah, sehingga Hardware seperti Processor atau Motherboard tidak bisa mengeksekusi perintah dengan benar dan tepat.

Jika permasalahan ini anda biarkan begitu saja, maka mau sampai kapanpun Perangkat Komputer / Laptop yang anda miliki, tidak akan bisa benar-benar mati total, meski layar pada monitor sudah hitam, namun Hardware yang ada pada Motherboard masih tetap menyala dan berkerja.

Permasalahan ini memang tidak terjadi setiap saat, namun pasti akan terjadi pada waktu-waktu tertentu, sehingga selanjutnya anda harus tahu betul bagaimana cara mengatasinya, jika permasalahan ini tiba-tiba anda alami.

Lalu, faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya permasalahan ini?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, permasalahan ini datang pada tingkat Software artinya terjadi pada OS Windows itu sendiri, tetapi untuk asal muasal masalahnya bisa bermacam-macam, seperti  :

  1. OS Windows yang sedang dalam proses Update.
  2. OS Windows yang mengalami Hang atau Crash, akibat dari penggunaan suatu Aplikasi atau Task tertntu.
  3. OS Windows yang sudah terlalu berat, sehingga Processor menjadi Error untuk memproses semua perintah yang dijalankan dari OS Windows tersebut.
  4. Anda lupa menutup beberapa Aplikasi tertentu, sehingga OS Windows tidak bisa menyelesaikan perintah Shut Down dengan benar.

Nah, itulah beberapa gambaran dari biang kerok permasalahan PC / Laptop yang tidak bisa mati total, meski sudah dilakukan Shut Down.

Lalu, apakah ada solusi untuk mengatasi permasalahan ini? tentu saja ada, jawabannya ada pada pembahasan dibawah ini.


Cara mematikan Komputer / Laptop secara paksa


Nah, jika anda mengalami permasalahan tersebut, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan ialah dengan mematikan Perangkat Komputer / Laptop tersebut secara paksa, tidak ada cara lain lagi selain itu.

Karena pada kondisi ini, anda tidak akan bisa lagi berinteraksi dengan Interface pada OS Windows tersebut, karena pada dasarnya Monitor memang sudah Off atau mati, namun Motherboard tidak.

Pada kasus ini ada 2 buah solusi yang bisa anda lakukan, yaitu adalah sebagai berikut :


Menekan Tombol Power


Cara pertama dan yang paling saya sarankan adalah anda bisa memaksa Perangkat PC / Laptop agar mati total dengan menekan Tombol Power pada Laptop atau CPU Komputer yang anda miliki.

Perlu saya tekankan disini, bukan hanya menekan secara biasa, melainkan anda harus menekan Tombol Power tersebut selama beberapa detik, hingga PC / Laptop mati total sepenuhnya.

Lebih lanjut lagi, rata-rata anda hanya perlu menahan atau menekan Tombol Power tersebut paling tidak 5 Detik hingga 10 Detik saja.

Indikasinya adalah ketika sudah terdengar bunyi "Tiit" atau hilangnya bunyi kipas atau bunyi berisik dari Motherboard, maka setelahnya anda bisa melepas tekanan pada Tombol Power tersebut.

Dalam kondisi ini, maka PC / Laptop tersebut sudah berhasil dimatikan secara paksa.

Lalu, bagaimana jika cara diatas tidak berkerja? maka anda perlu melakukan hal yang lebih ekstrim lagi.


Memutus Daya Listrik


Sebenarnya, saya tidak menyarankan anda untuk melakukan cara ini, ketika cara pertama diatas masih bisa anda lakukan, tetapi jika cara pertama diatas tidak berkerja, maka mau tidak mau anda harus menggunakan cara kedua ini.

Seperti yang anda ketahui Perangkat Komputer / Laptop tersebut menjadi bisa digunakan, ketika sudah memiliki daya listrik untuk bisa menjalankan semua komponen Hardware didalamnya.

Nah, maka untuk mematikan Perangkat Komputer / Laptop secara paksa, maka anda perlu memutus daya alir listrik kepada PC / laptop yang anda miliki.

Caranya, jika anda menggunakan Perangkat Komputer atau PC, anda bisa langsung mematikan arus daya listrik tersebut dengan cara menonaktifkan arus listrik dari Power Supply atau langsung dari sumber arus listrik utama, seperti Stabilizer atau UPS, jika memang anda menggunaka perangkat tersebut.

Jika, anda menggunakan Laptop, maka anda bisa melepaskan baterai pada Laptop tersebut, tetapi jika Laptop anda memiliki fitur dengan baterai tanam, maka anda bisa melepas koneksi baterai dari Motherboard atau anda hanya perlu menunggu hingga baterai Laptop tersebut habis dengan sendirinya.

Nah, itulah kedua buah solusi yang bisa anda lakukan, jika anda memang sedang mengalami permasalahan PC / Laptop yang tidak bisa mati total, walau sudah Shut Down.

Sebenarnya, mematikan Perangkat Komputer / Laptop secara paksa itu memang bisa menimbulkan potensi yang membahayakan bagi Komponen Hardware, seperti Motherboard, RAM ataupun Processor.

Namun, jika hanya dilakukan sekali atau dua kali saja, dalam kasus mematikan Perangkat Komputer / Laptop secara paksa tersebut, maka saya kira hal tersebut tidak akan menimbulkan masalah yang berarti.

Karena, saya sendiri juga sering menggunakan 2 cara diatas, ketika PC / Laptop yang saya miliki tidak bisa Shut Down dengan sempurna.

Tags :

Published by : Javem Tupelo

Rada belagu sih, tapi ngangenin!