Selasa, 11 September 2018

Penempatan dan jenis iklan paling bagus untuk Adsense di masa sekarang ini

Penempatan dan jenis iklan paling bagus untuk Adsense di masa sekarang ini

Penempatan dan jenis iklan paling bagus untuk Adsense di masa sekarang ini

Tahukah anda pendapatan antar tiap Publisher Adsense itu bisa berbeda meski dengan level yang sama, seperti jumlah visitor, niche maupun konten blognya sama, tetapi hasil akhirnya Income Adsensenya bisa berbeda, kenapa demikian?

Mudah saja, karena posisi memang menentukan prestasi, begitulah mungkin kata bijaknya, menjalankan bisnis Blog dengan sumber pendapatan utama dari Adsense itu memang bukan hal yang mudah, anda di haruskan melakukan eksperimen secara terus-menerus, karena bisa jadi cara lama tidak akan efektif lagi saat ini.

Maka dari itu anda di haruskan untuk selalu melakukan pembaharuan dalam strategi dalam bermain Adsense, salah satu caranya adalah dengan mengatur penempatan letak dan jenis iklan paling berpotensi.

Tujuan di tuliskannya artikel ini bukan menggurui, tetapi niat saya lebih kepada membantu para pencari ilmu Blogging dengan optimasi Adsense tersebut, jadi saya pikir tidak ada salahnya saya menulis konten seperti ini, untuk menjawab pertanyaan dengan cara pandang dan pengalaman saya sendiri.

Penempatan dan jenis iklan paling bagus untuk Adsense di masa sekarang ini


Pertama yang akan kita bahas adalah jenis Iklan Adsense dulu, hingga saat ini ada beberapa jenis iklan Adsense yang bisa anda gunakan, yaitu adalah jenis Iklan Display & Text, Native Ads, Custom Search Engine, dan Link Ads, ke-4 jenis iklan ini memang sama-sama memiliki potensi tinggi.

Tetapi, kalau di suruh memilih yang terbaik maka menurut dari pengalaman saya dalam beberapa tahun bermain dengan Adsense jenis iklan yang paling memiliki potensi besaran pendapatan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Display & Text Ads
2. Link Ads
3. Native Ads
4. CSE (Custom Search Engine)

Tunggu dulu saya punya alasan di balik hal ini, kenapa jadi saya memilih jenis iklan Display & Text Ads menjadi yang paling berpotensi, karena pada dasarnya memang jenis iklan inilah yang paling menguntungkan dari segi CPC, CTR hingga Coverage.

Selanjutnya untuk memanfaatkan strategi "Contextual" di Blog yang anda jalankan, maka solusi yang paling baik adalah mengkombinasikan jenis iklan Display Ads & Text Ads secara bersamaan, CPC untuk jenis iklan Link Ads memang tidak setinggi Display & Text Ads, tetapi dari segi CTR jenis iklan Link Ads selalu lebih baik dari jenis iklan lainnya, ini fakta lo!

Selanjutnya Native Ads, jenis iklan ini memang masih tergolong baru, sehingga menurut saya pribadi performanya masih belum begitu bagus, karena slot iklannya masih banyak di isi oleh Advertiser luar negeri yang pastinya harga klik iklannya atau CPC-nya rendah, karena memang tidak relevant dengan konten dan bahasa utama Blog yang anda gunakan saat ini.

Lalu bagaimana dengan iklan CSE? sebenarnya harga klik iklan/CPC paling tinggi itu memang berasal dari CSE, bayangkan setiap iklannya bisa mencapat puluhan dollar ($) saya pernah mengalaminya beberapa kali, tetapi yang menjadi permasalahannya adalah jumlah klik atau CTR yang sangat kecil, bahkan dalam satu bulan dengan total kunjungan (Page View) 10.000/day, jumlah Klik iklan di CSE ini mungkin hanya berkisar 2-5 kali klik saja, jadi sangat sulit untuk di optimasi jenis iklan yang satu ini.

Lalu tipe dan ukuran jenis iklan apa saja yang paling banyak mengundang CTR dan mempunyai CPC tinggi, menurut saya pribadi adalah sebagai berikut :

1. 300 x 250
2. 336 x 280
3. 300 x 600
4. 728 x 90
5. 320 x 100

Lalu hal yang perlu kita bicarakan selanjutnya adalah posisi mana saja yang paling menguntungkan, untuk hal ini mungkin semua publisher Adsense setuju dengan hal ini, posisi terbaik peletakan iklan Adsense adalah sebagai berikut :

1. Di bawah/diatas judul Post Blog (Above the Fold)
2. Setelah Paragraf 1
3. Di akhir tulisan artikel
4. Sidebar atas dan bawah
5. Di header

Supaya lebih jelasnya saya akan menggambarkan posisi iklan terbaik Adsense menurut saya beserta kombinasi jenis Iklan terbaik yang saya tahu :

# Untuk versi Desktop



# Untuk Versi Mobile


Nah, demikian itulah komposisi iklan yang paling terbaik menurut saya, meski demikian ini hanya gambaran saja, bukan sesuatu yang harus anda ikuti, tetapi hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan lain untuk anda, karena pada dasarnya setiap Template Blog itu bisa berbeda Layoutnya.

Maka dari itu anda di haruskan jeli melihat peluang di mana peletakan iklan terbaik menurut anda, kalau saya sendiri, ya seperti yang saya gambarkan di atas, begitulah kombinasi iklan terbaik menurut saya, untuk masalah CTR sangat memuaskan dari skema yang saya buat, untuk CPC? kita tidak akan pernah bisa mengatur hal ini secara pasti.

Silahkan anda ber-eksperimen sendiri dan pastikan tidak melanggar kebijakan program Google Adsense, untuk jumlah unit iklannya anda bisa sesuaikan sendiri agar tidak melebihi kapasitas konten, jadi untuk jumlah iklan, jenis iklan tidak di batasi.

Sedikit Tips untuk anda ~ Jika pengunjung Blog anda kebanyakan datang dari pengguna Mobile, maka skema yang saya buatkan di atas adalah yang paling terbaik, karena skema tersebut sudah di pakai hampir 80% Blogger yang ada saat ini, untuk jenis iklannya anda bisa ganti dengan jenis Native Ads yang memang powerful di sektor mobile saat ini, untuk menambah hasilnya agar lebih baik, selalu ikut sertakan peran Link Ads.

Sekian dulu dari saya, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam peletakan iklan paling strategis di Blog yang anda kelola, ingat hal ini hanya akan meningkatkan CTR bukan CPC, tetapi jika CTR tinggi dan CPC bernilai standard maka hasil yang anda dapat masih tetap lebih baik dari sebelumnya.

Oh iya dan untuk yang terakhir berapa persen CTR yang di perbolehkan, menurut saya berapa pun jumlah persentasi CTR-nya jika pengunjung murni dari Google Search itu tidak masalah, karena beberapa bulan terakhir CTR saya selalu bearada di kisaran 5% keatas dan akun Adsense saya tidak kenapa-kenapa, karena saya memang tidak menggunakan trik curang.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact