Cara mengetahui tombol Keyboard yang rusak - ASHADIN

Tuesday, February 2, 2021

Cara mengetahui tombol Keyboard yang rusak

Cara cek kerusakan Tombol Keyboard Komputer / Laptop dengan 2 buah cara

Sekarang ini kita sudah hidup dizaman yang memang sudah benar-benar serba digital, artinya dalam setiap aspek kehidupan kita, maka pasti paling tidak kita ada satu kali dalam sehari menggunakan sebuah alat bantu digital tersebut.

Baik itu digunakan untuk berkerja, berkomunikasi hingga menikmati sebuah hiburan tertentu, orang-orang modern seperti kita ini, memang sudah sangat terikat dengan yang namanya alat digital tersebut.

Perangkat digital yang paling populer pada zaman kita ini, tentu saja kalau bukan Komputer pastinya Smartphone.

Kedua buah perangkat tersebut, memang hampir selalu ada dalam mengiringi keseharian kita, karena pada dasarnya pemanfaatan dari kedua buah perangkat digital tersebut memang sangat luas dan memang bisa diandalkan satu sama lainnya.

Seperti halnya penggunaan sebuah perangkat Komputer, tentu saja sekarang ini mau dimanapun anda berada, jika anda dihadapkan dalam suatu perkerjaan tertentu yang memang menuntut anda untuk membuat sebuah dokumen digital, maka sudah jelas pengguaan sebuah perangkat Komputer pada kondisi ini memang sangat dibutuhkan.

Selain itu, Komputer pun juga sudah bukan menjadi hal yang mewah sekarang ini, karena siapa saja sekarang bisa memiliki dan menggunakan Komputer tersebut, karena memang mudah untuk didapatkan dan digunakan oleh siapa saja.

Lebih lanjut lagi, jika anda adalah seorang yang ringkas, maka anda pun juga tetap akan bisa menggunakan sebuah perangkat Komputer tersebut untuk menunjang pekerjaan anda yang bisa anda gunakan dimanapun.

Tentu saja, pada kasus ini anda tidak akan menggunakan sebuah perangkat Komputer konvensional yang besar dan berat, cukup hanya menggunakan Komputer Portable yang biasanya disebut Laptop, maka semua kebutuhan anda terkait penggunakan Komputer pada umumnya, sudah bisa terpenuhi.

Meski, perangkat Komputer itu memang menjadi sebuah mahakarya yang sangat luar biasa untuk menunjang kehidupan kita agar bisa menjadi lebih mudah lagi, nyatanya dari segi penggunaannya perangkat Komputer tersebut juga bisa membuat perkerjaan anda menjadi terhambat, kenapa?

Karena, mau bagaimanapun perangkat Komputer itu baik yang Konvensional ataupun yang Portable itu memang sangat ringkih, artinya memang sangat mudah sekali rusak dan bermasalah.

Permasalahan tersebut bisa datang dari banyak hal dan bisa menyerang komponen apapun, karena mengingat ada banyak sekali Hardware yang digunakan dalam sebuah perangkat Komputer tersebut, maka kalau ada beberapa yang rusak.

Maka hal tersebut wajar-wajar saja, apalagi jika sudah terkait dengan faktor usia atau terkena sesuatu yang terlarang, seperti air.

Pada pembahasan kali ini, saya tidak akan membahas semua permasalahan yang ada dalam sebuah perangkat Komputer tersebut, melainkan hanya membahas salah satunya saja, yaitu salah satu komponen paling vital bagi sebuah perangkat Komputer, yaitu adalah Keyboard.


Keyboard Perangkat Komputer


Nah, Komputer menjadi alat yang bisa serbaguna itu, tentu ditunjang dengan adanya sebuah Keyboard, dengan adanya Keyboard maka anda bisa memanfaatkan Komputer tersebut dalam pembuatan suatu dokumen, hingga bisa dimanfaatkan untuk bisa menikmati hiburan, seperti bermain games.

Tentu saja, keberadaan Keyboard pada suatu perangkat Komputer itu memang teramat penting, karena tanpa adanya Keyboard, maka Komputer atau Laptop tersebut akan menjadi hilang kegunaan terbesarnya.

Sayangnya, Keyboard pada perangkat Komputer itu menjadi salah satu bagian yang paling sering rusak atau bermasalah.

Kebanyakan permasalahan tersebut, biasanya datang dari Keyboard yang secara Internal terpasang dalam sebuah Laptop.

Jika sudah rusak, maka tentu menggunakan sebuah perangkat Komputer atau Laptop itu menjadi sangat tidak menyenangkan, apalagi jika digunakan untuk berkerja, pastinya perkerjaan anda akan terhambat.

Lalu, masalah apa sih yang biasanya terjadi pada sebuah Keyboard Komputer atau Laptop tersebut?


Jenis kerusakan pada Keyboard Komputer / Laptop


Karena Keyboard itu menjadi sebuah media yang selalu digunakan dalam melakukan Interaksi dengan perangkat Komputer, maka sudah pasti lambat laun akan menjadi rusak, baik itu kerusakan pada tombol-tombolnya, hingga kerusakan pada perangkat elektroniknya.

Namun, biasanya kerusakan yang umum terjadi pada Keyboard tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tertekan terus menerus
  2. Tombol menjadi tidak aktif, meski sudah ditekan
  3. Tertekan dengan sendirinya, meski anda tidak menekan tombol tersebut

Nah, ke-3 permasalahan diatas adalah permasalahan yang sangat umum terjadi pada Keyboard yang biasanya lebih banyak ditemukan di perangkat Komputer Portable atau Laptop.

Sebenarnya, cara untuk mengatasi permasalahan rusaknya beberapa Tombol di Keyboard tersebut bisa anda selesaikan dengan cepat, meski tanpa perlu mengganti komponen Keyboard tersebut secara utuh.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Mematikan fungsi Tombol Keyboard yang rusak
  2. Mengubah fungsi Tombol Keyboard lain, menjadi fungsi Tombol yang rusak sebelumnya

Namun, sebelum anda bisa mengatasi permasalahan tersebut, tentu anda harus tahu dulu, Tombol Keyboard mana saja sih yang bermasalah?

Untuk melakukan cek kondisi Tombol Keybaord tersebut, tentu tidak bisa dilakukan begitu saja, karena disini kita tentu memerlukan sebuah alat bantu.


Cara cek Tombol Keyboard Komputer / Laptop yang bermasalah


Sebenarnya, untuk mengetahui Tombol Keyboard mana saja yang bermasalah itu sangat mudah untuk dilakukan.

Karena kita hanya perlu memanfaatkan sebuah Tool gratis baik secara Offline ataupun Online, maka dari itu disini saya akan membuat 2 buah cara berbeda yang bisa anda manfaatkan, setelahnya silahkan pilih cara mana yang ingin anda terapkan.


Cara cek Tombol Keyboard secara Online


Kalau secara pribadi, menurut saya cara ini yang paling praktis untuk bisa digunakan secara cepat dan tepat.

Hal yang perlu anda lakukan, ialah dengan mengunjungi beberapa alamai URL Situs dibawah ini, tetapi pastikan pada kondisi ini anda memiliki Koneksi Internet yang memadai.

Adapun beberapa alamat URL Situs yang saya maksud adalah sebagai berikut :
  1. en.key-test.ru
  2. keyboardchecker.com
  3. onlinemictest.com/keyboard-test

Silahkan gunakan salah satu alamat URL diatas, sebagai contohnya disini yang saya gunakan adalah alamat URL Situs keyboardchecker.com, sehingga untuk mengecek Tombol Keyboard Komputer / Laptop yang rusak, bisa anda lihat dibawah ini.

  1. Pertama, jika Tombol Keyboard tidak mengalami kerusakan harusnya akan muncul tampilan bersih seperti ini pada Layout Keyboard :
Cara cek kerusakan Tombol Keyboard Komputer / Laptop dengan 2 buah cara
  1. Kedua, jika ada Tombol yang tertekan secara sendiri, maka akan menimbulkan jejak pada Layout Keyboard seperti ini : 
Cara cek kerusakan Tombol Keyboard Komputer / Laptop dengan 2 buah cara

Jika berwarna Hijau artinya Tombol Keyboard sudah tertekan dan kalau Abu-Abu Tombol Keybaord sedang dalam kondisi tertekan atau aktif.

  1. Ketiga, jika ada Tombol yang tertekan terus menerus maka akan muncul jejak dengan warna Abu-Abu seperti ini :
Cara cek kerusakan Tombol Keyboard Komputer / Laptop dengan 2 buah cara

Nah, pada kondisi ini anda sudah bisa tahu, Tombol Keyboard mana saja sih yang bermasalah dan bagaimana sih rupa bentuk masalahnya, apakah tertekan dengan sendirinya atau tertekan terus-menerus.

Sehingga, anda bisa melakukan langkah perbaikan dengan saran yang sudah saya sampaikan diatas.

Tetapi, bagaimana jika anda tidak memiliki Koneksi Internet yang cukup untuk melakukan Test Tombol Keyboard tersebut?

Tenang saja, anda tetap bisa melakukan Testing tersebut dengan cara Offline.


Cara cek Tombol Keyboard secara Offline


Hal pertama yang ingin saya sampaikan disini adalah software yang akan saya bagikan dibawah ini hanya ditujukan penggunaannya untuk OS Windows saja, tentu bisa digunakan pada versi OS Windows berapapun.

Selanjutnyam untuk melakukan pengetesan Tombol Keyboard secara Offline, anda perlu mendownload Software yang dimaksud, tenang saja size Softwarenya cuma 400kb saja.


Password : ashadin.com

Setelah itu, langsung saja Extract dan jalankan Software Aqua Key Test tersebut.

  1. Pertama, jika tidak ada permasalahan pada Tombol Keyboard, maka tampilan yang akan muncul pada Layout Keyboard adalah seperti ini :
Cara cek kerusakan Tombol Keyboard Komputer / Laptop dengan 2 buah cara
  1. Kedua, jika ada Tombol yang tertekan dengan sendirinya, maka akan menimbulkan jejak pada Layout Keyboard seperti ini :
Cara cek kerusakan Tombol Keyboard Komputer / Laptop dengan 2 buah cara

Warna Kuning artinya Tombol Keyboard sudah tertekan dan kalau Abu-Abu Tombol Keybaord sedang dalam kondisi tertekan atau aktif.

  1. Ketiga, jika ada Tombol yang tertekan secara terus menerus maka akan muncul jejak dengan warna Abu-Abu seperti ini :
Cara cek kerusakan Tombol Keyboard Komputer / Laptop dengan 2 buah cara

Nah, dengan mengikuti kedua buah cara diatas, anda sudah bisa tahu, Tombol di Keyboard mana saja yang rusak.

Jika ada banyak Tombol yang rusak, maka saya sarankan lebih baik diganti baru saja Komponen Keyboard yang rusak tersebut dengan yang baru.

Namun, jika yang bermasalah hanya satu atau dua buah Tombol saja, maka anda bisa mengatasinya dengan 2 solusi cepat yang sudah saya sampaikan diatas.

Tags :

Published by : Javem Tupelo

Rada belagu sih, tapi ngangenin!