Monday, July 29, 2019

Panduan Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 7 Pro termudah

Panduan UBL Redmi Note 7 Pro

Daya tarik Redmi Note 7 Pro memang sangat memukau, terbukti banyak pilihan para pemburu smartphone kelas menengah menjatuhkan pilihannya ke device satu ini, karena dari harga dan spesifikasi, device ini menjadi salah satu device keluaran Redmi yang paling baik dan mantap untuk di bawa dalam kegiatan apapun, seperti Gaming dan Kamera.

Karena masih serumpun dengan device keluaran Xiaomi yang lainnya, anda sebagai pemilik smartphone ini juga bisa membuka potensi lebih dari smartphone satu ini, yaitu dengan cara melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Kenapa harus Unlock Bootloader? karena dengan adanya UBL ini maka setelahnya anda bisa langsung melakukan ROOT, yang mana dengan adanya akses ROOT tersebut, anda bisa dengan bebas untuk mengubah settingan OEM, seperti melakukan Overclock misalnya.

Sehingga banyak dari pengguna Xiaomi / Redmi memilih untuk melakukan UBL pada device yang mereka miliki, kabar baiknya adalah Redmi Note 7 Pro juga bisa di Unlock Bootloader dengan mudah, asalkan sesuai dengan prosedur dan persyaratannya.

Jika anda adalah pengguna baru device Redmi Note 7 Pro, sebaiknya ketahui dulu manfaat dan kekurangan yang akan anda dapatkan jika melakukan UBL tersebut, sehingga anda bisa mengerti dan paham, berikut adalah artikelnya Apa itu Unlock Bootloader Android serta mengenali manfaat dan kerugiannya.

Melakukan Unlock Bootloader (UBL) tersebut bukanlah perkara yang singkat, kalian mungkin saja membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa berhasil melakukan Unlock Bootloader tersebut, selain itu ada beberapa syarat yang harus anda penuhi juga sebelumnya, yaitu adalah sebagai berikut :


# Buat Mi Akun


Hal pertama yang harus anda lakukan, jika ingin melakukan Unlock Bootlaoder tentu saja anda harus punya Mi Akun dulu, silahkan buat dulu dan silahkan Loginkan ke Redmi Note 7 Pro anda, untuk membuat Mi Account, anda bisa akses di Settings >> Mi Account.


# Minta Izin


Selanjutnya hal yang bisa anda lakukan adalah dengan meminta Izin untuk melakukan Unlock Bootloader ke pihak Xiaomi dengan cara mengunjungi Situs Unlock Xiaomi Resmi, setelahnya silahkan ikuti intruksinya atau bisa anda lewatkan saja step ini, karena katanya step ini sudah tidak di perlukan lagi, tetapi saya pikir silahkan di ikuti saja.


# Integrasi Mi Akun


Langkah ini sangat di perlukan jika memang anda ingin melakukan Unlock Bootloader, karena steop ini adalah step paling penting, jika tidak anda ikuti, maka proses Unlock Bootloader sampai kapanpun tidak akan bisa di laksanakan, silahkan Integrasikan dulu dengan cara sebagai berikut :

  • Aktifkan Mode Developer Options dengan cara masuk ke Settings >> About Phone >> tekan 7 Kali pada Info MIUI Version.
  • Lalu masuk ke Mode Developer Options, letaknya pada Settings >> Additional Settings.
  • Kemudian buka Opsi Mi Unlock Status dan tekan Add Account and Device.
  • Jika memang ada silahkan centang opsi OEM Unlock / OEM Unlocking, jika tidak ada abaikan saja.

Silahkan coba terus untuk melakukan Integrasi / Asosiasi Mi Akun, karena biasanya bisa terjadi Failed, lakukan terus hingga muncul tulisan Added Successfully.


# Download Mi Flash Unlock


Hal penting lainnya adalah anda harus punya aplikasi Mi Flash Unlock, karena tanpa aplikasi ini, maka proses UBL tidak bisa di lakukan, silahkan Download Mi Flash Unlock Terbaru dulu, selanjutnya langsung saja di Install.

Aplikasi ini bisa berjalan dengan sangat baik di Windows 7, 8, 8.1, 10 dengan versi 32-bit atau 64-bit, agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik, maka silahkan lakukan Disable Driver Signature Enforcement, tujuannya adalah agar tidak terjadi masalah atau crash pada Driver Windows.


# Perlengkapan lain


Selanjutnya persiapkan juga alat pendukungnya yaitu adalah Kabel USB, kalau bisa yang original, lalu untuk berjaga-jaga anda juga bisa mendownload Fastboot dan ABD Driver Terbaru, lalu pasangkan pada Laptop / PC yang anda miliki.


# Unlock Bootloader Redmi Note 7 Pro


Jika semua hal diatas sudah anda penuhi dan sudah anda pastikan lengkap, langkah selanjutnya adalah masuk ke tahap melakukan UBL tersebut, silahkan perhatikan dengan seksama dan teliti :

1. Silahkan buka aplikasi Mi Flash Unlock yang sudah anda Install sebelumnya.
2. Ingat! Metode ini membutuhkan Internet, karena anda perlu Login Mi Akun pada aplikasi Mi Flash Unlock tersebut, yang sudah anda Integrasikan atau Asosiasikan sebelumnya.
3. Jika sudah silahkan buat Redmi Note 7 Pro anda masuk ke dalam Mode Fastboot, caranya adalah dengan menekan Tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan saat ingin menghidupkan Smartphone tersebut.
4. Setelah masuk ke Mode Fastboot, silahkan hubungkan Redmi Note 7 Pro anda ke PC / Laptop dengan Kabel USB.
5. Jika sudah terhubung dengan status Connected, maka langkah terakhir, adalah dengan menekan tombol Unlock.
6. Proses akan berjalan dengan sangat cepat, itu kalau anda beruntung.
7. Done!


# Jika Gagal


Bisanya melakukan UBL di smartphone Xiaomi / Redmi itu memang tidak bisa di lakukan dengan satu kali uji coba saja, melainkan harus sering dan di coba terus-menerus, jika memang terjadi Fail, maka bisa jadi solusinya sebagai berikut :

  • Lakukan Driver Signature Enforcement.
  • Gunakan aplikasi Mi Flash Unlock versi lain.
  • Pastikan Mi Akun sudah ter-integrasi dan ter-asosiasi.
  • Pastikan Mi Akun yang di gunakan tidak salah.
  • Jika muncul Time Binding To Short 72 Hours ~ 360 Hours atau lebih, maka anda memang harus menunggu hingga waktu Bind selesai.


# Cek Status Bootloader


Setelah melakukan hal diatas, sebaiknya anda lakukan cek Bootloader, apakah sudah sukses atau tidak, meski status Bootloader sudah pasti ketahuan via Informasi dari aplikasi Mi Flash Unlock, sebaiknya tetap anda cek melalui tutorial ini 2 Cara Cek apakah Xiaomi / Redmi sudah Unlock Bootloader.

Dengan demikian, semua proses UBL sudah anda laksanakan, jika terjadi kegagalan anda bukan berarti tidak berhasil sepenuhnya, karena memang begitulah prosesnya, sekarang ini rata-rata kesuksesan dalam melakukan UBL itu membutuhkan waktu hingga berhari-hari lamanya, ada yang 72 Jam360 Jam bahkan hingga 1080 Jam.

Jadi, tunggu saja, karena jika Binding Time sudah selesai, maka proses UBL di pastikan akan berhasil sepenuhnya, silahkan ikuti lagi langkah-langkah diatas, semoga beruntung dan berhasil.

Tags :

Published by : Javem Tupelo

Rada belagu sih, tapi ngangenin!

Post a Comment