Jumat, 03 Agustus 2018

Apa itu Unlock Bootloader Android serta mengenali manfaat dan kerugiannya

Apa itu Unlock Bootloader Android serta mengenali manfaat dan kerugiannya

Apa itu Unlock Bootloader Android serta mengenali manfaat dan kerugiannya

Awal perilisannya smartphone Android memang di rilis dengan kondisi Unlock Bootloader hal ini di lakukan guna mendukung konsep dari Open Source itu sendiri, tetapi semakin kesini beberapa vendor pembuat smartphone Android tidak lagi merilis smartphone Android mereka dengan kondisi Unlock Bootloader melainkan dengan status Locked Bootloader.

Alasan utama kenapa beberapa vendor memilih keputusan tersebut tidak lain dan tidak bukan karena menyangkut masalah keamanan, bagi para pengguna smartphone Android pasti akan sedikit bingung terkait istilah tersebut, memang benar pada kenyataannya fenomena Unlock Bootloader tersebut hanya di kenali oleh beberapa user Android expert saja.

Apa itu Unlock Bootloader Android serta mengenali manfaat dan kerugiannya


Secara umum Unlock Bootloader itu mengacu ke masalah hardware smartphone Android itu sendiri yang artinya adalah bahwa jika device dalam kondisi Unlock Bootloader maka pengguna Android tidak di izinkan untuk melakukan modifikasi selain menggunakan modifikasi bawaan dari vendor itu sendiri, seperti tidak bisa melakukan ROOT hingga memasangkan komponen seperti Custom TWRP.

Maka dari itu untuk bisa memodifikasi bahasa mesin dari hardware tersebut harus di lakukannya Unlock Bootloader, media utama agar bisa mendapat akses Unlock Bootloader tersebut ialah Fastboot yang sudah saya jelaskan lengkap pada artikel Apa itu Fastboot Android dan cara untuk melakukan Fastboot dengan mudah.

Fastboot sendiri berperan sangat penting untuk bisa melakukan Unlock Bootloader tersebut, karena secara langsung Fastboot tersebut langsung bersinggungan dengan hardware bersangkutan, jadi satu-satunya cara untuk bisa melakukan Unlock Bootloader di smartphone Android memang hanya bisa di lakukan dengan perantara Fastboot itu sendiri, adapun perintah umum untuk bisa melakukan Unlock Bootloader dengan menggunakan Fastboot adalah sebagai berikut :

fastboot oem unlock

Tetapi dalam beberapa kasus, vendor smartphone akan lebih melakukan implementasi perintah Unlock Bootlader yang lebih rumit, meski demikian perintah dasarnya tetap seperti yang telah saya sebutakan diatas.

Selanjutnya apa sih manfaat dan kerugian jika melakukan Unlock Bootloader di smartphone Android?

Manfaatnya adalah sebagai berikut :

1. Tidak di batasi oleh pengaturan defaulr dari vendor lagi
2. Bisa melakukan ROOT
3. Memasang Custom Recovery seperti TWRP
4. Memasang Custom ROM
5. Memodifikasi System Android seperti Kernel
6. Memasang peningkatan fitur (Mod) di luar dan konfigurasi bawaan vendor

Meski melakukan Unlock Bootloader itu memiliki banyak manfaatnya, ternyata kerugian dari Unlock Bootloader itu juga ada dan berikut adalah dari sisi kerugiannya :

1. Smartphone akan lebih rentan terkena virus (Malware, Spyware, Adware, etc..)
2. Menghanguskan garansi (karena udah di jebol bootloadernya)
3. Hardware rentan rusak (bagi yang suka custom settingan hardware, seperti melakukan overclock CPU, RAM dll)

Apakah smartphone Android yang sudah di Unlock Bootloader masih tetap bisa di kembalikan dengan status Locked Bootloader? tentu saja bisa! yang perlu anda lakukan ialah dengan mengakses Fastboot driver lagi dan memasukan perintah dasar melakukan Relock Bootloader seperti ini :

fastboot oem lock

Maka setelahnya Bootloader smartphone Android yang anda miliki akan terkunci lagi, apakah hal ini akan mengembalikan garansi, menurut beberapa sumber, iya! garansi akan kembali lagi.

Dengan demikian, harusnya saat ini anda sudah mengerti apa itu istilah dari Unlock Bootloader, Manfaat serta kekurangan yang ia miliki, dengan ini harapannya anda menjadi sedikit lebih tahu dan bisa membuat pertimbangan dari apa yang mungkin anda dapatkan jika sudah melakukan Unlock Bootloader tersebut, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact