Cara mudah membuat Format Gambar WebP (Offline) - ASHADIN

Sunday, June 16, 2019

Cara Membuat Gambar WebP

Cara mudah membuat Format Gambar WebP (Offline)

Cara Membuat Gambar WebP

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sekarang ini ada banyak sekali format ekstensi gambar yang bisa kita nikmati, umumnya sekarang ini format gambar yang paling sering di gunakan adalah JPG, JPEG, PNG dan BMP, meski demikian faktanya masing-masing format gambar tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

Lalu apa itu Format Gambar WebP? saya kira istilah ini mungkin akan awam untuk anda dengar sebelumnya, padahal Format Gambar WebP ini sudah ada sejak lama dan saya kira baru populer beberapa tahun belakangannya.

Tetapi, tahukah anda bahwa Format Gambar WebP ini menjadi pahlawan penyelamat storage dan load speed suatu situs? ya! benar sekali saat ini Format Gambar WebP sudah mulai banyak di gunakan oleh sebagian Webmaster dari seluruh dunia.

Alasannya sederhana saja, karena jika anda membuat sebuah Gambar dengan Format WebP, maka size gambar tersebut bisa di reduksi hingga berkali-lipat lebih kecil dari ukuran originalnya, tentu saja keuntungan dari hal ini adalah tidak terlihatnya penurunan kualitas gambar yang signifikan, sehingga Format Gambar WebP ini memang akan sangat cocok untuk di pasangan di situs yang anda miliki.

Kalau untuk penggunaannya sendiri, saya kira Format Gambar WebP memang khusus di peruntukan untuk para Webmaster, karena dari nama ekstensinya sendiri hingga hasil akhirnya, semuanya memang mencondong ke pemakaian sebuah situs.

Untuk gambarannya bisa anda lihat dari percontohan ini, jika anda membuat sebuah gambar dengan format JPG ukuan 1080p dengan size akhir 1,2MB, setelah anda Convert ke WebP maka size akhirnya hanya akan berukuran 120KB saja, tanpa adanya perubahan resolusi dan kualitas.

Bayangkan saja, jika resource Blog anda sebelumnya mencapai 5MB, karena banyak disertai dengan foto dan gambar, jika anda menggunakan Format Gambar WebP, maka resource total yang sebelumnya 5MB, kini bisa di reduksi bahkan hanya mencapai 1MB saja.

Keuntungannya adalah penggunaan Storage akan berkurang dan sudah pasti kecepatan Loading Situs anda akan menjadi meningkat berkali lipat! sehingga saya kira penggunaan Format Gambar WebP ini menjadi sangat penting untuk anda perhatikan sekarang ini.

Hingga saat ini ada banyak sekali tool Online maupun Offline yang bisa membuat atau melakukan konversi dari Format Gambar lain ke WebP, tetapi kalau saya sendiri hanya menggunakan aplikasi sederhana dan Offline saja, untuk hasilnya, saya bisa jamin jempolan.


Cara Convert Gambar menjadi WebP


Jika anda memang tertarik anda bisa mencoba caya yang biasa saya lakukan di bawah ini, dari dulu hingga sekarang saya selalu menggunakan aplikasi ini, karena sampai sekarang saya memang tidak menemukan masalah apapun dengan aplikasi satu ini, berikut adalah cara kerjanya :

1. Silahkan Download dulu aplikasi XnViewMP, jangan khwatir gratis dan aman kok.
2. Setelah itu silahkan lakukan Installasi aplikasi tersebut.
3. Silahkan tentukan Gambar mana yang ingin anda Convert menjadi WebP.
4. Lalu buka aplikasi XnViewMP dan anda mesti melakukan Konfigurasi awal dulu.
5. Masuk ke Menu Tools >> Batch Convert.

Cara Membuat Gambar WebP

6. Setelahnya silahkan masuk ke Tab Output.

Cara Membuat Gambar WebP

7. Pada bagian Format silahkan pilih WebP, seperti ini :

Cara Membuat Gambar WebP

8. Anda juga bisa membuat Watermark secara otomatis dengan mengetik kata tertentu seperti ini dan nantinya akan di generate secara otomatis :

Cara Membuat Gambar WebP

9. Jangan lupa untuk menentukan tempat Direktori penyimpanan File WebP tersebut, silahkan buat Folder terlebih dahulu.

Cara Membuat Gambar WebP

10. Jika sudah, silahkan masuk ke Tab Input untuk memilih Gambar yang akan di Convert ke WebP.

Cara Membuat Gambar WebP

11. Selanjutnya silahkan pilih gambar yang ingin anda Convert, anda bisa melakukan Convert banyak File sekaligus, hanya dengan satu kali Klik saja.
12. Jika sudah silahkan tekan Convert.

Cara Membuat Gambar WebP

13. Proses akan berjalan dengan sangat cepat dan Gambar WebP anda telah selesai, silahkan cari di Direktori Folder WebP yang sudah anda buat sebelumnya.
14. Done!

Cara ini merupakan cara Offline untuk bisa membuat Gambar dalam Format WebP, kenapa saya menjadi suka menggunakan aplikasi ini adalah karena beberapa hal di bawah ini :

  • Minim Bugs
  • Prosesnya cepat
  • Tidak membutuhkan Internet
  • Bisa langsung banyak sekaligus
  • Aplikasi XnViewMB, bahkan bisa di gunakan untuk banyak hal lain
  • Hasilnya tidak mengecewakan
  • Gratis


Tetapi, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, sebenarnya anda bebas saja memilih yang cara yang mana, mau itu Online atau Offline, karena hasil akhirnya kalau saya lihat itu sama saja, tetapi jika anda menggunakan cara yang sudah saya tulis diatas, tentu saja anda akan lebih menghemat Source Data Internet dan juga Waktu.

Untuk sekarang ini nampaknya Formar Gambar WebP sudah bisa di gunakan untuk semua jenis Engine Blog, seperti Wordpress, Joomla, Drupal bahkan Blogger, sehingga jika anda ingin mempercepat Loading Blog anda, maka salah satu caranya adalah dengan membuat semua Gambar di Blog anda menjadi Format WebP.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact