Cara atasi file Hosts yang tidak bisa di edit - ASHADIN

Wednesday, June 12, 2019

Agar File Hosts Bisa di Edit

Cara atasi file Hosts yang tidak bisa di edit

Agar File Hosts Bisa di Edit

Beberapa dari anda semua pasti telah menyadari manfaat dan kegunaan dari File Hosts yang pasti ada di setiap OS Windows dan bisa jadi juga ada pada setiap OS yang ada di masa sekarang ini, memang benar jika anda bisa memanfaatkan File Hosts tersebut, maka anda akan bisa mengontrol lalu lintas Browsing Internet di PC atau Gadget yang anda miliki.

Selain itu File Hosts ini juga akan sangat berguna jika anda ingin melakukan Block URL tertentu yang sudah saya jelaskan pada artikel ini 3 Cara membuka situs yang di blokir Internet Positif atau di blokir pihak provider dengan sangat mudah.

Lalu, anda pun juga bisa membuka Block URL yang telah di berlakukan oleh Pemerintah Indonesia, tanpa harus menggunakan aplikasi seperti VPN dan lainnya, sehingga kalau bagi saya sendiri, penggunaan File Hosts ini memang cukup penting untuk keseharian saya.

Tetapi, fakrtanya untuk beberapa PC dengan OS Windows, nampaknya File Hosts tersebut tidak bisa di edit langsung, karena Permission (Izin) yang di berikan hanya Read Only saja, artinya anda hanya bisa melihat dan membuka File Hosts tersebut, tetapi anda sama sekali tidak bisa mengedit isinya.

Anda bisa mengakses File Hosts tersebut pada direktori ini C:\Windows\System32\drivers\etc, File Hosts hanya bisa aktif jika anda meletakannya di dalam direktori Folder yang telah di tentukan dan inilah masalahnya, biasanya Permissions yang di ijinkan hanya Read Only di dalam Folder etc tersebut.

Tetapi, sebenarnya secara default, File Hosts tersebut memiliki Permissions Read/Write, mungkin karena sesuatu seperti aplikasi Anti Virus, anda memasangkan beberapa Patch tertentu atau bahkan anda memang tidak sengaja mengubah Permissions Default, maka akhirnya File Hosts tersebut tidak bisa anda edit dan hanya bisa anda lihat saja.

Sebenarnya, cara mengatasi hal ini sangat mudah sekali, memang anda masih bisa mengubah Permissions-nya secara manual, tetapi ada cara yang lebih mudah dari itu, dan saya yakin siapa saja pasti bisa mengerti dengan mudah, yaitu adalah dengan menggunakan aplikasi Notepad++.

Kenapa Notepad++? karena aplikasi Notepad bawaan OS Windows tidak bisa melakukan hal ini, silahkan anda Download dan pasang secara gratis dulu Notepad++ di PC atau Laptop anda, yang bisa anda dapatkan DISINI.


Cara atasi file Hosts yang tidak bisa di edit


Lalu silahkan ikuti cara di bawah ini :

1. Silahkan Install dulu Notepad++.
2. Selanjutnya silahkan buka File Host dengan Notepad++ di direktori Folder ini C:\Windows\System32\drivers\etc.

Agar File Hosts Bisa di Edit

3. Jika sudah anda akan melihat isi File Hosts di melalui Notepad++, pada tahap ini anda masih belum bisa mengedit isi dari File Hosts tersebut, karena masih Read Only, silahkan lihat Icon ini, jika masih abu-abu berarti tidak bisa di edit :

Agar File Hosts Bisa di Edit

4. Agar bisa di edit, silahkan Klik Kanan pada bagian ini :

Agar File Hosts Bisa di Edit

5. Lalu hilangkan centang Read Only.

Agar File Hosts Bisa di Edit

6. Lihat, jika icon tidak warna abu-abu lagi, maka anda telah berhasil dan File Hosts sudah bisa anda edit sekarang ini.

Agar File Hosts Bisa di Edit

7. Done.

Dengan demikian, sekarang ini masalah anda sebelumnya sudah bisa terselesaikan dengan sangat mudah dengan adannya bantuan dari Notepad++ tersebut, secara umum Notepad++ ini bukan hanya bisa di gunakan untuk kepentingan seperti ini, melainkan lebih banyak hal lagi.

Apalagi jika anda senang dengan "Coding" maka sudah jelas aplikasi Notepad++ ini bisa menjadi andalan, karena semua fitur yang ada di dalamnya memang di buat untuk pada ahli Coding dengan fitur Advanced.

Maka, untuk bisa mengganti Permission sekalipun, aplikasi Notepad++ ini bisa untuk melakukan hal tersebut dengan sangat mudah, tanpa anda perlu mengubah Permissions File secara manual, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact