Cara atasi WhatsApp yang tidak bisa menerima dan mengirim pesan - ASHADIN

Saturday, June 15, 2019

Atasi WhatsApp Pending Mengirim dan Menerima Pesan

Cara atasi WhatsApp yang tidak bisa menerima dan mengirim pesan

Atasi WhatsApp Pending Mengirim dan Menerima Pesan

Salah satu Media Sosial paling banyak di gunakan saat ini dan bahkan seperti hal wajib bagi siapa saja sekarang ini, tidak lain dan tidak bukan adalah WhatsApp, karena aplikasi bertukar pesan ini memang sudah mengakar jauh sebelum adanya smartphone Android yang ada di zaman sekarang ini.

Hampir setiap golongan orang modern di zaman sekarang menggunakan aplikasi satu ini, bisa untuk untuk kepentingan bisnis, pribadi, organisasi, team work, edukasi dan lain sebagainya, mereka mempercayakan kepada aplikasi WhatsApp tersebut sebagai wadah untuk bertukar informasi dan diskusi.

Meski demikian faktanya masih ada banyak aplikasi per-persanan yang ada di luar sana, tetapi saya kira WhatsApp lah yang paling terkenal dan paling banyak penggunannya saat ini dan masalah besar akan terjadi jika aplikasi WhatsApp ini bermasalah.

Benar saja, anda tidak akan bisa melakukan komunikasi apapun jika aplikasi ini sedang mengalami masalah, karena anda tidak akan bisa menerima dan mengerim pesan sama sekali dan kasus ini nampaknya sering terjadi di tahun 2019 ini.

Tetapi, ada hal yang harus anda pahami, karena masalah WhatsApp Error ini bukan hanya datang dari Server WhatsApp saja yang Down, melainkan bisa di akibatkan oleh faktor lain, yaitu adalah sebagai berikut :

  • Aplikasi WhatsApp Crash dan bahkan tidak berkerja, dalam kasus ini hanya anda yang mengalaminya.
  • Server WhatsApp sedang bermasalah (Down).
  • Jaringan WhatsApp di Block oleh pemerintah, dalam kasus ini adalah Kominfo.
  • Koneksi Internet yang anda gunakan.
  • Kouta anda habis.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, masalah Errornya WhatsApp ini datang dari beberapa faktor yang bisa kita sebut dengan Faktor Internal dan External, cara penanganannya pun berbeda-beda, ada yang bisa anda perbaiki sendiri dan adapula yang tidak bisa anda perbaiki sama sekali.

Maka dengan demikian, berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi WhatsApp yang sedang bermasalah, silahkan anda coba semuanya, karena masalah ini umum, maka penyelesaiannya juga bisa di lakukan dengan cara yang umum.


# WhatsApp Hang tidak bisa di buka (Freeze)


Jika anda mengalami masalah ini, maka sudah pasti masalah utamanya adalah di karenakan System OS yang anda gunakan Error atau bahkan hanya aplikasi WhatsApp yang anda gunakan saja yang Error, masalah ini biasanya terjadi karena beberapa hal di bawah ini :

  • Chat terlalu banyak.
  • Aplikasi WhatsApp tidak pernah di perbaharui (Update).
  • Memory Internal Smartphone anda habis.
  • Kinerja Hardware Smartphone anda sudah bermasalah, biasanya di alami oleh pengguna smartphone jadul.
  • Tidak ada koneksi Internet.

Maka, solusi terbaik yang bisa anda lakukan jika mengalami masalah ini adalah sebagai berikut :

1. Silahkan Lakukan Wipe Data (Reset Data) WhatsApp dengan asumsi kinerja WhatsApp akan kembali normal, jika semua cache dan junk filenya telah di hapus, caranya bisa anda ikuti pada artikel ini Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa di buka, Hang atau Error.

2. Longgarkan penyimpanan Memory Internal smartphone anda, paling tidak sisakan 1GB Free Storage agar WhatsApp bisa berkerja secara optimal.

3. Lakukan Flashing, jika memang OS / Firmware smartphone anda sedang bermasalah.


# WhatsApp tidak bisa menerima dan mengirim pesan (Pending)


Masalah ini bisa datang dari 2 hal, yaitu adalah sebagai berikut :

  • Koneksi Internet anda sedang bermasalah atau gangguan.
  • Server WhatsApp sedang Down.

Jika masalah datang dari Koneksi Internet yang anda gunakan, maka segera gunakan koneksi Internet dari Provider lain, hal ini bertujuan agar komunikasi anda tetap terjaga dan tidak terputus, untuk mengetahui masalah ini sebenarnya cukup mudah, silahkan anda browsing, jika anda tidak bisa membuka halaman apapun ketika anda Browsing, maka sudah jelas berarti Koneksi Internet yang anda gunakan sedang gangguan atau kouta anda habis.

Tetapi, jika hanya WhatsApp saja yang tidak bisa, seperti anda masih bisa melakukan Browsing, Download ataupun Streaming, maka sudah pasti adalah masalah yang terjadi yaitu bisa Server WhatsApp yang sedang Down atau sedang di batasi oleh Pemerintah.

Jika Server WhatsApp Down, maka tidak ada hal yang bisa anda lakukan, kecuali anda menunggu hingga Server tersebut normal lagi, untuk mengetahui apakah server WhatsApp sedang Down atau tidak itu cukup mudah, silahkan anda buka Facebook dan Instagram, jika ke-2 aplikasi tersebut tidak bisa di buka (Update) maka sudah jelas terjadi masalah pada server, karena Facebook, Instagram dan WhatsApp itu menggunakan server yang sama.

Jika masalah datang dari pemerintah kita yang melakukan Block aplikasi Medsos yang berimbas ke layanan WhatsApp, maka solusinya anda bisa menggunakan VPN, untuk detailnya silahkan ikuti cara ini 2 Cara menggunakan VPN di Android secara Gratis dan Berbayar.

Untuk anda ketahui bahwa di tahun 2019 ini setidaknya telah terjadi 2 kali Server Down pada WhatsApp dan 1 Kali Pembatasan dari Pemerintah kita, jadi anda harus jeli melihat pokok masalah ini.

Karena, masalah WhatsApp Error ini bisa datang dari banyak hal, jangan langsung menyebut server WhatsApp sedang Down, silahkan cari tahu dulu dan jika memang memungkinkan silahkan lakukan perbaikan secara mandiri.

Karena, jika anda sedang berada di situasi genting yang membutuhkan aplikasi WhatsApp ini untuk berkomunikasi, tentu saja masalah ini akan merugikan anda, maka dari itu silahkan pelajari masalahnya dan perbaiki jika memang memungkinkan, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact