Kenapa Video 1080p Lags di Android? begini solusinya - ASHADIN

Saturday, May 4, 2019

Solusi Video 1080p Lags

Kenapa Video 1080p Lags di Android? begini solusinya

Solusi Video 1080p Lags

Sekarang ini fungsi sebuah Smartphone bukan hanya untuk bisa berkomunikasi jarak jauh saja, melainkan saat ini Fungsi Smartphone sudah kian banyak karena di tunjang dengan teknologi yang canggih saat ini.

Sekarang ini anda bisa menikmati beragam hiburan yang bisa anda lakukan hanya bermodalkan smartphone Android saja, seperti bermain game, membaca, hingga menonton sebuah film (Video) mautu secara Streaming Online atau Offline.

Semua hal tersebut bisa anda lakukan dengan mudah sekarang ini, sehingga bagi beberapa orang menikmati hiburan di smartphone memang lebih menyenangkan di banding menggunakan sebuah Laptop atau Komputer.

Hanya saja tidak semua hiburan tersebut bisa lancar anda nikmati, karena setiap smartphone Android itu pasti memiliki batasan tertentu dan hal besar yang menjadi pembatas tersebut adalah dari Spesifikasi smartphone Android yang anda gunakan sendiri.

Misalnya pada kasus yang akan kita bahas kali ini, yaitu masalah kenapa ketika anda memutar Video ber-resolusi 1080p atau FullHD di Andriod, Video tersebut menjadi patah-patah, tersendat, bahkan tidak bergerak sama sekali (Lags), untuk hal ini ada banyak sekali faktor pencetusnya.

Dari semua faktor tersebut hampir semua masalah datang dari spesifikasi smartphone yang anda gunakan saat ini, sama seperti yang saya sebutkan sebelumnya, karena keterbatasan spesifikasi tersebut.


# Kenapa Video 1080p Lags di Android


Berikut adalah alasan kenapa katika anda memutar Video 1080p di Android, Video tersebut menjadi Lags dan tidak lancar untuk di putar :


1. CPU dan GPU


Hal ini adalah penyebab yang pertama, mudahnya begini CPU dan GPU anda itu hanya mampu memproses Video dengan jumlah Resolusi 720p saja, dan ketika anda paksakan memutar Video 1080p, tentu saja CPU dan GPU di Android anda akan kewalahan, karena memerlukan resource yang di luar kemampuan dari CPU dan GPU tersebut.


2. RAM


Hal ini juga terkait dengan batasan CPU dan GPU Android, karena jika sisa RAM hanya sedikit, maka sudah pasti anda tidak akan bisa memutar Video 1080p dengan lancar,meskipun bisa paling cuma sebentar, setelahnya akan ngehang dan terjadi Force Close, hal itu di karena kapasitas RAM yang telah habis.


3. Resolusi layar hanya 720p


Ini hal yang harus anda perhatikan juga, sebenarnya anda bisa saja memutar Video 1080p hingga 4K di kayar 720p, tetapi hasilnya akan tidak maksimal, karena layar smartphone Android anda hanya bisa menampilkan secara maksimal sebuah Video dengan resolusi 720p atau HD saja.

Jika lebih dari itu maka bisa jadi Lags yang menjadi masalah yang anda alami sekarang terjadi, selain itu memutar Video diatas Resolusi layar juga merupakan hal yang sia-sia, kualitas gambar tidak akan membaik, karena layar memang hanya mampu menampilkan maksimal di resolusi HD atau 720p saja.


4. Bugs ROM / Firmware


Jika pada kenyataannya spesifikasi smartphone Android anda mumpuni, memiliki RAM yang besar, CPU dan GPU yang cepat, Resolusi layar 1080p, tetapi masih saja terjadi Lags.

Maka, bisa jadi penyebabnya adalah Bugs yang terdapat pada ROM / Firmware yang sedang anda gunakan sekarang ini, karena jika Encode Video di RO / Firmware yang anda gunakan bermasalah, maka bukan tidak mungkin Video yang anda putar menjadi bermasalah seperti Lags.

Sehinga ke-4 hal diatas adalah hal yang pada umumnya mewakili masalah, kenapa ketika anda memutar Video 1080p, Video tersebut tidak lancar untuk di mainkan, seperti tersendat, Sound dan Gambarnya tidak Sinkron dan lain sebagainya.


# Solusi Video 1080p Lags


Sebenarnya masih ada solusi yang bisa anda upayakan yaitu adalah dengan mengubah Encoder dari Video tersebut. seperti jika sebelumnya HW menjadi SW dan hal ini juga membutuhkan sebuah aplikasi pemutar Video di Android yang di namakan MX Player, berikut adalah solusinya yang sudah saya tulis lengkap pada artikel ini Mengatasi Video Patah-patah (Lag) pada MX Player Android.

Dengan demikian, seharusnya anda sudah tahu kenapa Video 1080p yang anda putar menjadi Lags atau patah-patah, jika anda sudah tahu bahwa hal ini ternyata batasan dari Spesifikasi Smartphone Android yang anda gunakan.

Maka sudah pasti anda tidak boleh lagi memutar Video 1080p, melainkan harus memutar Video di bawah 1080p, seperti 720p dan 480p, semakin rendah resolusi Video yang anda putar, maka akan semakin lancart Video tersebut di mainkan, hal ini karena resource yang di butuhkan juga kecil, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact