Xiaomi / Redmi Muncul Tulisan pcsuite.mi.com (Mi Assistant)? Begini cara keluarnya - ASHADIN

Wednesday, May 1, 2019

Cara Keluar dari Mode Mi PC Suite (Mi Assistant)

Xiaomi / Redmi Muncul Tulisan pcsuite.mi.com (Mi Assistant)? Begini cara keluarnya

Cara Keluar dari Mode Mi PC Suite (Mi Assistant)

Sama seperti device Android kebanyakan, Xiaomi juga memiliki beberpa Mode tertentu yang memang di tujukan untuk pengguna yang ingin melakukan Maintenance sendiri terhadap masalah yang muncul di smartphone Xiaomi atau Redmi tersebut.

Sejauh ini ada 4 buah Mode yang bisa anda akses dan pakai di Xiaomi / Redmi, yaitu adalah :

1. Mode Fastboot
2. Mode Recovery
3. Mode EDL (Khusus mesin Qualcomm Snapdragon)
4. Mode PC Suite (Mi Assistant)

Saya sangat yakin jika anda pengguna Xiaomi / Redmi yang awam, pasti akan bingung jika tidak sengaja masuk ke salah satu dari 4 Mode diatas, karena anda tidak bisa melakukan Navigasi apapun dalam Mode tersebut, kecuali Mode Recovery yang bisa di Navigasikan dengan Tombol Volume dan Power.

Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan membahas terkait masalah Mode Mi PC Suite (Mi Assistant) saja, karena masalah ini memang kerap muncul dan banyak membuat para penggunanya bingung.

Banyak diantara mereka langsung berspekulaasi, bahwa smartphone Xiaomi / Redmi yang mereka gunakan rusak atau terkena Virus, padahal kenyataannya tidak seperti itu, karena hal ini memang wajar terjadi.

Jika anda memang mencari jalan keluar dari Mode Fastboot, maka silahkan ikuti cara ini yaitu Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi, karena seperti yang saya jelaskan diatas, saya hanya akan membahas terkait cara keluar dari Mode Mi PC Suite atau Mi Assistant saja.


Sebelum itu apa sih guna dari Mode Mi PC Suite atau Mi Assistant tersebut ?


Maka jawabannya adalah Mode ini berguna untuk melakukan Maintenance dengan menggunakan kemampuan PC, tentu anda harus mendownload aplikasi Mi PC Suite atau Mi Assistant dulu baru bisa menggunakan Mode ini.

Garis besarnya adalah bahwa Mode Mi PC Suite atau Mi Assistant ini adalah untuk penghubung antara device Xiaomi anda ke aplikasi Mi PC Suite atau Mi Assistant yang sudah anda install di PC Windows.

Adapun hal yang bisa anda lakukan dengan aplikasi Mi PC Suite ini adalah bisa di gunakan untuk melakukan Update ROM hingga melakukan Backup data, tentunya anda harus punya Mi Account sebelumnya.


Lalu bagaimana Xiaomi anda bisa masuk ke dalam Mode ini?


Sejauh ini ada 3 buah kemungkinan kenapa Xiaomi anda bisa masuk ke Mode pcsuite.mi.com (Mi Assistant) tersebut, yaitu adalah sebagai berikut ;

1. Anda tidak sengaja menekan tombol Volume Up (+) ketika Xiaomi anda sedang Booting.
2. Tombol Volume Atas (+) rusak, sehingga tertekan terus, maka setiap kali Booting pasti akan selalu masuk ke Mode Mi PC Suite.
3. Adanya Error di Firmware yang anda gunakan, sehingga Xiaomi anda akan Brick dan akan terus-terusan masuk ke Mode PC Suite atau Mi Asssitant tersebut.

Biasanya jika anda telah masuk ke Mode Mi PC Suite (Mi Assistant) maka akan muncul gambar seperti ini :

Cara Keluar dari Mode Mi PC Suite (Mi Assistant)

Dalam Mode ini anda tidak akan bisa melakukan Navigasi apapun, karena memang tidak ada menu yang bisa anda Navigasikan, lalu bagimana cara keluar dari Mode ini? mudah saja!


# Cara Keluar dari Mode Mi PC Suite (Mi Assistant)


Anda hanya perlu menekan tombol Power dan Tahan selama kurang lebih 10-15 Detik, maka Xiaomi anda akan otomatis Reboot atau Shutdown dengan sendirinya, cara ini kerap di sebut dengan tekni Force Shutdown.

Sejauh ini saya tidak menemukan dampak dari metode Force Shutdown ini, harusnya jika anda telah melakukan Force Shutdown, maka Xiaomi anda sudah bisa Booting dan di gunakan secara Normal lagi.

Jika pada akhirnya masih saja masuk ke Mode Mi PC Suite (Mi Assistant), maka masalahnya bisa jadi tombol Volume atas (+) rusak dan bisa jadi ada Error di Firmware.

Maka langkah awal yang paling bijaksana yang bisa anda lakukan adalah dengan mengupayakan melakukan Flash (Fastboot) saja terlebih dahulu, semoga berhasil dan bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact