Ketahui komponen Laptop yang bisa di ganti (Upgrade) dan tidak bisa di ganti - ASHADIN

Saturday, May 4, 2019

Hardware Laptop yang Bisa di Ganti dan Tidak

Ketahui komponen Laptop yang bisa di ganti (Upgrade) dan tidak bisa di ganti

Hardware Laptop yang Bisa di Ganti dan Tidak

Laptop memang seakan menjadi salah satu barang wajib bagi kita yang hidup di era sekarang ini, karena dengan Laptop maka pekerjaan kita akan lebih mudah selesai, hal ini di dukung dengan fungsi dari Laptop itu sendiri yang bisa di gunakan di manapun.

Tidak seperti komputer yang berbobot berat dan sukar untuk di bawa kemana-mana, Laptop menjadi pilihan yang sangat baik sekarang ini jika anda adalah seoarang yang memang berkerja dengan mobilitas yang tinggi.

Bukan hanya untuk para perkerja, faktanya sekarang ini Laptop juga sudah di gunakan oleh banyak orang dari beragam usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun.

Kebutuhannya pun juga bermacam-macam, seperti untuk menikmati hiburan seperti bermain game dan menonton film, mengerjakan suatu dokumen, mengedit foto dan video, hingga pada tahap akhir ini Laptop itu bisa di gunakan sebagai media pembelajaran yang efektif, seperti pembelajan bahasa robot (Programming) hingga mengerjakan suatu penelitian.

Maka dengan demikian wajar saja kebanyakan orang lebih memilih menggunakan Laptop dari pada PC (Komputer) dengan alasan, mudah di bawa, tidak memakan konsumsi listrik yang tinggi dan harganya cenderung lebih murah dari pada anda merakit sebuah komputer baru.

Sayangnya, Laptop ini adalah sebuah perangkat yang rentan, artinya sewaktu-waktu Laptop anda bisa saja rusak, seperti terkena air, kepanasan, debu yang menumpuk, terjatuh hingga bahkan terbakar.

Hal yang menjadi kekurangan dari Laptop itu sendiri adalah bahwa Part / Komponen di dalamnya tidak semuanya bisa di ganti sesuka hati seperti di PC / Komputer.

Jika anda berniat untuk mengganti Part / Komponen di Laptop pilihannya itu sangat terbatas, karena kebanyakan Part inti itu sudah terpasang secara permanent dengan Motherboardnya, sehingga hanya ada beberapa saja yang bisa anda ganti.


# Komponen Laptop yang bisa di Ganti / Upgrade


Hardware Laptop yang Bisa di Ganti dan Tidak

1. RAM


Secara umum setiap Laptop itu di bekali dengan kemampuan RAM yang bisa di ganti atau di tambahkan, dan faktanya setiap Laptop itu kebanyakan pasti akan menyisakan satu Slot RAM kosong yang bisa di manfaatkan oleh penggunannya untuk menambah kapasitas RAM tersebut.


2. Storage Disk


Selanjutnya hal yang bisa anda ganti secara mandiri adalah pada Hardware Storage, bisa itu HDD, SSHD, SSD hingga SSD M.2, semua hal ini bisa anda ganti dengan sangat mudah dan tanpa perlu berinteraksi dengan Motherboard.


3. Monitor


Bukan hanya komponen yang tidak terlihat saja, melainkan komponen yang biasa kalian tatap yaitu Monitor juga bisa anda ganti dengan mudah.


4. Keyboard


Ya! kalau monitor saja bisa di ganti, tentu saja Keyboard juga bisa di ganti dengan sama mudahnya, hanya saja ada beberapa tingkat kesulitan untuk mengganti Keyboard secara mandiri tersebut.

Karena jika jenis Keyboard itu satuan, maka akan sulit karena anda harus mencongkel satu-persatu key yang anda, dan juga anda harus mengetahui apakah spesifikasi Keyboard yang anda gunakan pakai teknologi membrane atau mechanical, karena ke-2 buah jenis keyboard ini memiliki cara pemasangan yang berbeda.


5. Baterai


Saya kira semua orang sudah tahu akan hal ini, ya! baterai Laptop bisa anda ganti, mau itu baterai tanam atau baterai yang mudah di lepas, semuanya bisa anda lakukan dengan sangat mudah.

Dengan demikian itulah ke-5 komponen utama Laptop yang tidak bisa anda ganti dengan mudah, selain itu mencari komponennya di pasaran pun cukup mudah, karena memang khusus ada di jual untuk komponen upgradeable tersebut.

Selanjutnya jika anda komponen yang bisa di ganti, maka sudah pasti ada beberapa Part / Komponen yang tidak bisa di ganti dan semuanya ini datang dari Motherboard, karena sudah di buat secara Fixed.


# Komponen Laptop yang tidak bisa bisa di Ganti / Fixed


Hardware Laptop yang Bisa di Ganti dan Tidak

1. Processor


Ternyata bagian terpenting dari sebuah Laptop ini faktanya tidak bisa di ganti, alasannya adalah karena sudah menyatu dengan Motherboard! sebenarnya masih bisa anda ganti, tetapi anda harus bongkar Mortherboard habis-habisan, selian itu anda juga tidak bisa sembarangan mengganti Processor, karena kalau tidak cocok dengan Motherboard maka Laptop anda tidak akan bisa hidup.

Selain itu anda pun akan sulit mencari Part ini di pasaran, karena memang tidak di jual secara bebas dan umum, alasannya sederhana. karena bukan Part yang upgradeable.


2. VGA (Graphic Card)


Sama seperti Processor yang memiliki fungsi penting untuk rendering ini faktanya juga tidak bisa anda ganti, karena sudah di buat menyatu, bahkan sampai sekarang saya tidak pernah menemukan sebuah tempat Service Laptop yang berani melakukan hal ini.


3. Sistem Pendingin


Selain komponen inti diatas, faktanya sistem pendingin Laptop yang biasanya berupa kipas itu juga tidak bisa di ganti, kalaupun bisa pasti akan memakan biaya yang mahal, karena anda tidak bisa hanya mengganti kipasnya saja, melainkan seluruh system pendingin tersebut, karena kipas ini sudah menyatu dengan colling system tersebut.


4. Hal yang terkait di Motherboard


Selain 3  hal diatas ada banyak hal lagi yang tidak bisa anda ganti begitu saja, dan jika alat tersebut tertancap secara Fixed di Motherboard, jelas saja anda tidak akan bisa menggantinya, karena selain sulit untuk di dapatkan di pasaran, perlu skill yang tinggi untuk mengganti hardware yang non-removable tersebut.

Dengan demikian sudah cukup lengkap rasanya saya menjelaskan terkait Part / Komponen mana saja yang bisa anda ganti dan tidak bisa anda ganti begitu saja.

Saya membuat artikel ini untuk menjelaskan kondisi Laptop pada umumnya, karena ada beberapa Laptop yang bisa di ganti-ganti komponen dalamnya dengan sangat mudah, dan biasanya Laptop ini biasa di sebut Laptop Modular yang memiliki bobot dan bentuk yang lebih besar dari Laptop pada umumnya.

Sehingga, jika anda menemukan sebuah kerusakan yang terjadi di Laptop anda atau ingin melakukan Upgrade, maka ketahui dulu apa saja yang bisa di ganti dan tidak, karena jika anda tidak tahu, maka sudah pasti anda akan rugi, sebaiknya jika anda awam serahkan saja pada ahlinya di tempat service Laptop terkenal di kota anda masing-masing.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact