Apa itu CPU? Ciri-ciri dan apa saja yang ada dalam CPU tersebut - ASHADIN

Friday, December 14, 2018

Ciri-ciri CPU

Apa itu CPU? Ciri-ciri dan apa saja yang ada dalam CPU tersebut

Apa itu CPU? Ciri-ciri dan apa saja yang ada dalam CPU tersebut

Mungkin banyak dari anda yang bingung terkait istilah CPU yang sering kita sebut sekarang ini, banyak dari anda pasti salah mengartikan CPU tersebut, saya yakin 100% akan hal tersebut, karena sewaktu saya sekolah dulu, saya di kenalkan bahwa CPU adalah merupakan semua komponen yang di gabungkan dalam seuatu perangkat berupa tabung (case pc) yang ternyata salah besar!

Saya baru saja sadar akhir-akhir ini ketika ada seorang murid yang bertanya langsung via email yang katanya apa perbedaan CPU, PC dan Processor? pertama saya cukup bingung bagaimana cara menjawabnya.

Setelah mencari tahu ternyata saya tahu yang sebenarnya, maka dari itu artikel ini saya buat, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meluruskan persepsi yang sudah salah sebelumnya.


Jika anda melihat gambar ini, anda akan menyebutnya apa?



Saya yakin hampir 90% dari anda pasti menyebutnya dengan CPU, karena sebelumnya saya juga menyebutnya demikian.

Lalu apa sih kata yang tepat untuk menyebut komponen tersebut? jawaban paling benarnya adalah PC (Personal Computer) atau yang sering kita sebut Komputer dan ada lagi istilah penyebutan yang paling benar yaitu adalah Computer Cabinet atau bisa juga di sebut CPU Box.


Lalu ini anda sebut dengan apa?



Saya yakin anda pasti menyebutnya dengan Processor atau Chipset, memang benar dan tidak salah apa yang sudah anda sebut tersebut, tetapi gambar di atas sebetulnya sebutannya adalah CPU (Central Processing Unit) kalau di ibaratkan adalah otak dari komputer tersebut.

Tercengang bukan? jadi saya pikir setelah ini pasti anda tidak merasa begitu pandai lagi, apalagi jika latar belakang anda yang seorang IT atau ahli pranata komputer dan baru tahu fakta di atas, maka saya pikir anda akan malu terhadap diri anda sendiri heheee.

Jadi, itu lah fakta sebenarnya dari penyebutan kata-kata tersebut, maka untuk selanjutnya, jangan lagi sampai salah menyebutkannya, karena benar saja banyak anak murid sekolah yang menjadi bingung terkait penyebutan benda tersebut.


Selanjutnya apa saja sih yang menjadi ciri-ciri dan apa saja komponen yang ada dari CPU komputer tersebut ?


1. Mempunyai fungsi inti sebagai bagian utama dari processing unit.
2. Memiliki Core atau inti (otak dari inti processor) yang bisa berjumlah lebih dari 1.
3. Memiliki Thread (kecepatan dalam melakukan process).
4. Menggunakan system Cache.
5. Kecepatan core terhitung dalam satuan Gigahertz (GHz).
6. Beberapa CPU memungkinkan untuk melakukan Overclock kecepatan Core.
7. Processor zaman sekarang sudah melakukan impelentasi On Board Graphic Card yang langsung di sertakan dalam sebuah Processor.
8. Hanya ada 2 buah produsen ternama yang memproduksi CPU saat ini yaitu Intel dan AMD.
9. Masalah umum yang sering menimpa CPU adalah Overheat.
10. Processor atau CPU memiliki pendingan khusus dan bersifat individual.
11. Memiliki konsumsi Watt (TDP) yang beragam.
12. Memiliki Base Clock (Settingan GHz standard) dan memiliki Maximum Clock yang sudah di tentukan secara pabrikan.
13. Beberapa CPU juga memiliki Turbo Boost Clock yang mempunyai fungsi untuk melakukan Overclock secara otomatis, jika memang sedang di gunakan dalam perkerjaan yang berat.

Dengan demikian itulah yang saya tahu dari pengetahuan awam yang saya miliki, harapannya adalah agar anda semua tidak salah lagi dalam menyebut CPU, PC atau Processor di masa mendatang.

Saya pikir penjelasan di atas juga bisa membantu untuk menambah wawasan dari para murid atau pelajar sekolah yang saat ini memang sedang mempelajari apa-apa saja yang ada dalam komponen CPU tersebut, baik dari karakteristik dan ciri-cirinya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact