Cara atasi Video MKV yang tidak bisa terdownload otomatis dengan IDM - ASHADIN

Friday, May 3, 2019

Cara Atasi Video MKV yang tidak bisa otomatis di Download IDM

Cara atasi Video MKV yang tidak bisa terdownload otomatis dengan IDM


IDM memang sangat memudahkan kita untuk menghemat waktu dalam melakukan Download File yang sedang kita lakukan, bayangkan saja kecepatan Download dari IDM ini bahkan bisa 10 kali lebih cepat dari Tool Download bawaan aplikasi Browser.

Selain itu menariknya IDM ini sudah bisa terintegrasi dengan aplikasi Browser, sehingga jika anda melakukan Download, maka secara otomatis File Download tersebut akan langsung di tangani oleh IDM, meski demikian tidak selamanya IDM ini bisa berhasil melakukan Download File yang anda mau.


Ada banyak Faktor yang membuat IDM ini gagal melakukan Download, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :


1. Server Host tidak mengijinkan untuk melakukan Download.
2. File Download di Block oleh Anti Virus.
3. Link Download salah.
4. Server Download di Block oleh Internet Positif.
5. Ekstensi File tidak di dukung oleh IDM.

Maka inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah jika anda mendownload sebuah Video dengan Format (MKV) tetapi IDM tidak bisa secara otomatis aktif dengan langsung mendownloadnya via IDM, maka disini anda perlu melakukan sedikit Settingan pada aplikasi IDM tersebut.

Sebenarnya anda masih bisa melakukan Download dengan aplikasi IDM, yaitu adalah dengan cara melakukan Copy Paste Link URL Downlaod tersebut ke IDM, tetapi cara ini kurang praktis bagi anda yang ingin melakukan Download secara cepat dengan fitur Integrasi IDM tersebut.

Pada bahasan kita kali ini, maka kaitannya ada pada Point nomor 5 yang telah saya sebutkan diatas, yaitu Ekstensi File MKV itu secara default tidak di dukung oleh IDM, tetapi bukan berarti anda tidak bisa mendownload Video MKV dengan IDM secara otomatis.

Melainkan anda harus melakukan Settingan manual untuk menambahkan Format Ekstensi tersebut, tujuannya agar IDM mengenali jenis Format File tersebut dan secara otomatis akan langsung terdownload dengan IDM, tanpa perlu anda melakukan Copy Paste.


# Cara Atasi Video MKV yang tidak bisa otomatis di Download IDM


Berikut adalah cara untuk menambahkan Format Ekstensi di IDM, agar bisa terdownload secara otomatis :

1. Silahkan buka dulu apliasi IDM.
2. Selanjutnya tekan pilih menu Options.


3. Lalu masuk ke dalam Tab File Types.


4. Pada kotak yang telah disediakan, silahkan masukan ekstensi format MKV, seperti ini :


5. Jika sudah silahkan tekan OK.
6. Terakhir silahkan ulangi Download File dengan IDM tersebut, harusnya File MKV yang anda Download sudah secara otomatis terdownload dengan IDM.
7. Done.

Cara ini sebenarnya tidak hanya bisa di gunakan untuk menambah Format File Ekstensi MV saja, melainkan seluruh Format yang ada, misalkan ISO, Webp, IMG dan lain sebagainya.

Jika anda sudah menambahkan Ekstensi File tersebut secara manual dengan IDM, maka ketika anda melakukan Download, secara otomatis File Download tersebut akan di tangani oleh IDM dan bukan dari aplikasi Tool Download aplikasi Browser.

Jika anda tidak menambahkan Format File tersebut ke Settingan IDM, maka sudah pasti File yang anda download hanya akan di tangani oleh Tool Download bawaan Browser saja, maka dengan demikian kondisi ini harus anda pahami sebetulny, semoga berhasil dan bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact