Cara perbaiki tampilan aplikasi yang Blur pada Windows 10 - ASHADIN

Thursday, May 2, 2019

Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10

Cara perbaiki tampilan aplikasi yang Blur pada Windows 10

Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10

Sebenarnya masalah ini baru saya ketahui dan saya temui ketika saya menggunakan sebuah Laptop Gaming baru, karena kebiasaan berkerja dengan menggunakan PC, saya merasa sedikit kurang nyaman dengan tampilan Resolusi pada Laptop yang saya gunakan.

Gambar layar seakan menjadi kecil, lalu ketika saya tingkatkan Scaling layar menjadi 125% akhirnya masalah ini menjadi muncul, yaitu ada beberapa aplikasi yang tampilan layarnya seakan menjadi Blur, salah satunya seperti ini :

Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10

Normalnya seharusnya seperti ini tetap tajam :

Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10

Setelahnya saya berpikir mungkin OS Windows yang saya gunakan sedang bermasalah, atau karena efek dari penggunaan aplikasi tertentu dan beberapa settingan Windows yang telah saya ubah, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan Install ulang OS.

Akhirnya? masalah yang sama tetap muncul, lalu saya perbaharui Driver VGA yang bisa jadi hal ini penyebabnya, setelah saya perbaharui, hasilnya tetap sama saja! hingga akhirnya masalah ini tidak bisa saya pecahkan hingga 1 malam penuh.

Ke esokan harinya, baru saya mendapat kesimpulan dan mendapati pokok masalah yang terjadi, masalah utamanya adalah datang dari fitur Scaling di Windows 10.

Untuk anda ketahui saat ini saya menggunakan Laptop dari Asus ROG GL533VD yang pada resolusi layarnya adalah 1080p atau kerap disebut FullHD, ternyata ini yang menjadi masalah.

Jika saya tetap menggunakan Scaling 100% maka tampilan beberapa aplikasi tetap akan menjadi normal, tetapi masalahnya gambar dan text yang tampil begitu kecil dan terasa tidak nyaman untuk saya pandang.

Sehingga saya memutuskan menggunakan Scaling 125%, gambar dan text menjadi Ideal untuk saya pandang, tetapi beberapa aplikasi menjadi Blur.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi? jawaban dari pertanyaan ini mudah saja, karena beberapa aplikasi tersebut memang tidak bisa beradaptasi dengan fitur Scaling Windows, ya! cuma itu.

Sehingga menjadi masuk akal jika aplikasi seperti Winrar menjadi Blur, karena fitur Scaling tidak bisa berkerja dengan baik pada aplikasi tersebut, yang terjadi gambarnya hanya seperti di Zoom saja, sehingga wajar menjadi Blur.


# Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10


Maka sebenarnya anda bisa saja mengatasi masalah ini dengan mudah yaitu dengan cara sebagai berikut :

1. Silahkan buka dulu menu Display Settings, dengan cara ke Desktop, Klik Kanan >> Display Settings.

Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10

2. Lalu silahkan lihat pada bagian Scale and Layout, selanjutnya tekan opsi Advanced Scaling Settings.

Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10

3. Pastikan opsi Let Windows Try to Fix apps so They're Blurry aktif, seperti ini :

Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10

4. Pada bagian Custom Scaling silahkan isikan 110%, atau 115% atau 120%, sesuaikan saja yang mana yang anda sukai.

Cara Atasi Gambar Aplikasi Blur pada Windows 10

5. Terakhir, selanjutnya silahkan tekan Apply dan lakukan Sign Out agar Settingan yang telah anda terapkan berfungsi.
6. Done!

Sebenarnya cara ini tidak menyelesaikan masalah Blur pada beberapa aplikasi tertentu secara 100%. Namun, lebih ke memperbaiki saja, tampilannya tetap Blur, tetapi tidak separah pada Settingan Scaling 125%.

Kalau saya sendiri settingan paling cocok untuk saya adalah 110%, dengan Blur pada aplikasi yang hampir tidak terlihat.

Namun, jika anda memang tidak ingin melihat tampilan aplikasi yang Blur sama sekali, maka silahkan pilih opsi Scaling 100%, maka ini akan menjadi tampilan layar maksimal dan terbaik yang bisa di tampilkan oleh layar monitor Laptop anda.

Sejauh ini hanya cara ini yang bisa saya pikirkan, semoga cara ini bisa membantu anda, karena jika anda seperti saya, maka pastinya melihat gambar dan tulisan yang kecil itu akan menjadi masalah, karena tidak akan enak untuk di bawa berkerja, semoga artikel ini bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact