3 DNS (IPv4) Tercepat untuk Windows 10 dan cara Settingnya - ASHADIN

Thursday, April 18, 2019

Pasang DNS Tercepat Windows

3 DNS (IPv4) Tercepat untuk Windows 10 dan cara Settingnya

Pasang DNS Tercepat Windows

Saya yakin siapa saja ingin mendapatkan koneksi Internet yang cepat, baik itu saat melakukan Browsing, Streaming dan juga Downloading, untuk bisa mendapatkan kenyamanan dalam berinternet maka biasanya kita memerlukan sebuah DNS yang memang benar-benar cepat.

Internet kita di Indonesia memang bukan yang tercepat dan kalau di lihat kita masuh masuk dalam jajaran Koneksi Internet yang lamban, meski demikian kalau menurut saya pribadi, Internet yang saya konsumsi setiap hari melakui jaringan IndiHome sudah lebih dari cukup.

Hanya saja saya baru mendapatkan fakta yang menarik, karena saya masih bisa mempercepat Koneksi Internet saya dengan memasangkan DNS Tercepat yang bisa di gunakan secara gratis.

Umumnya kalau anda tidak menggunakan Custom DNS, maka anda akan menggunakan DNS yang sudah di sediakan ISP secara otomatis, untuk kecepatannya memang lumayan, tetapi faktanya akan bisa menjadi lebih cepat lagi jika anda menggunakan Custom DNS.

Penggunaan Custom DNS ini memang sudah bukan hal baru, dari dulu juga sudah banyak di gunakan orang, tetapi saya yakin beberapa dari anda hanya tahu bahwa DNS Tercepat saat ini kalau tidak Google DNS atau Open DNS bukan?

Maka jawaban itu sekarang sudah keliru, karena saat ini DNS tercepat di pegang oleh Cloudflare DNS, kelebihannya adalah Response Time-nya jauh lebih cepat dari 2 DNS umum yang sudah saya sebutkan diatas.

Selain itu pihak mereka mengklaim, DNS tersebut sangat aman dan lalu lintas dan history browsing anda tidak akan di simpan atau bahkan di lihat, mekanismenya adalah dengan menghapus secara otomatis lalu lintas yang terjadi jika anda menggunakan DNS dari Cloudflare tersebut.

Tetapi sesuaikan saja, DNS Cloudflare hanya satu dari sekian Alternatif Custom DNS yang bisa anda gunakan, berikut adalah 3 buah Custom DNS dengan kecepatan Response-nya :


1. Cloudflare DNS (10.95 Milidetik)



  • Preffered DNS : 1.1.1.1
  • Alternate DNS : 1.0.0.1



2. Open DNS (19.85 Milidetik)



  • Preffered DNS : 208.67.222.222
  • Alternate DNS : 208.67.220.220



3. Google DNS (33.85 Milidetik)



  • Preffered DNS : 8.8.8.8
  • Alternate DNS : 8.8.4.4


Itulah ke-3 buah DNS tercepat yang bisa anda gunakan, kenapa anda harus menggunakan Custom DNS tersebut? karena rata-rata kecepatan Response DNS dari ISP Defaultnya adalah 68.23 Milidetik, yang artinya berkali lebih lamban jika di bandingkan dengan Custom DNS tersebut.

Memang tidak sampai sedetik, tetapi Custom DNS ini akan benar-benar terasa jika jaringan Internet anda sedang lelet atau tidak sedang dalam kondisi prima, maka harusnya anda akan lebih lancar untuk melakukan Internetan di bandingkan jika anda menggunakan DNS Default ISP yang bisa jadi loading melulu.

Jika memang anda sudah memutuskan untuk menggunakan Custom DNS di Windows 10, maka berikut adalah caranya :


# Pasang DNS Tercepat di Windows 10


1. Silahkan masuk ke Control Panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center.
2. Selanjutnya silahkan Sorot ke bagian samping kiri dan lihat Opsi Change Adapter Settings.

Pasang DNS Tercepat Windows

3. Lalu pilih Adapter mana yang sedang anda gunakan untuk melakukan Internet sekarang, pada kasus ini karena saya menggunakan jaringan Wi-Fi maka saya pilih Wi-Fi.
4. Klik kanan pada Adapter tersebut, lalu tekan Properties.

Pasang DNS Tercepat Windows

5. Selanjutnya cari Internet Protocol Version 4 (IPv4).
6. Lalu tekan Properties.

Pasang DNS Tercepat Windows

7. Silahkan isi DNS-nya seperi ini, sebagai contoh disini saya menggunakan DNS Cloudflare.

Pasang DNS Tercepat Windows

8. Jika sudah tekan OK.
9. Silahkan nikmati koneksi Internet anda yang menjadi lebih cepat sekarang.
10. Done.

Jika anda sudah melakukan pemasangan DNS tersebut, maka saat ini anda sudah bisa merasakan manfaatnya, kalau saya sendiri memang benar terasa ada perubahan, di mana ketika saya melakukan Browsing koneksi internet saya lebih responsif dan cepat, saya kira di anda pun juga demikian.

Selanjutnya perlu di garis bawahi adalah jika koneksi Internet yang anda gunakan memang lamban dari awal, karena faktor wilayah, jaringan, cuaca, ataupun memang koneksinya lelet, maka cara diatas hanya akan bisa membantu sedikit sedikit saja.

Namun, cara ini akan sangat terasa jika koneksi Internet ada berada pada level lamban tidak, cepat tidak, maka anda bisa merasakan bahwa koneksi Internet anda akan menjadi lebih Responsif, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact