Cara Agar Rocket Loader Cloudflare berkerja di setiap halaman Artikel Blog - ASHADIN

Monday, April 15, 2019

Fix Rocket Loader Cloudflare Blogger

Cara Agar Rocket Loader Cloudflare berkerja di setiap halaman Artikel Blog

Fix Rocket Loader Cloudflare Blogger

Sebelumnya saya sudah membahas terkait bahwa Cloudflare bisa di pasangkan di Blogger untuk mendokrak performa dari situs bersangkutan, setelahnya juga sudah saya jelaskan secara rinci terkait Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare di Blogger.

Untuk pembahasan kali ini saya hanya akan berpusat pada satu buah fitur yang menurut saya, inilah fitur yang memiliki andil besar untuk bisa mempercepat Loading Blog di situs yang di Host oleh Blogger.

Karena seperti yang anda ketahui, jika anda menggunakan Blogger maka anda tidak akan bisa mendapat hak atas Hosting, karena semuanya di pegang oleh Google, sebagai imbasnya anda akan di berikan layanan Hosting salah satu tercepat di dunia tersebut secara cuma-cuma alias gratis.

Sehingga untuk bisa melakukan optimasi hanya bisa di lakukan di tengkat Template saja, beruntungnya disini kita bisa menggunakan Cloudflare yang bertindak sebagai pihak ke-3, sehingga jika anda menggunakan Cloudflare di Blogger, maka anda akan mendapat Settingan Extra yang tidak bisa anda temu di Dashboard Blogger itu sendiri.

Pada masalah kali ini saya akan membicarakan terkait fitur yang nmenurut saya sangat hebat, yaitu adalah Rocket Loader, fitur ini bisa mempercepat kecepatan Loading suatu situs dengan sangat cepat.

Cara kerjanya adalah dengan cara memperioritaskan Main Content (Non-JS) di Load lebih awal, sehingga ketika Main Content sudah di Loading, maka baru Content External lain seperti Ads, Widget dan lain sebagainya yang menggunakan bahasa Java Script di Load.

Jadi, pengguna tidak harus menunggu lagi untuk menyelesaikan Loading setelah semuanya berhasil di Muat, tentu saja dengan adanya fitur ini, maka Score Experience dari Situs anda akan meningkat.

Setelah hampir 1 bulan saya menggunakan fitur ini, hingga terhitung tanggal 15 April 2019, pengunjung Blog ini kian meningkat, saya pikir ini ada kaitannya dengan kecepatan Loading Situs ini yang terbantu dengan adanya fitur Rocket Loader dari Cloudflare tersebut.

Hanya saja, perlu anda ketahui fitur Rocket Loader ini, di tanamkan ke sebuah Situs secara Remotely, artinya anda tidak memerlukan tindakan apapun untuk memasangkan Script ini.

Kelebihannya memang dari segi penggunaannya mudah tetapi juga ada kekurangannya, yaitu Script Rocket Loader ini bisa tidak muncul di beberapa Halaman Posting Situs anda, sebagai hasilnya di halaman yang tidak di pasangi Rocket Loader secara Otomatis ini, tidak akan cepat Loadingnya, sama seperti ketika anda tidak menggunakan fitur ini.

Tetapi, tenang saja saya punya solusi untuk masalah ini, yaitu adalah :


# Cara Agar Rocket Loader Cloudflare berkerja di setiap halaman URL blog


1. Silahkan Buka Template Blog anda.
2. Lalu silahkan Salin Kode Scripts JS ini pada Template Blog di bawah Tag <Head>.

<script src='https://ajax.cloudflare.com/cdn-cgi/scripts/a2bd7673/cloudflare-static/rocket-loader.min.js'/>

Atau Gunakan Script async ini :

<script async='async' src='https://ajax.cloudflare.com/cdn-cgi/scripts/a2bd7673/cloudflare-static/rocket-loader.min.js'/>


Fix Rocket Loader Cloudflare Blogger

3. Untuk melihat apakah JS Rocket Loader Cloudflare ini berkerja tiap halaman, silahkan buka beberapa halaman URL blog anda.
4. Tekan F12 atau Menu Inspect (Google Chrome).
5. Lalu Pilih Tab Source.
6. Jika ada muncul ajax.cloudflare.com, berarti fitur Rocket Loader ini sudah aktif di setiap halaman.

Fix Rocket Loader Cloudflare Blogger

7. Done!


# Cara Update JS Rocket Loader jika ada versi Update


Ini adalah cara yang bisa anda lakukan jika sewaktu-waktu fitur JS Rocket Loader dari Cloudflare di update, maka anda juga harus menyesuaikannya secara manual, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan buka satu URL blog anda.
2. Tekan F12 atau Menu Inspect (Google Chrome).
3. Lalu Pilih Tab Source.
4. Kemudian pilih ajax.cloudflare.com >> cdn-cgi ..... >> rocket-loader.min.js.

Fix Rocket Loader Cloudflare Blogger

5. Lalu silahkan Copy URL dari Rocket Loader tersebut, seperti ini :

Fix Rocket Loader Cloudflare Blogger

6. Selanjutynya letakan pada Script ini :

<script src='URL JS ROCKET LOADER'/>

7. Terkahir, lakukan pemasangan Rocket Loader Manual seperti cara yang sudah saya sampaikan diatas.
8. Done.

Dengan demikian, kini fitur Rocket Loader sudah aktif untuk semua halaman URL di Blog anda, mau itu di Postingan, Laman, Halaman Pencarian dan di manapun, sehingga anda akan bisa mendapat keuntungan secara 100% dari fitur ini.

Kalau saya pribadi, sangat menyukai fitur Rocket Loader dari Cloudflare ini, karena memang terbukti ampuh menaikan User Experience yang berimbas ke Ranking Blog di Search Engine meningkat.

Hanya saja perlu di garis bawahi, fitur ini bisa jadi menyebabkan beberapa masalah, seperti ada beberapa Komponen yang gagal di Load dan bisa jadi menurunkan pendapatan Adsense, sudah saya jelaskan di artikel ini Dampak Positif dan Negatif Cloudflare untuk Blogger.

Namun, kalau saya tidak memperdulikan hal tersebut, karena saya kira lebih banyak untungnya dari pada ruginya, selain itu gagal Loading beberapa komponen hanya terjadi beberapa saat saja, ketika sudah di Refresh, maka komponen Hilang tersebut akan muncul lagi.

Untuk turunnya pendapatan Adsense saya juga tidak memikirkannya, karena cuma turun 0.5% saja dalam kasus saya.

Jadi, silahkan anda coba jika memang penasaran, karena hasil akhirnya bisa jadi berbeda, bisa jadi saya memang di untungkan dan anda bisa jadi di rugikan ketika menggunakan Fitur ini, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact