Cara Atasi Mi Account / Mi Cloud Xiaomi yang terkunci - ASHADIN

Tuesday, April 30, 2019

Cara Bypass Mi Account / Mi Cloud

Cara Atasi Mi Account / Mi Cloud Xiaomi yang terkunci

Cara Bypass Mi Account / Mi Cloud

Setiap tahunnya pihak Xiaomi selalu saja membuat sebuah peningkatan keamanan untuk OS MIUI yang mereka buat untuk semua jenis variant Xiaomi yang ada sekarang ini, wajar saja mengingat betapa pentingnya peran system keaman ini untuk menjaga smartphone Xiaomi anda dari tangan-tangan jahil yang bisa jadi ingin mencuri data pribadi anda.

Semua ini di mulai ketika pihak Xiaomi mengumumkan dan memberlakukan system Locked Bootloader untuk semua device Xiaomi yang akan di jual kepasaran, hingga pada saat ini system keamanan MIUI sudah di perketat lagi dengan adanya integrasi pada Mi Account atau Mi Cloud.

Sehingga jika anda tidak ingat password atau username untuk Login ke Mi Account atau Mi Cloud, maka sudah jelas anda tidak akan bisa menggunakan smartphone Xiaomi anda, karena di pastikan akan terkunci.

Metode ini sama seperti yang di terapkan oleh pihak Apple untuk iOS mereka, untuk di Xiaomi sendiri metode ini bisa jadi senjata makan tuan, karena pasalnya banyak dari pengguna Xiaomi tersebut tidak mengingat dan cenderung membuat Mi Account atau Mi Cloud secara sembarang saja.

Kapan sebenarnya anda harus memasukan Mi Account dan Mi Cloud tersebut untuk Authentications?


Hal ini kerap terjadi ketika anda telah melakukan hal ini :


1. Melakukan Flash / Fastboot baik menggunakan aplikasi Mi Flash Tool atau dengan menggunakan metode CMD.
2. Saat anda melakukan Factory Reset.
3. Saat anda salah memasukan Password seperti Pola dengan jumlah yang banyak.
4. Beberapa kasus muncul setelah anda melakukan Unlock Bootloader.

Ke-4 hal diatas bisa memicu munculkan halaman Authentications Mi Account atau Mi Cloud tersebut, secara umum masalah ini selalu muncul setelah anda melakukan Flash / Fastboot di ROM minimal MIUI 8.

Jika anda sama sekali tidak mengingat Login Mi Account atau Mi Cloud, maka masalah ini akan menjadi kian rumit! karena anda tidak akan pernah bisa masuk dan bisa menggunakan smartphone Xiaomi anda dengan lancar lagi.


# Atasi Mi Account / Mi Cloud Xiaomi yang terkunci


Jika anda memang benar-benar lupa dengan Login Mi Account atau Mi Cloud anda, maka tidak ada cara lain lagi selain melakukan Bypass terhadap System MIUI tersebut.

Sejauh ini ada 2 buah cara yang bisa anda terapkan dan terbilang efektif yaitu adalah sebagai berikut :


# Menggunakan Software Mi Account Unlock Tool


Sebelum anda bisa menggunakan Metode ini ada beberapa persyaratan utama yang harus anda penuhi yaitu adalah sebagai berikut :

1. Xiaomi anda bisa masuk ke Mode Mi PC Suite
2. Mi Account Unlock Tool
3. Kabel USB
4. Adb & Fastboot Driver Terbaru
5. Unlock Bootloader (lebih di sarankan)
6. Disable Driver Signature Enforcement

Semua syarat diatas harus anda penuhi terlebih dahulu, jika sudah silahkan masuk ke Metode Bypass Mi Account atau Mi Cloud tersebut ;

1. Silahkan masuk ke Mode Mi PC Suite dulu dengan menekan tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan saat Xiaomi anda Power Off, hingga muncul seperti ini :

Cara Bypass Mi Account / Mi Cloud

Jika anda masuk ke dalam Mode Recovery (bagi yang sudah UBL), maka silahkan pilih menu Connect to Mi PC Suite pada menu yang muncul di Mi Recovery tersebut.
2. Setelah itu silahkan hubungkan Xiaomi anda ke PC/Laptop dengan kabel USB.
3. Lalu buka aplikasi Mi Account Unlock Tool.

Cara Bypass Mi Account / Mi Cloud

4. Jika sudah, maka akan tampil menu seperti ini :

Cara Bypass Mi Account / Mi Cloud

5. Hal pertama silahkan tekan menu Information, jika ada muncul tulisan Failed, maka berarti device anda belum terhubung ke PC dengan benar, silahkan lakukan Disable Driver Signature Enforcement terlebih dahulu, karena biasanya hal ini yang menyebabkan Xiaomi anda tidak bisa terhubung dengan baik.
6. Jika sudah terhubung dan tidak lagi muncul indikasi Failed, silahkan tekan Menu Bypass dengan aturan seperti ini :

Menu Bypass Mi Account untuk seri Xiaomi yang di rilis pada tahun 2016 keatas.

Menu Disable Mi Account untuk seri Xiaomi yang di rilis di bawah tahun 2016.

7. Jika sudah Xiaomi anda akan Reboot dengan sendirinya.
8. Booting pertama akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
9. Done!

Catatan : Jika gagal berarti masalahnya terletak pada ROM MIUI yang anda gunakan, karena di MIUI versi paling baru, metode ini sudah tidak bisa di gunakan, sehingga metode ini kemungkinan tidak akan efektif untuk MIUI 10, tetapi masih bisa di gunakan pada versi MIUI 9 ke bawah.

Jika memang anda mendapati ROM anda adalah versi MIUI 10, maka jangan khwatir ada cara yang pasti berhasil untuk melakukan Bypass Mi Account atau Mi Cloud tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :


# Metode Test Point


Ya! dengan melakukan Test Point maka semua hal yang ada di file image userdata akan terhapus atau lebih tepatnya di reset, artinya dengan demikian akan Xiaomi anda tidak akan meminta untuk melakukan Login Mi Account atau Mi Cloud lagi! inilah kehebatan dari metode Test Point tersebut.

Kalau saya sendiri lebih menggunakan cara Test Point ini, karena keberhasilannya yang tinggi. Namun, dengan resiko yang tinggi pula.

Tetapi, anda tidak perlu khwatir jika anda melakukan metode Test Point dengan benar, maka jangan khwatir akan gagal, untuk lebih lengkapnya sudah saya tulis secara lengkap beserta gambarannya pada artikel ini Cara Melakukan Test Point di Xiaomi.

Dengan demikian, ke-2 cara diatas adalah cara paling efektif yang bisa anda lakukan untuk melakukan Bypass atau melewati Authentications Mi Account atau Mi Cloud, silahkan coba saja ke-2 cara diatas.

Khusus untuk cara nomor 2 itu saya pastikan berhasil, karena saya sudah 3 kali melakukan Bypass Mi Account dengan cara Test Point tersebut, hasilnya? tidak pernah mengecewakan.

Cara pertama juga sangat layak untuk anda lakukan, kalau saya sendiri baru pernah melakukan cara Bypass dengan cara pertama sebanyak satu kali saja, untuk device Xiaomi Redmi Note 4X dan itu berhasil di MIUI 8, untuk versi Xiaomi terbaru dengan ROM MIUI terbaru saya belum pernah mencoba, semoga bermanfaat dan berhasil.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact