Cara Unlock Bootloader (UBL) semua seri Xiaomi dengan mudah - ASHADIN

Sunday, April 28, 2019

Cara UBL Xiaomi

Cara Unlock Bootloader (UBL) semua seri Xiaomi dengan mudah

Cara UBL Xiaomi

Selain harganya yang relatif murah dari kompetitor, smartphone Xiaomi juga sangat di sukai karena memiliki spesifikasi yang hebat dengan harga yang bersaing, selain itu Xaiomi juga memberikan pengalaman berbeda dalam menggunakan OS Android dengan tampilan yang sudah di customisasi yang di beri nama MIUI.

Tidak heran jika saat ini siapa saja sudah mengetahui bahwa Xiaomi itu sebuah produk smartphone yang tidak bisa di pandang sebelah mata lagi, lalu hal lain yang menarik dari smartphone Xiaomi adalah karena dukungan dari komunitas dan vendor yang selalu ada.

Seperti contoh kasus yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah cara untuk melakukan Unlock Bootloader (UBL) yang bisa dengan sangat mudah untuk anda lakukan di Xiaomi, cara kerjanya memang terhitung cukup panjang.

Tetapi, asalkan benar maka 100% akan berhasil, anda hanya perlu menunggu prosesnya saja nanti, selain itu beruntungnya cara untuk melakukan Unlock Bootloader di semua smartphone Xiaomi itu sama.

Artinya metode di bawah ini bisa anda terapkan ke semua model smartphone Xiaomi tanpa terkecuali, dari yang lama maupun yang paling terbaru.

Jika anda memang tertarik untuk melakukan Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi dengan benar dengan cara yang paling terbaru, maka silahkan siapkan beberapa persyaratan di bawah ini :


# Langkah Pertama


Langkah pertama yang mesti anda lakukan anda dengan membuat Mi Account dulu pada smartphone Xiaomi anda, lalu pastikan anda ingat User Name dan Password dari Mi Account tersebut.

Jika sudah silahkan kunjungi situs resmi Xiaomi DISINI untuk melakukan Unlock Bootloader, berikut adalah langkahnya :

1. Silahkan Masuk menu Unlock.
2. Lalu silahkan tekan Unlock Now.
3. Jika muncul Halaman Login silahkan Login dengan Mi Account yang telah anda buat sebelumnya.
4. Jika Halaman Login tidak muncul, maka langsung saja Download Aplikasi Mi Unlock yang sudah di sediakan.
5. Jika aplikasi Mi Unlock Tool tidak bisa ter-download, silahkan Download pada halaman ini Mi Unlock Tool Terbaru.
6. Jika sudah di Download langsung saja di Install di PC/Laptop anda.


# Langkah Kedua


Selanjutnya pada langkah ini anda harus melakukan Integrasi Mi Account (Mi Account Associated)  yang sudah anda buat di Xiaomi anda, tujuannya adalah agar proses Unlock Bootloader bisa berjalan, caranya adalah sebagai berikut :

1. Aktifkan Menu Developer Options dengan cara Settings >> About Phone >> tekan 7 kali pada info MIUI Version.
2. Setelahnya silahkan akses menu Developer Options pada menu Settings >> Additional Settings.
3. Centang/Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
4. Selanjutnya silahkan masuk ke menu Mi Unlock Status dan tekan Add Account and Device.
5. Jika gagal jangan khwatir, silahkan terus coba hingga berhasil, melakukan Asosiasi Akun Mi ini bisa memakan waktu lebih dari 3 hari agar berhasil.
6. Jika sudah berhasil nanti akan muncul tulisan Add Successfully .... dan silahkan ikuti ke tahap selanjutnya.


# Langkah Ketiga


Silahkan siapkan dulu alat dan bahan pendukungnya yaitu adalah sebagai berikut :

1. Kabel USB bawaan dari Xiaomi (Kalau bisa).
2. Lakukan Disable Driver Signature Enforcement yang berguna untuk melancarkan proses UBL Xiaomi tersebut.
3. Pastikan Xiaomi anda memiliki kapasitas baterai lebih dari 50% untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.


# Langkah Terakhir


Pada tahap ini saya asumsikan bahwa anda telah berhasil melakukan Integrasi Mi Account pada Langkah ke-2, maka Unlock Bootloader sudah bisa di laksanakan sekarang ini, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan buka aplikasi Mi Unlock Tool.
2. Login dengan Mi Account yang sudah di Asosiasikan sebelumnya.
3. Selanjutnya silahkan buat Xiaomi anda masuk ke dalam Mode Fastboot, agar lebih lengkap dan jelas silahkan ikuti cara ini Cara masuk mode Fastboot Xiaomi.
4. Jika sudah berada pada Mode Fastboot, silahkan hubungkan Xiaomi anda ke PC dengan kabel USB.
5. Buka Aplikasi Mi Unlcok Tool dan selanjutnya tekan Button Unlock.
6. Tunggu hingga prosesnya selesai.
7. Done!


# Beberapa Kondisi yang harus anda pahami


Jika pada saat ini anda mengalami gagal Unlock Bootloader, maka anda tidak perlu khwatir, karena pada dasarnya melakukan UBL di Xiaomi itu memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, silahkan perhatikan Log Error tersebut.

Jika ada tulisan Binding Time ... anda hanya perlu menunggu waktu Binding selesai saja, silahkan tunggu hingga waktu binding habis, biasanya mulai dari 72 jam hingga 360 Jam.

Jika waktu Binding belum selesai, maka sudah pasti anda tidak akan bisa melakukan Unlock Bootloader, biasanya masalah gagal UBL Xaiomi itu selalu datang dari masalah ini.

Dengan demikian selesai sudah tutorial melakukan UBL di Xiaomi, saya percaya pada akhirnya melakukan UBL di Xiaomi itu pasti akan selalu berhasil, asalkan di kerjakan dengan cara yang benar, maka anda hanya perlu menunggu waktu saja lagi.

Jika UBL Xiaomi telah berhasil di lakukan, anda bisa melakukan cek status Unlock tersebut pada Settings >> Additional Settings >> Developer Options >> Mi Unlock Status, jika device sudah Unlock Bootloader, maka akan muncul tulisan This Device is Unlocked.

Maka cara diatas sudah berhasil untuk anda lakukan, selanjutnya silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan yang ingin anda lakukan, seperti melakukan ROOT hingga memasang Custom Recovery, semua itu sudah bisa anda lakukan sekarang ini.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact